4 Doraemon Birthday Special Yang Harus Kamu Tonton!

Setiap tahunnya di bulan September, Doraemon Tv Series akan menayangkan satu episode yang durasinya lebih panjang dari biasanya. Doraemon Birthday Special seperti biasanya disebut merupakan episode yang muncul setiap tahunnya dengan cerita yang sebenarnya berfokus dengan hari ulang tahun Doraemon, namun kadang juga merupakan suatu petualangan besar Nobita dan kawan – kawan di dekat hari tersebut. Dengan banyaknya episode yang ada, kali ini Otaku Mobileague akan melist 4 episode Doraemon Birthday Special yang paling ikonik dan harus kalian tonton

Memulai Perayaan Doraemon Birthday Special Dengan Sebuah Perjalanan Kereta Misterius

Episode pertama yang harus ditonton adalah “Nobita Tokkyuu no Nazo no Torein Hanta” (Nobita Express and the Mystery of the Train Hunter) yang merupakan episode ke-721 dan diputar pada tahun 2015. Dalam kisah ini, di malam sebelum hari ulang tahun Doraemon, Nobita mengundang Doraemon dan  teman – temannya untuk merayakan ulang tahun kali ini dengan cara yang berbeda. Bersama Dorami, Nobita merubah rumahnya menjadi sebuah kereta malam menggunakan alat yang bernama Deluxe Train Set. Dengan dipandu oleh Conductor Sheep, Nobita belajar mengemudikan kereta rumahnya, dan perjalanan menuju tempat pesta misterius yang sudah disiapkan oleh Dorami pun dimulai.

Tanpa disadari oleh Nobita dan yang lainnya, ternyata ada seseorang dari abad ke-22 yang bernama Mosaro yang mengincar kereta rumah Nobita tersebut. Mosaro yang memang merupakan seorang Train Hunter, senang mengkoleksi kereta – kereta dari berbagai jaman untuk dipajang di markas rahasianya. Kemunculannya sempat masuk berita, namun tidak terlalu diperhatikan oleh Nobita dan teman – temannya, sampai akhirnya kemunculannya mengejutkan mereka semua.

Baca juga  5 Anime Dengan Genre Slice of Life Yang Wajib Di Tonton

Episode yang kali ini cukup direkomendasikan dikarenakan sense petualangan dalam keretanya yang lucu dan unik. Karena lebih heavy dalam petualangan daripada drama, episode ini cocok bagi yang menyukai anime movie Doraemon, yang memang lebih berfokus di petualangannya.


Sebuah Hari Panjang Sebelum Ulang Tahun

Episode selanjutnya merupakan satu dari 3 episode yang sangat menekankan seberapa dalamnya hubungan Doraemon dan Nobita. Dalam episode berjudul “Doraemon Nagai no Hi” (Doraemon Long Day), cerita dimulai dengan Nobita yang tidak sengaja menghancurkan dorayaki premium milik Doraemon. Untungnya Dorami datang tepat waktu untuk melerai mereka, dan membawa Doraemon untuk health check-up tahunannya. Di saat yang sama sebuah robot criminal bernama Denja yang membuat kekacauan dibawa ke rumah sakit karena kecelakaan mobil yang dialaminya. Saat ia melihat Substitution Rope yang sebelumnya hendak dipakai Doraemon untuk bertukar badan dengan Dorami, Denja menggunakannya untuk bertukar tubuh dengan Doraemon.

Doraemon yang terbangun dalam tubuh Denja tentunya panik mengetahui hal ini. Dan mengetahui bahwa Denja kini bersama Nobita, Doraemon berusaha dengan segala cara untuk kembali ke abada 21 untuk menyelamatkan Nobita dan mendapatkan tubuhnya kembali.

Episode yang pernah disub oleh DoraNobi Fansub Indonesia ini direkomendasikan karena selain kita bisa melihat seberapa erat hubungan persahabatan Doraemon dan Nobita, kita juga akan disuguhkan oleh drama Denja yang interaksinya dengan Nobita, menghasilkan sesuatu yang belum pernah ia rasakan. Jadi, untuk kalian yang menyukai cerita Doraemon yang sedikit ngefeel, ini merupakan satu yang direkomendasikan


Keberadaan Robot Dora Terancam

Untuk tahun 2010, para penggemar disuguhkan dengan satu Doraemon Birthday Special yang berjudul “Kessen! Neko-gata robotto vs Inu-gata robotto” (Battle! Cat-Model Robots VS Dog-Model Robots). Bermula dari sebuah penculikan besar – besaran terhadap seluruh robot pengasuh Dora (model robot Doraemon), yang ternyata dilakukan oleh perusahan robot DG Corporation dengan persetujuan Robot Management Society, badan pengawas robot di abad ke-22, tujuan dari penculikan tersebut adalah untuk mengganti robot kucing dora dengan robot pengasuh anjing yang memiliki statistik lebih baik dalam keberhasilan mengasuh dan mendidik anak asuhnya. Satu dari robot tersebut dikirim ke masa lalu dan hadir di hadapan Nobita, dan terjadilah persaingan antara Doraemon dan Wonderful, si robot anjing.

Baca juga  Ngobrol Bareng DoraNobi DNFI, Fansub Doraemon di Indonesia

Di saat yang sama, 3 buah robot Dora yang dipimpin oleh Pawaemon (Robot Dora Pengasuh anak Perdana Menteri), datang untuk memperingatkan Doraemon mengenai situasi yang terjadi di abad 20. Pawaemon juga memberitahukan bahwa awal mula dari permasalahan besar ini adalah hubungan Doraemon dan Nobita sebagai Pengasuh dan anak asuh. Dan dari point itu, dimulailah petualangan Doraemon dan Nobita secara terpisah untuk menyelamatkan seluruh robot Dora yang sudah ditangkap.

Cerita kali ini unik karena munculnya banyak robot Dora yang masing – masing memiliki kepribadian sendiri. Dibandingkan seri lama, seri 2005 memperlihatkan lebih jauh tentang keberagaman robot Dora dan seberapa pentingnya mereka di masyarakat. Selain itu, di episode kali ini kita juga melihat bagaimana Nobita bisa menjadi seseorang yang tidak gampang menyerah asalkan alasan untuk usahanya itu adalah sesuatu yang sangat penting. Dengan focus yang lebih dalam di hubungan keduanya, episode ini adalah sesuatu yang harus ditonton.


Doraemon dipenjara?

Cerita ke-4 merupakan episode special yang berjudul “Arigatodesu kara dai dassou” (Escape from Arigatodesu/Thank God for the Prison Break). Di satu lagi episode yang pernah disub oleh DoraNobi Fansub Indonesia ini, bermula dari Nobita yang menggunakan Moshimo Bokkusu (Kotak Andaikan) agar di dunia, tidak ada orang yang bisa memarahi orang lain, maka efeknya menghasilkan sebuah dystopian future, dimana sebuah peraturan telah dibuat bagi orang yang memarahi orang lain dan yang tertangkap akan dijebloskan ke penjara pulau Arigatoudesu, yang ternyata memaksa tahanannya untuk kerja paksa di bawah tanah.

Doraemon yang ikut campur dengan masalah sebuah robot guru di abad ke-22, menjadi tertangkap dan dijebloskan ke Arigatoudesu. Lalu bersama beberapa tahanan lainnya, ia pun berusaha untuk kabur dari penjara tersebut. Di sisi lain, Nobita yang sedikit demi sedikit merasakan keanehan dengan dunia yang baru ini, mendapatkan kabar hilangnya Doraemon dari Dorami. Setelah menyelidiki lebih jauh dan mengetahui keberadaan Doraemon yang kini ada di Arigatoudesu, Nobita mulai menyadari kesalahannya. Hanya saja, memperbaiki kesalahannya tidak semudah itu dikarenakan Moshimo Bokkusu yang digunakannya telah dicuri oleh kepala penjara Arigatoudesu.

Baca juga  Kebalik! 7 Anime Reverse Isekai Yang Seru!

Sebagai sebuah episode Doraemon Birthday Special yang berusaha memfokuskan pada hubungan Doraemon dan Nobita, cerita kali ini memiliki cukup dark dengan moral yang cukup dalam. Sehingga, bagi kalian yang menyukai cerita dystopian future, sangat disarankan sekali untuk menontonnya.

Jadi itu dia Mobidachi, 4 episode special yang highly recommended bagi kalian. Kira – kira apa episode favorit kalian? Tinggalkan komen kalian di bawah ya.

(Visited 486 times, 3 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x