Site icon Otaku Mobileague

Ngobrol Bareng DoraNobi DNFI, Fansub Doraemon di Indonesia

DoraNobi Fansub Doraemon

DoraNobi Fansub Doraemon

DoraNobi Fansub Doraemon Sejak 2016

Hai Mobitachi, Siapa sih dari kalian yang tidak kenal dengan Doraemon. Si robot Kucing dari masa depan yang selalu membantu dan menemani Nobita untuk menyelesaikan segala permasalahannya dengan gadget-gadget yang unik. Nah untuk menyaksikan film Doraemon sendiri kita masih bisa melihatnya di televisi melalui saluran swasta RCTI setiap hari minggunya. Tetapi jika kalian ingin menikmati anime Doraemon bersubtitle Indonesia selain di televisi ternyata bisa juga loh. Kalian bisa kunjungi DoraNobi Fansub Doraemon, salah satu fansub anime berbahasa Indonesia yang ada di Indonesia.

DoraNobi Fansub Doraemon Indonesia

Sebelumnya team OTKMBLG juga sudah merilis artikel tentang Doraemon, khususnya tentang dua film baru di tahun 2020 ini. Nah team fansub DoraNobi ini terbentuk sejak 2016 loh mobitachi, dan terus berkembang perlahan tapi pasti bersama para penggemarnya.

Berkembang bersama penggemar.

Demi memenuhi hasrat dan juga keinginan para penggemar Doraemon, team DoraNobi memfokuskan diri untuk membuat website khusus untuk menikmati karya mereka. Mobitachi bisa melihatnya di link berikut ini DoraNobi. Dari web tersebutlah team fansub mulai mengembangkan sayap mereka. Tidak hanya anime series mingguan yang mereka subs, tetapi juga film-film Doraemon yang hadir di layar kaca. Bahkan mereka juga menambahkan beberapa anime populer lainnya kedalam list anime yang bisa Mobitachi saksikan di website mereka.

Sejak 2016 hingga april 2020 ini sudah ada 596 episode anime doraemon yang di sub bahasa Indonesia oleh team fansub DoraNobi. Sungguh sebuah pencapaian

Support Team DoraNobi

Untuk menunjang kegiatan fansub ini, team DoraNobi membuka donasi bagi teman-teman penggemar yang hendak mendukung kegiatan mereka. Tujuan dari donasi ini diperuntukan untuk membeli rekaman episode Doraemon baru dan lama, lalu juga untuk membayar website hosting dan juga domain. link lengkap donasi bisa cek di link berikut ini

Wawancara dengan Team DoraNobi Fansub Doraemon

Untuk memenuhi hasrat mobitachi semua, mimin telah berhasil mewawancarai fansub DoraNobi ini ditengah COVID-19 yang sedang marak. Tentu saja secara online hehehe, stay at home ya mobitachi. Yuk langsung saja kita ikut keseruan dan suka duka team DoraNobi Fansub Doraemon ini.

Boleh diceritakan sejarah awal mulanya Fansub Doraemon ini berdiri

DNFI berdiri pada bulan oktober 2016. Pada saat itu saya (FPM) ingin mencoba membuat subtitle Doraemon, rilisan pertama DNFI adalah Doraemon Movie 2016 dan Doraemon Birthday Special Episode 455. Rilisan tersebut saya unggah ke akun YouTube pribadi saya. Saya terkejut ketika melihat banyaknya viewers pada kedua video saya, dan di kolom komentar saya melihat banyak orang yang ingin saya melanjutkan rilisan Doraemon lagi. Nah saat itu juga saya putuskan untuk melanjutkan perilisan Doraemon series ke YouTube dan membuat fanspage Facebook DNFI. Tetapi tidak berjalan mulus selamanya. Setelah berjalan beberapa bulan dan merilis beberapa episode Doraemon, akun YouTube saya ter-Takedown oleh Youtube karena…, tau sendiri lah hehehe.

Ditengah keputusasaan dan kebimbangan pada saat itu, antara memilih melanjutkan fansub atau meninggalkan fansub, saya seketika teringat dulu pada saat melihat isi komentar di video rilisan pertama saya. Saat itu juga saya putuskan untuk melanjutkan fansub saya. Langsung saya umumkan di fanspage tentang perpindahan platform Youtube dan beralih ke platform website. Tentu sangat berat dan saya tidak bisa untuk menerima kenyataannya. Namun bagaimana lagi, nasi sudah menjadi bubur, saya harus tetap melanjutkan dan melupakan yang sudah-sudah.

Pertama pindah ke platform website memang sangat sepi. Tetapi dengan gencarnya promosi dan giatnya saya merilis serial Doraemon setiap minggunya, Alhamdulillah fansub saya kembali ramai lagi sampai sekarang. Walaupun memang harus mengorbankan waktu dan segalanya, hanya untuk sekedar hobi.

Sekian cerita pendek tentang sejarah DNFI.

Lalu Maksud dan Tujuan terbentuknya fansub ini

Pengisi waktu luang, melatih bahasa jepang saya dengan menerjemahkan subtitlenya & ingin membagikan serial Doraemon terbaru dari Jepang langsung.

Siapa aja sih anggota-anggotanya, boleh kenalan kan

FPM, Mimiko, PIka, Frinaldi, Megumi, dan Windy

Kegiatan atau pencapaian Apa saja sih yang dilakukan oleh DoraNobi Fansub hingga saat ini

Kami telah bertahan selama hampir 4 tahun sebagai fansub non-profit, dan akan berusaha untuk terus berlanjut dan terus konsisten merilis Doraemon terbaru setiap minggunya, dan film terbaru setiap tahunnya.

Suka dukanya jadi fansub doraemon apa

Sukanya kami senang rilisan kami diminati oleh banyak orang, walaupun fansub ini hanya fokus pada Doraemon saja. Dukanya banyak yg mereupload video kami dengan menutupi bahkan menghapus watermark dan credit didalam video rilisannya hanya untuk mencari adsense saja.

Sebutkan 3 hal yang disukai dari doraemon

1.) Serial abadi.
2.) Penggemar/Penontonnya banyak.
3.) Doraemon punya banyak gadget.

Kalau bisa mempunyai alat-alat doraemon, masing2 anggota fansub mau minta apa

Aku sih (FPM) pingin BILIK TELEPON SEANDAINYA, jadi kita bisa membuat dunia sesuai dengan perandaian kita 😀

From PIka, Kain Waktu, Karena biar barang-barang yang rusak bisa langsung sehat lagi, dan gw bisa awet muda 🤤

From Megumi, Pintu Kemana Saja, Karena Ga punya mobil, naik bus males, kalo ada pintu kemana saja, bisa langsung pergi kemanapun xD

From Windy, Pintu Kemana Saja, Karena biar ga usah sedihin ngerantau sama bisa makan makanan rumah kapanpun

From Frinaldi, Baling-Baling Bambu, Karena biar bisa pergi kemanapun tanpa adanya macet di jalanan 🤤

Hal yang belum kesampean dari team fansub yang berhubungan dengan Doraemon

membeli BD doraemon langsung dari jepang, tahun ini target kami akan beli BD Doraemon Movie 2020 & Stand by Me Doraemon 2 dengan penggalangan donasi.

Apakah ada tips bagi mereka yang ingin memulai karir sebagai fansuber

Jika ingin memulai fansub, yang harus kamu lakukan adalah bagaimana cara agar semua orang bisa nonton di fansubmu, agar fansubmu ramai dikunjungi. Urusan receh belakangan aja, yang penting fansubmu harus punya nama dulu. Walaupun akan memakan banyak waktu dan mengorbankan banyak hal, terus tekuni dan gemari. Anggap saja fansubmu itu adalah sebuah hobi yang kamu gemari.

Rekomendasikan 1 film doraemon yang wajib ditonton bagi orang yang baru mau memulai nonton doraemon sekarang

saya pribadi (FPM) merekomendasikan Doraemon Movie 2011. selain jalan ceritanya seru, feels nya juga dapat.

Tetap terhubung dengan DoraNobi

Yuk yang mau seru-seruan bareng team DoraNobi bisa langsung cek social media dan website mereka dibawah ini

Facebook: DoraNobi
Website: DoraNobi-fansub.id

Exit mobile version