Siaran Offline Collab Miko dan Marine Diprivatkan Usai Mendapat Racauan Doujinka BL

Sang Doujinka BL mengeluh merasa dipermalukan karena karya doujin BL-nya dipakai sebagai bahan gurauan dan tidak mendapat kredit atas karya hasil doujin miliknya.

Siaran kunjungan kolaborasi VTuber Houshou Marine yang datang bermalam ke rumah VTuber Sakura Miko harus berakhir diprivatkan setelah racauan seorang doujinkan BL yang digunakan Miko untuk menggurau Marine yang mendapat buku BL SNK (Shingeki no Kyoujin) dalam kulkas milik Miko. Namun sayangnya, aksi tersebut tidak ditanggap dengan baik oleh sang doujinkan dan segera menyampaikan kekesalannya dalam akun twitter miliknya. Utamanya ketika Marine dan Miko menertawakan doujin tersebut.

Apa sebenarnya yang dianggap salah dalam tindakan Marine dan Miko?

Dijelaskan oleh salah satu relawan translasi Twitter bahwa Doujin dengan tema niche seperti BL bukanlah barang yang ditujukan untuk masyarakat luas melainkan khusus kepada mereka yang memiliki pemikiran yang sama dan tidak keberatan dengan niche tersebut. Hal ini dikarenakan BL sendiri merupakan hal yang tidak begitu bisa diumbar secara umum dan luas, namun penikmatnya bisa mendapatkannya melalui eksibisi terbatas seperti komiket dengan cetakan fisik. Pembatasan tersebut sengaja dilakukan untuk menghindari klaim hak cipta dari pemegang hak cipta orisinil yang sengaja menutup mata atas pelanggaran hak cipta tersebut dengan salah satu alasan pembatasan profit.

Namun yang paling utama adalah untuk memfilter pembelinya hanya kepada mereka yang rela membeli karya tersebut karena memiliki pemikiran yang sama dengan Doujinkan (kecintaan terhadap karya BL). Sehingga publikasi oleh karya dengan Niche BL terbatas dan ditujukan hanya kepada mereka yang suka dengan karya BL.

Baca juga  V no Sake 2, Acara Menikmati Sake Rame Rame Bersama VTuber

Oleh karena itu, siaran yang menghadirkan Doujin BL dalam siaran kolaborasi offline Miko dan Marine mempromosikan karya milik doujinka secara luas, keluar dari demografi audiens yang diharapkan (tersebar kepada orang awam yang belum tentu pencinta BL) serta merasa dipermalukan karena tindakan Marine menertawakan karya buatannya. Mengerti akan hal tersebut, Marine menuliskan cuitan permintaan maafnya dan meminta untuk tidak merundung sang doujinka.

Sang Doujinka BL Klaim kredit copyright ke Cover yang berujung perundungan balik

Sang Doujinka yang awalnya mendapat dukungan kemudian melanjutkan cuitannya, mengeluh tidak mendapat apapun dari mereka (Miko dan Marine) yang mendapat pendapatan (seperti SC) dalam siaran yang mencantumkan karyanya (Miko dan Marine sama sekali tidak menyebutkan nama karya miliknya), serta meminta pertanggung jawaban dari Cover untuk mengkreditkan karyanya.

Tuntutan lanjutannya tersebut malah berbalik arah dan merundung dirinya karena dianggap karya miliknya adalah karya derivatif yang juga seharusnya tidak sah karena menggunakan karakter yang dilindungi hak cipta oleh pemilik asli pertamanya (dalam hal ini penerbit dan kreator SNK, Hajime Isayama). Alhasil, sang Doujinka memprivatkan akun Twitter miliknya dan menuliskan permintaan maaf pada akun biografi twitternya. Meski begitu, Kerusakan telah terjadi di sisi Miko dan Marine.

Dalam siaran main bareng GTA Sakura Miko, ada lonjakan kecil dislike pada siaran miliknya dan Miko nampak tidak begitu energik dalam siaran GTA miliknya.

Baca juga  Suzuhara Lulu, VTuber Eldritch Kembali Dari Hiatus Sebulan

Pada akhirnya, drama tidak penting ini kembali menarik para antis untuk menyerang talent Hololive berdasarkan basis narasi bahwa Miko dan Marine melakukan pelanggaran hak cipta, serta mempermalukan doujinka BL karena mengekspos karya mereka. Berdasarkan cuitan permintaan maaf Marine sebelumnya, kemungkinan akan ada pembatasan untuk membahas karya doujin, utamanya yang bertema BL kedepannya.

Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa mengikuti Vtuber Corner kami di otaku.mobileague.id

(Visited 252 times, 1 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x