VTuber, YouTuber dengan Persona Virtual

Tidak begitu beda dengan YouTuber kebanyakan, hanya tampilan mereka berupa avatar karakter animasi yang dengan pengisi suara manusia atau suara sintetis

Bagi Mobidachi yang belum mengenal Virtual YouTuber atau VTuber, mereka adalah YouTuber yang tampil menghibur para penontonnya melalui konten yang disajikan berupa klip video maupun siaran langsung. Berbeda dengan YouTuber pada umumnya, mereka tampil menggunakan teknologi tokoh animasi/avatar dengan suara yang diperankan oleh manusia atau suara sintetis.

Nah, bagi Mobidachi yang sudah mengetahui istilah VTuber… dan mungkin sudah cukup lama terjun dalam “lubang kelinci ini”, selamat datang di segmen baru kami yang akan memberitakan berita seru seputar VTuber baik yang lokal maupun interlokal dan artikel ini adalah pembuka kepada mereka yang belum tahu dan penasaran dengan kehadiran serta kepopuleran Virtual Youtuber.

Siapa yang mempopulerkan istilah VTuber?

r/VirtualYoutubers - Virtual Youtuber Parade~♪ (by ハジメ)
Paling depan bawa bendera, Kizuna Ai yang mempopulerkan istilah Virtual Youtuber.
(Dari kiri ke kanan) Kizuna Ai, Kaguya Luna, Nekomasu Noja Loli, Siro, Mirai Akari

Meski para kreator yang tampil dalam bentuk animasi dalam YouTube sudah tidak begitu asing lagi, namun Kizuna Ai adalah yang pertama mempopulerkan istilah Virtual YouTuber kepada khayalak dunia. Kizuna Ai sendiri mempopulerkan istilah Virtual YouTuber melalui salam pembuka dalam setiap konten videonya. Hal ini membuat dirinya berbeda dengan konten kreator lainnya yang tampil dalam bentuk animasi karena tidak pernah melabeli diri mereka sebagai Virtual YouTuber.

Kizuna Ai sendiri adalah Virtual YouTuber asal Jepang yang juga merupakan Virtual YouTuber nomor satu di dunia dengan jumlah subscriber sebanyak 4,3 juta yang merupakan gabungan dari dua channel miliknya (A.I.Channel dan A.I.Games) dan kini memiliki perusahaan tersendiri yang diberi nama Kizuna Ai Corp yang mana tugas dari perusahaan ini adalah untuk memfasilitasi Kizuna Ai serta menjembatani kesempatan berbisnis seperti kerja sama bisnis, endorse, kolaborasi sesama VTuber dan lain sebagainya.

Baca juga  Kelulusan 6 Talenta Hololive CN Resmi Dijadwalkan oleh Cover

Kizuna Ai sendiri sempat dinotis oleh YouTuber indie nomor satu di dunia, Pewdiepie ketika saat membuat cover lagu Hej Monika.

Kizuna Ai dinotis Pewdiepie saat review meme

Eksistensi dan kepopuleran Kizuna Ai kemudian menyebarkan istilah Virtual YouTuber dan melahirkan banyak VTuber baik yang independen maupun korporat yang melihat kesempatan dibalik kepopuleran Kizuna Ai.

Konten-konten yang disajikan VTuber

Meski berwujud animasi avatar yang dikendalikan oleh pemeran suara ataupun suara sintetis dibalik avatar tersebut. Konten yang mereka sajikan lumayan umum seperti konten kreator para umumnya dan bertujuan untuk menghibur para penonton yang datang menonton konten mereka. Konten mereka berkisar seperti klip kejagoan main gim Battle Royale seperti PUBG,

VTuber kucing yang jago FPS Nekomiya Hinata

Menyajikan siaran langsung karaoke maupun menerbitkan cover lagu.

VTuber Tokoyami Towa dari Hololive cover lagu Error

atau sekedar menyajikan konten bicara bebas, berbicara dengan para penggemarnya melalui siaran langsung… dengan konten yang mungkin lumayan liar.

Natsuiro Matsuri, bicara bebas selingan konten karaokean soal hansaplas dan… bra

Kolaborasi main game santai bersama para rekan VTuber dan banyak konten menarik lainnya.

Klip dramatisir penggemar, anggota Vtuber dari Hololive main Uno bareng tapi cuma bisa jawab ala monyet.

Dengan pembawaan konten yang menarik serta kepribadian beragam dari VTuber itu sendiri menjadikan penonton betah dan menjadi penggemar mereka meski beberapa banyak konten mereka terhalang oleh pembatas bahasa bagi penonton dari luar negeri, yang membuat beberapa penggemar luar negeri menjadi sukarelawan untuk menjadi clipper terjemahan, membantu para penggemar luar mengerti lebih dalam konten yang disajikan VTuber kesayangan mereka.

Semua klip diatas adalah VTuber Jepang, apakah ada VTuber diluar dari Indonesia?

Setelah mulai eksis pada tahun 2016, kepopuleran istilah VTuber itu sendiri kini telah memuncak tinggi pada tahun 2020 saat ini. Dengan demografi penggemar VTuber yang meluas melewati batas wilayah negara, tentunya banyak penggemar lainnya kini ikut memulai debutnya menjadi VTuber itu sendiri di negara mereka masing-masing membawa bahasa mereka.

Baca juga  7 Hal Menarik Mengenai Agensi VTuber EN, VShojo

Dengan antusias penggemar Indonesia sendiri yang besar, VTuber pun mulai tumbuh dan berkembang di Indonesia, seperti VTuber independen terkenal Indonesia, Evelyn yang pernah diwawancarai oleh IDN Times

Alia Adelia bersama abangnya Andi Adinata yang merupakan VTuber dengan jumlah subscriber tertinggi (200.000 subscriber lebih) dari agensi Maha5 (Dibaca Mahapanca)

VTuber saudaraan Alia Adelia dan Andi Adinata dan ngecover lagu ‘Kimi no Toriko’

Serta VTuber dari agensi luar yang buka cabang di Indonesia seperti Hololive ID.

Trio HoloLive ID cover lagu Ochame Kinou
(dari kiri ke kanan) Ayunda Risu, Moona Hoshinova, Airani Iofifteen

Dan Nijisanji ID yang kini sudah menerbitkan 3 generasi VTuber di agensinya.

Trio generasi pertama, Nijisanji ID Cover lagu kebangsaan Nijisanji, Virtual to LIVE
(Dari kiri ke kanan) Hana Macchia, Zea Cornelia,

Itulah tadi artikel tentang Vtuber, sebuah konten kreator virtual yang amat populer saat ini terutama di kalangan penggemar anime dan sub-kultur jejepangan. Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa pantengin terus Vtuber Corner di otaku.mobileague.id ya. Apakah diantara Mobidachi sekalian ada yang tertarik untuk menjadi VTuber?

(Visited 419 times, 1 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x