Pop CultureVTuber Corner

Hoshimachi Suisei Menjadi VTuber Pertama yang Diundang Bernyanyi di YouTube ‘The First Take’

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting :Kikitondo

“Salah satu VTuber yang aktif di dunia tarik suara, Hoshimachi Suisei dari Hololive diundang menyanyi di The First Take dan sukses hebohkan penonton dari berbagai kalangan”

Memeriahkan kolaborasi perangkat motion capture portable baru keluaran Sony ‘Mocopi’ dengan agensi VTuber Hololive, salah satu talenta dari Holo JP yang terkenal aktif dan berbakat dalam bidang menyanyi, Hoshimachi Suisei diundang untuk bernyanyi secara langsung di channel YouTube milik Sony, ‘The First Take’. Diundangnya seorang VTuber pada channel ini tidak hanya menghebohkan penggemar, namun juga audiens mainstream, mengingat The First Take adalah channel YouTube yang banyak mendatangkan artis-artis ternama menyanyi langsung dan dengan konsep ‘one take’. Dari kolaborasi ini, Hoshimachi Suisei menjadi VTuber pertama yang tampil di The First Take, dan juga menjadi pembuka jalan bagi para penggemar musik mainstream untuk lebih mengenal bakat dan talenta menyanyi para VTuber.

Sukses Memberikan Pertunjukan The First Take Yang Mengagumkan

Dalam video berdurasi 6 menit tersebut, Suisei sukses membawakan lagu ‘Stellar Stellar’ dari album pertamanya ‘Still Still Stellar’. Dibuka dengan acapella, Suisei bernyanyi dengan lantang dan merdu. Meskipun ini adalah kali pertama Suisei tampil di The First Take, ia tampak profesional dan tidak terlihat maupun terdengar gugup. Sampai hari ini, video Suisei hampir menyentuh angka 7 juta viewers, walaupun video tersebut baru diunggah sekitar satu minggu yang lalu.

Hoshimachi Suisei Juga Sempat Merasa Gugup 

The First Take

Menjadi VTuber pertama yang diundang untuk bernyanyi di The First Take tentu bukanlah hal yang sepele. Pasalnya, ranah mainstream belum terlalu mengenal apa itu VTuber ataupun tidak jarang juga menyepelekan profesi seorang VTuber.  Hal inilah juga yang membuat Suisei merasa gugup, dalam siarannya ia menceritakan bahwa ia takut hasil akhir dari videonya tampak kurang memuaskan dan membuat nama komunitas VTuber menjadi kurang baik, seperti yang sudah disebutkan bahwa para pengonsumsi media mainstream kemungkinan besar tidak mengetahui apa itu VTuber, dan adalah hal yang wajar saat mereka melihat video Suisei di The First Take mereka akan bertanya-tanya tentang apa dan siapa talenta yang menyanyi pada video tersebut. Namun pada akhirnya, bakat dari Suisei lah yang berhasil menepis kekhawatiran yang ia miliki, melihat respon positif yang datang tidak hanya dari penggemar tapi dari para penikmat musik mainstream yang kagum akan bakat menyanyi dan suara Suisei yang indah. 

Baca juga  Nagoya VTuber Exhibition Mencapai Target Pendanaan Acara via Crowdfunding

Dengan konsep The First Take yang merupakan bernyanyi apapun dalam satu take, tidak hanya Suisei sebagai penyanyi yang merasa gugup, namun juga para pengiring instrumen yang juga tentunya juga melakukan pertunjukan bersamaan dalam one take. Suisei bahkan bercerita bahwa para pengiring lebih gugup dibanding dirinya, hal ini tidak lain karena meski Suisei tidak membuat kesalahan selama ia bernyanyi, apabila pengiring musik membuat kesalahan, maka pertunjukan pun akan berantakan dan harus tetap dilanjutkan karena peraturan one take tersebut. Untungnya meskipun merasa gugup, para pengiring tetap profesional dan sukses memainkan instrumen yang indah selama Suisei bernyanyi.

Cerita Dibalik Meeting sebelum Hoshimachi Suisei Tampil di The First Take

The First Take

Sebelum akhirnya Suisei sukses tampil pada channel YouTube The First Take, tentu terdapat kisah dibaliknya. Suisei menceritakan bahwa ia melakukan meeting dengan manajer nya yang juga membahas tentang bagaimana ia akan mengawali penampilannya di video The First Take. Pada awalnya, Suisei menginginkan opening video yang lebih melankolis, namun ide tersebut ditolak oleh manajernya, sempat juga terutarakan ide untuk memberikan sedikit kata sebelum penampilan bernyanyi dimulai, namun setelah berbagai diskusi berlalu, manajer pun menginginkan Suisei langsung memulai videonya dengan nyanyian. Hal ini bukan karena keinginan pribadi semata, tetapi manajer menginginkan para penonton yang tentu tidak hanya terdiri dari penggemar tetapi juga penikmat media mainstream, langsung disambut dengan kapabilitas yang dimiliki Suisei. Manajer ingin dari awal mula penonton menonton video tersebut, langsung terlintas opini “ternyata ini yang membuatnya diundang di The First Take. Dan benar saja, opening dengan suara Suisei yang powerful sukses membuat penonton terkagum-kagum akan bakat tarik suara Suisei.

Baca juga  Sayang Dibuang Percuma, Lingkar Pembuat Avatar VTuber Darlingzz Bagi Gratis Avatar Hasil Kena Scam

Merupakan Salah Satu Impian Suisei yang Terwujudkan

The First Take

Menjadi salah satu VTuber yang aktif dalam bernyanyi, Suisei pun mengakui bahwa suatu saat ia ingin mendapat kesempatan untuk bernyanyi di channel YouTube The First Take. Sakin inginnya, ia sempat bercerita pada manajer bahwa ia ingin melakukan parody The First Take, seperti pada video-video parody The First Take lainnya yang banyak diunggah di  YouTube. Akan tetapi, sang manajer tidak menyetujui ide parody tersebut, mengingat bakat dan kemampuan Suisei, sang manajer yakin bahwa suatu saat Suisei akan memiliki kesempatan untuk bernyanyi di The First Take dan mendorong Suisei untuk terus bekerja keras. Dan kini, kesempatan tersebut pun datang dan Suisei berhasil mewujudkan impiannya dengan membawakan performance yang mengagumkan di The First Take. 

Tanggapan Para Rekan VTuber Tentang Suisei di The First Take

The First Take

Rasa senang atas kesuksesan diundangnya Suisei di The First Take tidak hanya dirasakan oleh sang VTuber dan komunitas penggemarnya, melainkan juga para rekan-rekan VTuber lainnya. Salah satunya adalah Ina yang juga merupakan anggota dari Hololive, ia mengatakan bahwa sejak awal ia sudah menonton The First Take, dan melihat senpai nya hadir di channel YouTube tersebut terasa sangat membanggakan, bahkan dalam sudut pandang dirinya sebagai seorang penggemar. Ina juga berkata bahwa diundangnya Suisei ke The First Take sangat menginspirasi.

Salah satu VTuber lainnya yang juga memberi tanggapan adalah Ollie dari Niji ID, ia menyebutkan bahwa video Suisei the The First Take menakjubkan, magical, dan sangat keren. Ollie juga bangga akan perjalanan panjang yang telah ditempuh senpai nya tersebut dan berkata bahwa kini adalah era bersinar untuk Suisei senpai.

Tanggapan Beberapa Youtuber Tentang Suisei di The First Take

Atas performance nya yang menakjubkan dan menjadi VTuber pertama yang diundang di The First Take, tentu juga mengundang reaksi dari para Youtuber. Salah satunya adalah Ravenclaw Reacts. Pada video react nya, Youtuber satu ini pun sudah tampak terkejut dari opening pada video Suisei. Ia juga kerap memuji teknik pengaturan nafas yang dimiliki Suisei. 

Baca juga  Momosuzu Nene memperlihatkan Redesign Avatar Terbarunya dengan 3 Mode Tampilan
The First Take

Selain itu juga ada seorang produser musik yang juga melakukan reaction video terhadap penampilan Suisei di The First Take. Ia mengaku bahwa sebelumnya ia tidak mengetahui siapa Suisei dan lagunya Stellar Stellar, dan ia pun juga tertegun dan terkejut hanya dari bagian pembuka video. Ia memuji suara Suisei luar biasa dan juga memiliki kontrol suara yang bagus.

Sempat Menimbulkan Berbagai Opini Dari Para Normies

Meskipun mendapat banyak pujian setelah video tersebut diunggah, sempat terdapat opini yang cukup ‘panas’ sebelum video Suisei di The First Take live. Bahkan, hal ini pun terdengar hingga ke telinga Suisei sendiri. Suisei menanggapi perihal kejadian komentar-komentar yang memanas tersebut dengan mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang wajar, mengingat konsep seorang VTuber yang bernyanyi one take di channel YouTube tersebut adalah hal yang sangat baru. Tentunya para penonton yang tidak familiar dengan VTuber akan memiliki pemikiran-pemikiran seperti ‘konten apa ini’ ataupun memiliki anggapan bahwa VTuber bukanlah ‘orang’. Suisei mengatakan, bahwa tanggapan-tanggapan tersebut lumrah, karena setiap orang pun tentu memiliki pendapat yang berbeda, sang VTuber pun mengatakan bahwa lebih baik para penggemar mengabaikan komentar-komentar buruk yang terlihat. 

Itulah tadi sekilas cerita mengenai penampilan Suisei di channel YouTube The First Take, yang juga menjadi wujud kolaborasi Hololive dengan Sony Mocopi. Dari kolaborasi ini pula, membukakan jalan untuk dunia mainstream mengakui kemampuan dan talenta yang dimiliki VTuber, dan bahwa untuk menjadi seniman yang terpenting adalah bakat yang dimilikinya, terlepas dari identitas ataupun avatar apa yang digunakan orang tersebut.
Baca juga Sekilas Cerita Tentang Motoaki ‘YAGOO’ Tanigo, CEO Cover Corp Hololive yang Terkenal Humble

(Visited 151 times, 3 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.