Nijisanji India Dibekukan dan 3 Talenta VTubernya diluluskan

Melalui pengumuman resmi via Twitter Nijisanji India, 3 talenta mereka akan diluluskan secara bersamaan dan agensi Nijisani IN dibekukan.

Setelah lebih dari setahun lebih memulai operasinya sebagai perwakilan VTuber Nijisanji cabang India. Ichikara sebagai perusahaan induk mengumumkan untuk penghentian operasi dari VTuber cabang India tersebut dengan cara dibekukan dan seluruh talenta VTuber dihentikan seluruh aktifitasnya dan akan diluluskan per akhir bulan April 2021.

Cuitan resmi agensi Nijisanji IN akan pembekuan cabang Nijisanji di India

Sudah diprediksikan karena rendahnya perkembangan dan kurangnya peminat.

Penghentian operasi agensi Nijisanji India tersebut sudah lama diprediksikan oleh para penggemar VTuber lainnya rendahnya perkembangan fanbase dari cabang tersebut dengan Noor yang hanya memiliki 50 ribuan subscriber sementara Adyaa dan Vihaan hanya memiliki 11 ribuan dan 9 ribuan subscriber. Dengan penutupan dan pelulusan seluruh talenta VTuber cabang India ini, siaran Among us bersama para YouTuber reaksioner menjadi siaran sekaligus kolaborasi terakhir mereka.

Siaran serta kolaborasi terakhir dari Nijisanji IN

Bantuan yang kurang efektif dan rebranding plin-plan

Banyak bantuan telah diberikan kepada Nijisanji India yang diharapkan dapat menaikkan pamor Nijisanji cabang India seperti kolaborasi relai internasional #Nijiinyanji, namun nampaknya belum bisa memberikan dongkrak popularitas yag cukup untuk VTuber Nijisanji cabang tersebut.

Baca juga  Hoshimachi Suisei Mengangkat anggota 1 tahun Membership Sebagai Mod Sementara Untuk Memerangi Spam Antis Dalam Siaran Kolaborasi Apex Dengan Natsuiro Matsuri

Hal ini juga diperparah dengan kebijakan plin-plan dari kantor pusat (Ichikara) yang mengombang-ambing cabang ini dengan sempat dua kali ganti brand dari Nijisanji IN, menjadi Nijisanji EN kemudian kembali lagi Nijisanji IN. Kebijakan rebrand tersebut menarik perhatian yang tidak positif terhadap kantor pusat yang tidak berkontribusi menaikkan popularitas cabang Nijisanji IN.

Rencana kedepan para talent VTuber Nijisanji IN

Sampai saat berita ini rilis, para talenta tidak mengungkapkan rencana mereka, selanjutnya setelah diluluskan akhir bulan April 2021. Ketiga talenta VTuber yang diluluskan tersebut tidak menyebutkan apakah akan tetap lanjut menjadi VTuber Independen dengan avatar terbaru atau berhenti total dari dunia VTuber. Meski begitu ungkapan dukungan serta perpisahan mengalir dari para rekan sejawat VTuber lainnya baik dari Nijisanji maupun VTuber affiliasi non Nijisanji lainnya yang mengungkapkan akan merindukan kepergian mereka.

Noor Nijisanji India Twitter
Bahkan VTuber dari Hololive ID turut menyampaikan salam mereka

Ekspansi Vtuber cabang India, kurang studi lapangan Ichikara?

Dilihat dari segi populasi, India merupakan populasi terbesar dunia terbesar kedua setelah negara Cina. Namun nampaknya besarnya populasi pasar tersebut tidak begitu berpengaruh jika populasi tersebut tidak masuk dalam cakupan target yang berpotensi suka dengan niche yang ditargetkan oleh Ichikara, yakni populasi yang menyukai kultur Jejepangan dan Anime di negara tersebut. Berbeda dengan Indonesia dan negara – negara Asia Tenggara lainnya, keberadaan penikmat Jejepangan dan anime di India masih terbilang minim.

Entah apa yang ada dipikiran pimpinan Ichikara saat itu ketika ekspansi ke India, perkembangan pasar yang minim serta kebijakan rebranding plin-plan yang membuat para penggemar naik alis membuat Ichikara harus menghentikan operasi Nijisanji India. Kini Ichikara terpaksa harus bertahan menerima cercaan atas keputusan tidak populer tersebut. Semoga para talenta VTuber Nijisanji IN menemukan aktifitas yang ingin mereka lakukan, entah itu melanjutkan kembali kegiatan VTuber mereka dengan avatar yang baru atau kegiatan lainnya yang lebih mereka suka.

Baca juga  Debut VTuber Baru Cabang Hololive Space Gen 00, Hoshimachi Suisei

Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa mengikuti Vtuber Corner kami di otaku.mobileague.id

(Visited 155 times, 1 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x