Jadwal Rilis Baru Dua Film Doraemon Tahun 2020

Setelah beberapa minggu yang lalu diumumkan bahwa pemutaran film Doraemon tahun ini diundur sebagai dampak merebaknya virus COVID-19, website dan twitter resmi dari Doraemon akhirnya mengumumkan tanggal baru untuk pemutaran film yang berjudul Nobita no Shin Kyoryu (Nobita’s New Dinosaurs), yaitu pada tanggal 7 Agustus 2020, berubah dari sebelumnya pada tanggal 6 Maret 2020.

Promosi & Kolaborasi Tetap Jalan

Terkait dengan perubahan tanggal tersebut, dikeluarkan pula kebijakan bagi para penggemar yang telah membeli tiket pre-sale, sehingga mereka bisa menggunakan tiket tersebut di jadwal yang baru. Terlepas dari pemutaran yang tertunda, promosi di luar dan kolaborasi yang sudah berjalan tidak diundur dan tetap dilaksanakan, seperti contohnya kolaborasi tahunan dengan MONSTER STRIKE, yang tahun ini dimulai pada tanggal 6 Maret 2020, serta promosi mainan Happy Meal McDonald yang tetap dirilis pada tanggal 20 Maret 2020.

Doraemon Movie x Monster Strike Collaboration
Kolaborasi Tahunan Doraemon Movie x Monster Strike

Nasib Stand By Me 2

Dalam pengumuman terbaru ini pun diumumkan bahwa film Doraemon kedua yang akan dirilis tahun ini, yaitu Stand By Me 2, juga akan diundur pemutarannya. Pada pengumuman pertama, sebelumnya diumumkan bahwa sekuel dari Movie yang pertama kali dirilis di tahun 2014 ini akan diputar pada tanggal 7 Agustus 2020, sampai akhirnya slot tanggal tersebut diberikan ke Shin Kyoryu. Untuk tanggal penggantinya sendiri masih belum dipastikan oleh pihak studio, namun dijanjikan bahwa setelah tanggal baru sudah ditetapkan, akan dengan segera diumumkan di website resmi film tersebut.

Baca juga  Seru! 5 Anime Movie Non Ghibli, Shinkai Terbaik

Untuk cerita Stand By Me 2, sama seperti film pertama yang mengambil beberapa cerita di komik Doraemon dan digabungkan menjadi satu, film kali ini juga akan mengambil beberapa cerita, dengan fokus pengembangan cerita Boneka Kenangan Nenek. Untuk yang tidak terlalu familiar dengan kisah ini, cerita ini dimulai dari Nobita menemukan boneka Teddy Bear peninggalan neneknya yang sudah meninggal. Berlanjut ke kerinduan untuk bertemu lagi dengan neneknya, Nobita bersama Doraemon pergi ke masa lalu, ke tahun di mana nenek Nobita masih hidup. Kisah ini sendiri pernah dijadikan sebuah short anime di tahun 2000, yang berjudul Obaachan no Omoide. Namun tentunya, film Stand By Me kali ini pastinya akan mengembangkan lebih jauh lagi premis cerita tersebut.

Tanggal Rilis Lama Stand By Me 2
Tanggal Rilis Lama Stand By Me 2

Nobita no Shin Kyoryu = Nobita no Kyoryu?

Kembali mengenai Doraemon the Movie tahun ini, seperti yang sudah diperlihatkan di semua materi promosi, film Nobita no Shin Kyoryu ini memiliki sedikit kemiripan di bagian awal alur dengan film pertama dari Doraemon Movie, yaitu Nobita no Kyoryu (Nobita’s Dinosaur). Tidak jauh berbeda dari premis cerita film yang dirilis pada tahun 1980 serta di remake di tahun 2006, kali ini pula, Nobita menemukan sebuah fosil telur, yang setelahnya dikembalikan ke wujud semula menggunakan Time Cloth (Kain waktu), dan dinetaskan olehnya.

Berbeda dengan cerita di film pertama, dinosaurus yang lahir kali ini berjumlah dua ekor yang diberi nama Kyu dan Myu, serta merupakan sebuah spesies dinosaurus yang belum pernah ditemukan. Selain itu, salah satu dinosaurus tersebut yang bernama Kyu, memiliki kekurangan dibandingkan saudarinya, sehingga terjalinlah sebuah ikatan khusus dengan Nobita yang merasa mirip dengan dirinya.

Dua Film Doraemon Tahun 2020
Kyu (hijau) dan Myu (pink)

Keterlibatan Kimura Takuya

Seperti juga di film Nobita no Kyoryu, ketidak cocokan jaman untuk kedua dinosaurus itu memaksa Nobita dan kawan-kawan untuk melakukan ekspedisi ke masa 66 juta tahun yang lalu, berdekatan dengan kejadian kepunahan Cretaceous-Paleogene, yang secara umum diketahui sebagai masa kepunahan sebagian besar para dinosaurus. Di lain pihak, berbarengan dengan ekspedisi tersebut, muncul juga seorang pria misterius berwujud kera bernama Jiru, yang suaranya diisi oleh aktor kawakan Kimura Takuya. Keberadaan Jiru sendiri memegang sebuah kunci yang disebut sebagai jawaban dari misteri di film kali ini. Apakah ini ada hubungannya dengan keberadaan Kyu dan Myu?

Kimura Takuya memerankan tokoh Jiru
Kimura Takuya sebagai Jiru

Jadi bagaimana Mobidachi? Apakah kalian excited dengan film Doraemon terbaru ini? Untuk saat ini memang belum ada jadwal pemutaran untuk di Indonesia, namun kita harapkan saja dunia cepat pulih dari COVID-19 dan tidak ada pengunduran tanggal lagi di Jepang sendiri. Dengan begitu, seperti tahun lalu, semoga film terbaru kucing biru kesayangan kita ini bisa hadir juga di bioskop-bioskop terdekat.

(Visited 665 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x