Fenomena Neuro-sama, VTuber yang Sepenuhnya Dikendalikan AI

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Kalau Kizuna Ai, Lorenya sebagai AI, tapi aslinya ada orang dibelakangnya, Neuro-sama adalah VTuber yang murni AI

Penggunaan AI semakin berkembang bersamaan dengan kemajuan teknologi. Bahkan belakangan ini, penggunaan AI sempat menimbulkan keributan di jagat dunia maya terkait gambar yang di ‘generate’ menggunakan teknologi ini. Namun, penggunaan AI juga memiliki sisi positifnya tersendiri, seperti di berbagai bidang industri yang menggunakan chatbot AI, hingga robot AI yang membantu menjadi pelayan di restoran. 

Dekatnya AI di kehidupan kita memang memiliki sisi positif dan negatifnya. Lantas, bagaimana dengan perkembangan AI di dunia hiburan seperti streamer? Adalah Neuro-sama, VTuber yang murni dibuat oleh artificial intelligence (AI). Uniknya, meskipun Neuro-sama adalah AI, ia memiliki kepribadian sendiri dan juga cepat beradaptasi. Kemunculan AI VTuber ini terasa mengagumkan, sedikit mengerikan, dan tentunya menuai berbagai pendapat dari berbagai kalangan.

Tentang Neuro-sama

Neuro-sama
Neuro-sama

Meski namanya baru mulai disebut pada bulan Desember 2022 lalu, Neuro-sama pertama kali dibuat pada tahun 2019 dari projek AI yang diusung oleh kreator Vedal987. Pada awal kemunculannya, AI ini diajarkan untuk memainkan dan menguasi rhytm game populer, osu!. Namun, AI ini dahulunya hanya standalone program yang tidak memiliki kepribadian dan tidak memiliki avatar selayaknya VTuber sekarang. 

Empat tahun setelahnya, Neuro-sama kembali dan menjadi seorang VTuber di kanal Twitch. Kali ini, ia memiliki model VTuber, dan memiliki kepribadian yang semua dibuat oleh Vedal987 yang diadaptasi menggunakan AI. Kepribadian yang dimiliki Neuro-sama adalah hasil kerja keras Vedal mensetting kepribadian VTuber AI ini sebelum dibuat agar dapat melakukan stream di Twitch.

Baca juga  Pasca Kelulusan Yugo Asuma, Noctyx Fulgur Ovid Ajak Fans Untuk Validasi Perasaan

Selain itu, karena seluruh stream yang dilakukan oleh Neuro-sama adalah hasil dari AI, VTuber AI ini memiliki berbagai filter yang ditempatkan pada pemrogramannya agar ia tidak bertindak lancang ataupun ofensif, namun filter tersebut masih membutuhkan perkembangan lebih, sehingga siaran Neuro-sama masih membutuhkan keberadaan manusia sebagai moderatornya hingga saat ini.

Dibuat Sebagai Eksperimen

Neuro-sama main Minecraft
Neruo-sama main Minecraft

Dilansir dari interview Vedal bersama Vice, sang kreator mulanya membuat Neuro-sama sebagai bahan percobaan yang menyenangkan. Ia menjadikan Neuro-sama sebagai Twitch streamer agar dia (Neuro-sama) dapat melakukan interaksi dengan audiens dan berbagai hal menarik pun muncul dari interaksinya dengan pesan-pesan yang dikirimkan penonton di Twitch.

I made her a Twitch streamer so that she can interact with her audience in real time. A lot of the fun comes from her interactions with Twitch chat” ujar Vedal.

Rutin Melakukan Stream di Twitch

Akun twitch Neuro-sama
Channel Twitch Neuro-sama

VTuber AI ini juga rutin melakukan siarannya di platform Twitch, dalam satu hari, ia dapat melakukan siaran langsung selama 5 jam. Ia pun juga melakukan siaran langsung setiap harinya dalam satu minggu. Mengejutkannya lagi, Neuro-sama hanya membutuhkan waktu 10 hari dari stream pertamanya hingga menjadi topik perbincangan hangat di komunitas VTuber dan juga komunitas pemain osu!. Rata-rata penonton stream Twitchnya pun hampir menyentuh angka 2,000, dengan puncaknya bisa mencapai di atas 4,000 penonton.

Bisa Bermain Game Sendiri

Neuro-sama bermain OSU
Game awal VTuber AI, bermain game rythm music, OSU

Selayaknya VTuber pada umumnya yang menyediakan konten berupa streaming game ataupun berinteraksi dengan chat, VTuber AI ini juga melakukan hal-hal tersebut. Ia menjadi topik perbincangan di komunitas pemain osu! bukan karena hanya dirinya seorang AI yang bisa bermain game sendiri, namun karena kepandaiannya memainkan osu! Hingga dapat mengalahkan top player osu! di dunia dalam turnamen 1v1. 

Baca juga  Siaran Offline Collab Miko dan Marine Diprivatkan Usai Mendapat Racauan Doujinka BL

Tidak hanya pandai bermain osu!, VTuber AI ini juga bisa bermain game minecraft sendiri, seperti yang bisa dilihat pada stream di Twitchnya. Kedepannya, Vedal juga akan mengembangkan Neuro-sama agar dapat bermain lebih banyak game, meningkatkan intelligence (memory) nya, serta dapat lebih mengerti Twitch chat.

Menimbulkan Berbagai Respon dari Komunitas Penggemar VTuber

Sempat hangatnya topik AI terutama di kalangan seniman, kemunculan VTuber dari AI ini pun direspon dengan opini yang campur aduk dari para penggemar VTuber dan juga netizen. Meskipun begitu, desain VTuber yang dikembangkan oleh Vedal dapat dikatakan masih dalam batas yang aman karena tidak mengambil ataupun mengeksploitasi karya orang lain layaknya kasus AI art. Model dari Neuro-sama juga dibuat menggunakan VTube Studio. 

Melansir dari postingan akun twitter @JakeSucky terkait opininya mengenai VTuber AI, terlihat jawaban para netizen yang cukup beragam. Terlihat respon positif pun cukup bertebaran, ada yang beranggapan bahwa VTuber AI ini nampak sangat keren, dan juga terhibur karena interaksi Neuro-sama dan chat. Ada juga yang berpendapat bahwa kemunculan VTuber AI adalah hal yang ironis namun realistis, ada pula yang menginginkan penggunaan AI dihentikan.

Baca juga  Nagoya VTuber Exhibition Mencapai Target Pendanaan Acara via Crowdfunding

Itulah tadi informasi seputar VTuber AI yang sedang menjadi perbincangan. Jika kamu tertarik menonton siaran Nuero-sama secara langsung, kamu dapat mengunjungi channel Twitchnya di sini.
Baca juga artikel rekomendasi kami, Menyambut Tahun Kelinci, VTuber Usada Pekora Rilis Website Human Rabbitality Project dan Akan Buat Penggemar Jadi Kelinci Peko!

(Visited 32 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.