Pop CultureVTuber Corner

Hololive Tampilkan Iklan bersama VTuber dengan Konsep Melintasi Batas Antara Realitas dan Virtual di Jepang

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

VTuber kini tampak berbaur di aktivitas sehari-hari masyarakat melalui iklan yang ditampilkan Hololive

Kehadiran virtual youtuber atau VTuber tidak hanya menghiasi dunia entertainment, tetapi juga membuat konsep virtual itu sendiri yang semakin dekat dengan kehidupan kita. Bahkan kini, VTuber juga mulai diakui bakat-bakat lainnya terlepas dari pekerjaannya sebagai seorang Youtuber, dan tetap dianggap sebagai seorang artist meskipun berada dibalik avatar virtual. Selain itu, VTuber sebagaimana seorang streamer pada umumnya yang melakukan siaran secara langsung, kerap berinteraksi dengan penggemar sehingga membuat pengalaman seseorang yang dapat berinteraksi dengan langsung dengan karakter virtual yang disukainya. Dari pengalaman-pengalaman itulah bukti bahwa teknologi dapat membawa karakter virtual ke dalam dunia nyata, dan memberikan pengalaman yang lebih dekat dan personal kepada kita.

Kedekatan antara virtual dan realita kini juga terlihat dari iklan-iklan yang terpampang di dinding dan juga baliho berbagai spot di Jepang. Iklan-iklan tersebut dibuat oleh Hololive Production, dengan mengusung konsep “Melampaui Batas Talenta dan Realitas”. 

Bertemu Dengan Para Talenta dari Hololive

Hololive

Melalui proyek dan konsep iklan yang diusung oleh Hololive ini, para penggemar dapat berfoto dan ‘bertemu’ dengan idola virtualnya lebih dekat, sesuai dengan tema yang diberikan Hololive yaitu “The New Everyday Life is Right Beside You” atau “Kehidupan Sehari-hari Baru yang Tepat Berada di Samping Anda”. Gambar di iklan pun memperlihatkan talenta-talenta Hololive yaitu Hololive EN Gawr Gura danMori Calliope, Hololive JP Hoshimachi Suisei, Inugami Korone, Shirakami Fubuki, Usada Pekora, dan Houshou Marine, serta Hololive ID Kobo Kanaeru. Para VTuber tersebut terlihat sedang berbaur dengan aktivitas realita sehari-hari masyarakat. Dengan munculnya iklan ini, menggambarkan bahwa karakter virtual dan VTuber juga dapat menjadi teman dan bagian dari kehidupan sehari-hari kita. 

Baca juga  Neko Neneka Mengumumkan Berhenti Pada 28 Februari Untuk Rebranding

Tersebar di Berbagai Lokasi, dengan Waktu Terbatas

Hololive

Iklan-iklan ini ditayangkan dalam periode waktu terbatas, yakni dimulai dari hari Senin, 13 Maret 2023 hingga Minggu, 19 Maret 2023. Hololive Production akan meluncurkan iklan tersebut di “Metro Promenade”, jalur bawah tanah khusus pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun Shinjuku dan Stasiun Shinjuku Sanchome di Jalur Metro Marunouchi Tokyo, dan Papan Hachiko di dinding gedung stasiun Pintu Keluar Hachiko Stasiun JR Shibuya. Hololive telah mulai memposting iklan yang mengusulkan “kehidupan baru sehari-hari” untuk dihabiskan bersama talenta Hololive, dan menargetkan 9 jalur Tokyo Metro.

Hololive

Juga Muncul di Banner Web Resmi Hololive

Hololive

Tidak hanya posting lewat media offline, iklan dengan konsep kehidupan baru sehari-hari ini juga dimunculkan pada banner website Hololive yang dapat kamu akses di sini. Dari gambar slide yang ditampilkan, terlihat Suisei dan Calli yang sedang bernyanyi, Kobo yang berada di dalam bus, Gura yang duduk di kereta, dan juga VTuber lain dari Hololive yang tampak berinteraksi dalam setting realita.

Tanggapan Dari Fans

Hololive

Dengan munculnya proyek iklan dari Hololive Production ini tentunya para penggemar pun memberikan tanggapan yang positif, terlihat dari cuitan-cuitan pengguna Twitter yang membalas Tweet promosi dari Hololive. Salah satu penggemar pun menyebutkan bahwa ia menyukai konsep iklan yang menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata.

Tentang Hololive Production

Hololive

Hololive Production adalah agensi virtual talent berbasis di Jepang yang menghasilkan konten live streaming dan video on-demand. Agensi ini terkenal karena membawakan acara yang menampilkan karakter virtual yaitu VTuber (Virtual Youtuber). Meskipun berbasis di Jepang, Hololive memiliki talenta dari berbagai penjuru negara, mulai dari ranah internasional hingga lokal Indonesia. Para VTuber yang berada di bawah agensi ini juga memiliki karakter dan kepribadian yang unik.

Baca juga  Nijisanji ID Merilis MV Lagu Orisinil Into Reality

Hololive Production didirikan pada 2017, dan kini telah menjadi fenomena global dengan penggemar di seluruh dunia. VTuber yang berada di bawah Hololive Production populer di platform live streaming seperti YouTube dan Twitch dan juga sering melakukan interaksi langsung dengan para penggemar.

Hololive Production kini terus berkembang dan memperluas jangkauannya dengan menghadirkan lebih banyak talenta VTuber dari berbagai negara. Adapun konten yang dihasilkan para VTuber cukup beragam, termasuk live streaming, vlog, cover lagu, game streaming, dan masih banyak lagi. Kesuksesan Hololive Production dan VTuber telah membawa perubahan dalam industri hiburan digital.
Baca juga HoloPlus, aplikasi sosmed khusus dari Hololive

(Visited 140 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.