NewsKabar VTuber

T-Shirt NIJISANJI EN Dikritik Penggemar karena Desain yang “Tidak Niat’

“NIJISANJI EN rilis merchandise berupa T-Shirt NIJISANJI EN dengan desain yang hanya menampilkan key visual VTuber dan logo grup, penggemar pun serentak suarakan kekecewaannya”

Wujud popularitas VTuber tidak terlepas dari dukungan dan cinta yang mereka dapatkan dari komunitas penggemarnya, dan para VTuber pun tentu selalu bekerja keras memberikan balasan setimpal untuk cinta kasih yang telah diberikan penggemar, dengan cara memberikan konten terbaik dan juga terus berinteraksi dengan mereka. Namun, bagi para penggemar hal tersebut terasa kurang cukup. Besarnya rasa suka pada sosok idola virtual ini dapat memunculkan niatan untuk mengoleksi dan membeli barang-barang yang berkaitan dengan sang VTuber. Dari sinilah juga terlahir berbagai barang-barang merchandise VTuber yang dinikmati oleh penggemar, dan menjadi salah satu sumber income bagi VTuber dan juga agensi yang menaungi mereka.

Baru-baru ini, salah satu cabang dari agensi VTuber besar asal Jepang, NIJISANJI EN, juga mengumumkan perilisan merchandise volume terbarunya, yakni berupa T-Shirt NIJISANJI EN, yang merupakan T-Shirt dengan gambar para VTuber dari NIJISANJI EN. Sayangnya, kaus yang baru rilis beberapa hari lalu ini ternyata menimbulkan respon yang kurang baik dari para penggemar. Apa yang menyebabkan fans merasa kecewa dengan merch yang dirilis dan bagaimana tanggapan mereka mengenai merch tersebut, simak informasinya di bawah ini.

Luncurkan Merchandise T-Shirt NIJISANJI EN

T-Shirt NIJISANJI EN
Sumber gambar: https://www.anycolor.co.jp/news/kzv30icwu88 

NIJISANJI EN belum lama ini mengumumkan perilisan T-Shirt NIJISANJI EN, lini merchandisa kaus bertajuk “#NIJISANJI_EN Unit Art Vol. 3”. Edisi kaus ini menampilkan para VTuber NIJISANJI EN yakni, seluruh anggota dari LazuLight, OBSYDIA, Ethyria, Luxiem, dan juga Noctyx. 

Baca juga  Sayang Dibuang Percuma, Lingkar Pembuat Avatar VTuber Darlingzz Bagi Gratis Avatar Hasil Kena Scam

Merchandise yang rilis pada tanggal 11 September lalu ini dapat dibeli secara online melalui NIJISANJI EN Official Store, dengan penjadwalan pengiriman yang dimulai pada akhir bulan September mendatang. Untuk satu buah kaus dari merchandise edisi ini, dipatok dengan harga JPY 5400, atau kurang lebih sekitar 550 ribu rupiah, dan belum termasuk ongkos kirim.

Tuai Kritik dari Penggemar karena Desain yang Dipakai

T-Shirt NIJISANJI EN
Sumber gambar: https://www.anycolor.co.jp/news/kzv30icwu88 

Merchandise T-Shirt Unit Art Vol.3 memiliki desain yang simpel. Dengan latar kaus berwarna putih, bagian depan menampilkan key visual VTuber dengan latar yang warna menyesuaikan warna dominan dari VTuber, sementara di bagian belakang kaus enampilkan logo dari grup sang VTuber.

Melihat harga untuk satu buah kaus juga tidak termasuk murah, penggemar pun mengungkapkan kritikan mereka terhadap merchandise ini. Kritikan tersebut muncul pada kolom quotes dan juga replies postingan akun X (dahulunya Twitter) NIJISANJI EN @NIJISANJI_World

Salah satu netizen, @McvacaOG memberikan tanggapan bahwa ia lebih baik melakukan komisi pada artis untuk membuat gambar dari member VTuber yang ia suka, dan mencetak gambar tersebut di sebuah kaus dengan total harga yang bisa dibilang sama dengan merch kaus NIJISANJI EN ini. 

Ada juga netizen lain, @shyscaredyca yang juga menanggapi bahwa ia sebagai seseorang yang sangat suka mengoleksi merch, tidak ingin membeli koleksi ini karena desain dari kaus merch yang ia anggap buruk, harga yang cukup mahal, ditambah lagi dengan ongkos kirim antar negara yang tentu juga merogoh kocek.

Desain Terlalu Simpel, Dianggap Tidak Menghargai Penggemar

T-Shirt NIJISANJI EN
Sumber gambar: https://nijisanji-store.com/collections/nijisanji-en-unit-art-vol-3-t-shirt 

Dari desain kaus yang hanya menampilkan key visual dan desain terlalu simpel ini, tidak hanya mengundang kritik, tetapi muncul juga anggapan dari penggemar bahwa perusahaan seperti tidak menghargai fans, karena tidak memberikan effort lebih dalam hal menyuguhkan merchandise untuk penggemarnya. Wajar apabila penggemar pun merasa sangat kecewa pada perusahaan, mengingat NIJISANJI sebagai perusahaan agensi VTuber besar, seharusnya dapat memberikan effort lebih terhadap desain merchandise para liver mereka.

Baca juga  Perangi Corona, Bajak Laut Straw Hat Kirim Video Untuk One Piece Nakama

Merchandise yang memiliki desain unik dan menarik, tentu akan memberikan efek yang positif terhadap liver dan juga perusahaan. Namun sayangnya, desain dari koleksi “#NIJISANJI_EN Unit Art Vol. 3” membuat banyak penggemar mengurungkan niat mereka untuk membeli merchandise edisi ini. 

Membandingkan dengan Merchandise NIJISANJI EN Lainnya

T-Shirt NIJISANJI EN Dikritik Penggemar karena Desain yang "Tidak Niat’ - Otaku Mobileague

Tentu ini bukan kali pertama NIJISANJI EN mengeluarkan merchandise berupa kaus. Memang sangat disayangkan bahwa koleksi T-Shirt #NIJISANJI_EN Unit Art Vol. 3 ini terkesan biasa saja, padahal sebelumnya, terdapat koleksi merchandise yang juga berupa T-Shirt dari NIJISANJI EN, yang memiliki desain lebih menarik dan disukai oleh penggemar. 

Kesimpulan

Belum lama merilis merchandise baru, NIJISANJI EN mendapat banyak kritik dan respon negatif dari penggemar karena desain kaus merch yang terlalu simpel, bahkan hanya menggunakan key visual yang bukan merupakan gambar baru yang berbeda dari merch-merch sebelumnya. Dengan harga kisaran 550 ribu, banyak penggemar yang mulanya senang berburu merch, mengurungkan niatnya untuk membeli kaus koleksi terbaru ini. Penggemar pun berpendapat bahwa Tim Merchandise dari NIJISANJI EN seperti tidak menghargai penggemar, dengan membuat desain kaos yang tampak ‘malas’ dan tidak ada usaha lebihnya.

Baca juga  Under Ninja, Kisah Ninja Jalanan di Kehidupan Modern Dapat Adaptasi Anime di 2023

Sumber:

Penulis : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

(Visited 67 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.