Mengenang Theme Song Dorama 90an Yang Pernah Tayang di TV Indonesia

Dengan semakin populernya dorama Tokyo Love Story 2020, saya menjadi mengingat kembali ke tahun 90an, saat berkenalan pertama kali dengan dorama – dorama yang pernah ditayangkan saat itu. Satu yang kadang membuat saya terpikat dengan dorama, selain cerita dan cast, adalah theme song yang biasanya mengalun menjadi pembuka seri dorama tersebut. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, kita akan mengenang sedikit Theme Song Dorama 90an yang pernah tayang di TV Indonesia.

Paling Ikonik Untuk Theme Song Dorama 90an

Theme song yang pertama kita bahas tentunya adalah yang memulai semuanya. “Love Story wa Totsuzen ni” (The Sudden Love Story) merupakan lagu Oda Kazumasa yang menjadi theme song untuk Tokyo Love Story 91. Lagu yang pertama kali dirilis sebagai side B untuk single “Oh Yeah”, merupakan lagu nomor 1 untuk Oricon Chart di tahun 1991, mengalahkan “Say Yes” milik Chage & Aska yang akan kita bahas di bagian bawah artikel ini.

Kepopuleran dari lagu ini memang tidak bisa diragukan. Dengan alunan beat yang enerjik, dikontraskan dengan melody yang terasa sedih, lagu ini merupakan salah satu alasan mengapa Tokyo Love Story menjadi dorama yang melegenda di kalangan banyak orang. Satu fakta yang tidak bisa dipungkiri dari lagu ini adalah it has aged well, karena walaupun hampir 30 tahun berlalu, lagu ini masih terdengar sangat modern, sama seperti cerita dorama yang direpresentasikannya.


Oricon Chart no 1 tahun 1992

Dari lagu nomor satu di tahun 1991, kita menuju ke lagu yang menempati posisi nomor 1 di Oricon Chart tahun 1992, “Kimi ga iru dakede” (Just by You Being Here), yang merupakan theme song dorama “Sugao no Mama de” (Just the Way We Are). Dorama yang menceritakan tentang persahabatan dua orang wanita yang berbeda sifat dan pendirian ini, ditayangkan di Indonesia menggantikan Tokyo Love Story, dan karena alur ceritanya yang unik, juga berhasil menarik banyak penggemar.

Baca juga  Neko Neneka Mengumumkan Berhenti Pada 28 Februari Untuk Rebranding

Untuk lagu “Kimi Ga Iru Dakede” sendiri, kepopuleran dorama Fuji TV serta melody lagu yang ceria ini, menjadikannya salah satu theme song dorama 90an, yang cukup dikenang. Bagi Kome Kome Club sendiri , sebagai grup yang membawakan lagu ini, kepopuleran dari single yang terjual sebanyak 2,89 juta kopi ini menjadikannya lagu paling ikonik mereka, dan selalu dinyanyikan di pertunjukan mereka.


You Are the Only

Sebagai pengganti “Sugao no Mama De” (Just the Way We are), Indosiar menayangkan dorama “Kimi no Tame ni Dekiru Koto” (Anything For You), yang memang menggantikan Sugao no Mama de di penayangan aslinya di Fuji TV. Mengisi theme song dorama ini merupakan single ketiga dari Ono Masatoshi yang berjudul “You’re the Only”, sedangkan “Mata Aeru” dari KIX-S, menjadi insert song di beberapa episodenya.

“You are the Only” sendiri pada tahun 1992, menempati posisi 1 di Oricon Ranking bulan September tahun itu, dan pada akhirnya menempati posisi ke-14 untuk Oricon Ranking tahun itu. Kepopuleran lagu ini tentunya dibarengi oleh kepopuleran doramanya sendiri yang memiliki average rating 16,9%, membuat “You are the Only” sebagai salah satu theme song dorama 90an yang cukup memorable.


Must Karaoke Theme Song Dorama 90an

Dorama ke-4 yang mengisi slot penayangan di Indosiar, bisa dibilang merupakan dorama dengan theme song yang juga cukup ikonik di antara penggemar Jejepangan, selain dari lagu “Love Story Totsuzen ni”. Lagu yang dimaksud tentunya adalah “True Love” oleh Fujii Fumiya, yang menjadi theme song untuk dorama Asunaru Hakusho (Ordinary People). Asunaru Hakusho sendiri juga merupakan adaptasi dari manga berjudul sama karya Saimon Fumi, yang juga menulis Tokyo Love Story. Dorama ini selain terkenal karena ceritanya, juga cukup diingat sebagai dorama pertama dimana Kimura Takuya (Nobita no Shin Kyoryu) tampil.

Baca juga  Setelah 6 Bulan Dibanjiri Spam Oleh Antis China, Kini Kiryu Coco Sudah Bisa Buka Chat Siarannya Secara Publik

Untuk lagu “True Love” sendiri, walaupun menempati posisi ke-29 untuk Oricon Ranking tahun 1993, kepopuleran lagunya masih terbawa sampai tahun 1994, di mana pada tahun itu “True Love” menempati posisi ke-11. Satu fakta menarik lagi dari lagu yang cukup sering dinyanyikan di karaoke adalah, walaupun judul dan lirik yang bernuansa lagu cinta, Fujii Fumiya sendiri mengkonfirmasi bahwa lagu ini sebenarnya merupakan pesan untuk para fansnya.


Iconic Wedding Song

Dari 1993-1994, kita kembali lagi tahun 1991, dikarenakan dorama selanjutnya yang pernah ditayangkan di TV ini diputar pertama kali pada tahun itu. Salah satu dorama terpopuler di sejarah televisi Jepang, 101 kai me no propozu (101th Proposal), selain diingat sebagai dorama dengan plot yang unik, juga ditemani oleh salah satu wedding song Jepang yang cukup bersejarah, “Say Yes” oleh duo Chage & Aska. Lagu ini sendiri pada akhirnya menjadi lagu Chage & Aska yang paling popular, setelah menempati posisi kedua di Oricon Ranking tahun 1991, dikalahkan oleh single “Oh Yeah”/”Love Story Totsuzen ni” milik Oda Kazumasa, seperti sudah ditulis di atas.


Dorama TPI yang ikonik

Untuk lagu selanjutnya, sebenarnya bukan merupakan theme song dorama 90an yang diputar di Indosiar, seperti yang lain. Namun, karena kepopulerannya yang cukup signifikan dari doramanya, saya rasa cukup pantas untuk masuk ke list ini. Lagu yang dimaksud adalah “Sora to Kimi no Aida ni wa” oleh Nakajima Miyuki, yang merupakan theme song untuk dorama “Ie Naki Ko” atau lebih dikenal di Indonesia sebagai Rindu – Rindu Aizawa.

Sebagai lagu yang cukup populer, sebenarnya cukup susah untuk menemukan video klip maupun live performance lagu ini. Malah yang banyak tersedia adalah versi cover, baik itu amatir maupun official. Oleh karena itu, untuk artikel ini, sayang sekali kita hanya bisa menikmati versi cover dari Ayaka, daripada aslinya.

Baca juga  Penayangan Hanzawa Naoki Season 2 Ditunda Akibat COVID-19

Theme Song Mengawali revival Dorama Trend di akhir 90an

Untuk lagu terakhir di list ini, kita akan melompat jauh ke akhir tahun 90an. Saat itu kepopuleran dorama sudah mulai redup dan digantikan oleh serial silat ataupun melodrama Taiwan. Namun, di penghujung decade tersebut, Indosiar kembali menayangkan dorama lagi, dan bisa dibilang cukup merevive antusias di kalangan penggemar Jejepangan. Dorama yang dimaksud, tentunya adalah Long Vacation dengan theme songnya “La la la Love Song”, yang dinyanyikan oleh Kubota Toshinobu.

Walaupun hanya menempati posisi ke-3 di ORICON RANKING tahun 1996, namun tidak bisa dipungkiri, bahwa baik dorama dan theme songnya sendiri sudah memasuki status legend. Hal ini tidak berlebihan dengan keduanya telah mengalami aging dengan baik, di mana untuk doramanya sendiri, masih terasa modern untuk jaman sekarang, dan lagunya sendiri masih catchy.


Jadi itu dia Mobidachi, list theme song dorama tahun 90an. Artikel ini awalnya merupakan request dari pembaca, dan juga memiliki timing yang tepat, namun begitu mohon maaf kalau misalkan ada yang tidak masuk ke list ini. Mungkin, kalau misalkan infonya cukup, dan requestnya juga ok, akan dicoba dibuat bagian keduanya. So, ayo tinggalkan komen kalian di bawah ya. See You.

(Visited 480 times, 2 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x