Nintendo Handheld, Sejarah Penting Perkembangan Video Game

Dalam sejarah video game dunia, Nintendo adalah satu perusahaan yang bisa dibilang menorehkan banyak hal dalam sejarahnya. Beragam inovasi baik yang berhasil maupun tidak berhasil mewarnai naik turunnya industri video games sampai saat ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Nintendo Handheld, yang inovasinya telah memberikan tidak saja kontribusi untuk dunia game, namun juga arti baru bahwa game bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Oleh karena itu Mobidachi, dalam kesempatan kali ini, kita akan melihat sejarah handheld dari perusahaan besar ini. Apa saja produk – produk yang pernah dikeluarkannya? Ayo baca lebih lanjut.

Nintendo Handheld Iconic Untuk Generasi 80-an

Nintendo Handheld-01

Untuk kamu yang besar di tahun 80an, tentunya familiar dengan produk pertama yang dirilis dari tahun 1980 sampai dengan 1991 ini. Walaupun hanya memiliki satu game per handheldnya, mesin yang di Indonesia dulu sering disebut gimbot ini merupakan sebuah kontributor di dunia video game dalam satu inovasi yang saat ini sudah cukup lumrah, D-pad. Ada 59 judul yang dibuat selama masa produksinya, dan pertanyaannya tentunya berapa banyak yang pernah kalian mainkan di abang penyewa Gimbot?


Rajanya Handheld Klasik

Nintendo Handheld-02

Jika disebut sebagai rajanya Handheld klasik, mungkin banyak orang yang setuju dengan Game Boy sebagai pemegang title tersebut. Menjadi tren yang fenomenal di tahun 90an, Game Boy merevolusikan bermain di mana saja sampai pada akhirnya SEGA, yang merupakan saingan terberat Nintendo saat itu mengeluarkan Game Gear untuk menyaingi dominasi Nintendo handheld. Namun, dengan beragam inovasi dan variasi yang dikeluarkannya, sayang sekali usaha SEGA gagal, dimana Game Boy terus berjaya sampai dengan 2009. Dengan banyak versi yang dikeluarkan selama masanya seperti Pocket, Color, Advance, Advance SP, Micro, dan Light, original Game Boy masih merupakan yang terbaik di mata fansnya, menjadikannya satu mesin game yang cukup dicari sebagai Collectible saat ini.

Baca juga  V-Carnival Akan Menghadirkan Vtuber-Vtuber Terkenal Dengan Penampilan AR 3D dan Grafik CG Mutakhir

Mesin Exclusive US ini Untuk Bermain Dengan Pikachu

Nintendo Handheld-03

Kalau misalkan tidak melakukan research untuk artikel ini, mungkin saya juga tidak akan tahu dengan keberadaan satu Nintendo handheld yang cukup rare dan tidak banyak orang tahu ini. Dengan hanya memiliki 15 judul games, dimana kesemuanya adalah game Pokemon, keberadaan handheld ini sendiri unik karena memang dibuat untuk pasar Amerika Serikat terlebih dahulu, sebelum akhirnya dipasarkan ke khalayak Jepang. Walaupun begitu, kepopulerannya sendiri tidak lama dan sayangnya, setelah dua tahun, produksi dan pemasarannya dihentikan, walaupun saat ini, Nintendo Handheld ini sendiri cukup dicari oleh penggemar berat sebagai Collectible.


Revolusi Nintendo Handheld dalam cara bermain

Nintendo handheld-04

Jika berbicara tentang Nintendo DS, handheld yang satu ini sangat ikonik karena merupakan sesuatu yang inovatif pada masanya. Memiliki build-in microphone serta dual screen dan juga stylus untuk touch gameplay, beragam game yang muncul di handheld ini sangat bervariasi dan bahkan beberapa masuk dalam kategori interaktif. Satu hal terbaik untuk Nintendo Handheld ini adalah kemampuan untuk memainkan game dari Game Boy Advance, sehingga membuat pemain yang sudah memiliki Game Boy Advance dapat berpindah ke mesin ini dengan leluasa. Sayangnya, inovasi tersebut akhirnya hilang di versi – versi selanjutnya. Akan tetapi, perkembangan demi perkembangan terus ditambahkan seperti fitur kamera dam pengupgradean ke versi 3DS, membuat line up ini bertahan cukup lama dan memiliki kepopuleran yang hampir menyamai Game Boy.


Revolusioner dalam Segi Genre

Switch jatuh dalam kategori handheld karena memang itu yang dikedepankan oleh mesin ini ketika pertama kali diperlihatkan kepada dunia. Pertama kali diduga akan menjadi konsol terbaru Nintendo, fitur handheld Switch membuat semua orang terkejut sehingga meningkatkan minat dalam pembeliannya. Dengan fleksibilitas tersebut juga, game developer dipaksa untuk menghasilkan game yang bisa memanfaatkan semua fitur Switch secara maksimal. Dari hal itu, beragam fitur terbaik dari Game Boy, DS, Wii, maupun original NES, dapat dirasakan dalam Switch.

Baca juga  Doraemon 50th Birthday Penuh Beragam Kejutan

Dan itulah dia sejarah Nintendo Handheld. Dengan terus berkembangnya teknologi, kita bisa melihat setiap kontribusi Nintendo untuk dunia game dengan terus beradaptasinya mesin mereka. Pertanyaannya sekarang mungkin adalah kemana mereka akan mengembangkan handheld mereka selanjutnya setelah Switch yang fenomenal? Akankah ada handheld yang akan merevolusi cara kita bermain lagi? Kita nantikan saja beritanya Mobidachi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

(Visited 194 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x