AnimeReview

GANGSTA, Review Anime Klasik Berkisah Perjalanan Kisah Duo Berandalan Handymen

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Gangsta, inilah anime berikutnya yang bagi saya underrated meski menyajikan aksi-aksi yang berdarah hingga bertarung sampai tembak-tembakan tanpa sensor.

Saya ingin sekali membahas ini sejak lama karena saya pernah mengikuti anime ini pada saat masih kuliah, betul sekali anime ini rilis pada tahun 2015 digarap oleh studio Manglobe. Anime yang berdasarkan dari judul manga yang sama ini mengangkat kisah dari dua berandalan yang hidup di pinggir kota Ergastulum. Menurut saya pribadi, ada alasan lain yaitu bagaimana cara mengangkat kisah geng dan mafia dalam lingkaran maut kriminal kota Ergastulum ini secara tidak biasa seperti anime yang lain. Seperti apa petualangan dan kehidupan keras mereka lalui di kota Ergastulum ini? Kita simak dibawah ini.

Apa itu Duet Maut Handymen?

Berawal dari kota Ergastulum yang dikenal rawan tingkat kriminal nya, hingga ada dua lelaki berandalan di pinggir kota ini melakukan berbagai cara dari memukul hingga membunuh adalah sebuah ‘mata pencaharian’ mereka. Mereka berdua ini adalah Nicholas Brown dan Worrick Angelo, bahkan mereka disebut sebagai Handymen atau Tukang serba bisa. Tetapi makna tukang disini dalam konotasi negatif, sebab tukang yang dimaksud merupakan sebuah sematan bagi tentara bayaran yang cukup tangguh menjalankan misi yang diambil juga mustahil dilakukan oleh kriminal biasa.

Tugas Handymen inilah yang memicu adu domba antara sekumpulan geng melawan sebuah mafia besar yang ada di kota Ergastulum. Bagaimana tidak, tindak kriminal tersebut memicu seorang polisi keras bernama Chad Adkins bertindak sebagai perantara dua kubu ini. Tidak segan juga, Handymen ini punya tugas untuk lenyapkan satu geng kecil hingga geng kecil lainnya agar mafia ini tidak memiliki saingan yang begitu kuat. 

Baca juga  Review Film Doraemon The Movie: Nobita’s Sky Utopia

Hingga suatu hari, Worrick dan Nicholas justru menyelamatkan satu wanita yang bekerja sebagai PSK dari tangan mafia besar tersebut. Wanita ini bernama Alex Bernadetto, dari misi menyelamatkan satu PSK ini hingga mereka berdua akhirnya memutuskan untuk melindungi wanita ini dari incaran geng kecil hingga mafia besar yang pernah memiliki Alex sebagai langganan nya. Yang lebih mengejutkan adalah tugas Handymen ini justru dikendalikan oleh seorang nenek pemilik toko kecil dan juga menjual berbagai rokok.  Dialah Joel Raveau, atau biasa disebut Nenek Joel. Sang nenek dibalik aksi nekat Handymen ini punya motif tersendiri agar si nenek tidak merasa terancam hidupnya oleh para geng hingga mafia. 

Makanya nenek tersebut memberi tugas kepada Nicholas dan Worrick selalu menjaganya, tidak sia-sia bakat bertarung barbar mereka berdua menjadi suatu jaminan untuk nenek maupun Alex itu sendiri.

Dibalik aksi mereka berdua yang cukup barbar, ternyata Worrick menyimpan satu rahasia dalam dirinya. Dia merupakan orang yang dikategorikan sebagai Twilights, sebutan untuk anak yang dilahirkan dari garis keturunan memiliki riwayat konsumsi obat aneh bernama Cerebret. Inilah sebab kenapa Worrick terlihat tanpa ampun kepada lawan saat beraksi dan ini juga alasan Nicholas alias Nic merangkul dia sebagai sahabat juga yang mengawasinya.

Apa Itu Twilights Dalam Anime Gangsta?

Twilights ini juga memiliki tingkatan mulai dari S/0 yang tertinggi hingga D/5 yang paling rendah. Tingkatan ini didasari oleh seberapa banyak aksi juga banyak nya target yang dibunuh, maka tingkatan nya semakin naik. Seperti Worrick contohnya, Worrick ini awalnya ada di tingkat A/0 saat masih overdosis obat Cerebret, lalu ketika dia sudah tidak kecanduan lagi maka tingkat nya turun ke B/3 dimana pada tingkat ini dia mampu kendalikan dirinya sendiri terlebih dibantu Nic juga nenek Joel.

Baca juga  Review Anime Chainsaw Man Episode 11: Misi Dimulai

Wilayah Kekuasaan Para Mafia Besar Kota Ergastulum di Anime Gangsta

dalam dunia Anime Gangsta Kota Ergastulum ini juga memiliki mafia besar, bahkan ada 4 mafia besar yang begitu ditakuti juga berpengaruh. Mereka terdiri dari Paulklee Guild, Corsica Family, Monroe Family dan Cristiano Family. Paulklee Guild yang memiliki pasukan setia yang terdiri dari para Twilights, lalu ada Cristiano Family awalnya sebuah mafia besar di era 1970an lalu pada akhirnya berhasil dikuasai wilayahnya oleh Monroe Family. Corsica Family adalah salah satu mafia besar yang memiliki keberadaan yang sangat rahasia, sebab mereka punya kebecian terhadap kaum Twilights hingga mengasingkan diri dari dunia luar. Corsica Family juga merajai bisnis gelap seperti perdagangan senjata hingga industri seks di kota itu.

Rincian wilayah kekuasaan mereka antara lain:

1. Cristiano Family : 02 Street, berada di kawasan Selatan Ergastulum
2. Corsica Family : Rahasia/Tidak Diketahui
3. Monroe Family : sebuah mansion di kota Ergastulum yang dulunya bekas Arcangelo Family
4. Paulklee Guild : 0 Street, berada di kawasan Selatan Ergastulum. Persis dekat Gerbang Selatan

Berikut saya tampilkan sekilas sosok dari ketua masing-masing mafia tadi:

1. Loretta Cristiano Amodio

2. Gina Paulklee

3. Daniel Monroe

4. Uranos Corsica

Saatnya Kenalkan Duet Pemeran Utama Kita di Gangsta

Tidak perlu menunggu lama lagi, saya akan meringkas siapa saja kedua berandalan Ergastulum ini dan peran mereka dalam cerita ini.

1. Nicolas Brown

Dia adalah mantan pembunuh bayaran dan termasuk salah satu bagian dari kaum Twilight. Uniknya, dia adalah difabel yang mana sejak lahir memiliki masalah pendengaran alias tuli. Keterbatasan pada dirinya tidak menjadi penghalang untuk memburu dan membunuh siapapun dengan pedang nya. 

Naluri membunuh dia akhirnya mulai terkendali, ketika dia akrab dengan Worrick sejak kecil dan diasuh oleh Gaston Brown saat itu sebab mereka menjadi bagian dari mafia besar Monroe Family. Mulai tumbuh dewasa, nurani mereka tumbuh hingga mereka berdua menjadi duet bernama The Handymen hingga kelak mengajak Alex Bernadetto jadi bagian mereka berdua setelah menyelamatkan Alex.

Baca juga  BG Shinpen Keigonin Season 2 Membawa Kimura Takuya Kembali Ke Dunia Bodyguard

2. Worrick Arcangelo

Selanjutnya ada Worrick Arcangelo. Rekan akrab dari Nicolas Brown sejak lama ketika diasuh oleh Gaston Brown. Ternyata pekerjaan dia adalah seorang gigolo dan ahli senjata. Masa lalu Worrick tidak kalah kelam nya dengan Nicolas, sebab Worrick ternyata dilahirkan dalam sebuah keluarga besar yaitu Arcangelo Family notabene adalah mafia besar pada masanya. Worrick adalah anak kedua dari keluarganya dan aslinya dia memiliki nama Wallace Arcangelo. 

Hidup didalam keluarga mafia tidak serta membuat dirinya bahagia justru mendapat perlakuan keji, hingga ada sosok yang menolong nya tak lain adalah ayah Nicolas. Hal ini memicu dirinya untuk balas dendam dan menghabisi keluarganya sendiri sampai akhirnya hidup dijalanan bersama Nicolas.

Dibalik pekerjaan nya yang sangat ‘hitam’, Worrick juga sosok yang periang dan mudah bicara dengan siapapun, termasuk dengan nenek Joel yang selalu mengawasi aksi mereka. Apalagi Worrick juga ikut berjasa menolong nyawa Alex Benedetto dengan Nicolas dari para mafia.

Bagi Saya Gangsta Itu…

Menarik dan sangat beda dari kisah aksi dan kriminal lainnya. Mungkin dulu saya suka nonton anime Gungrave yang kurang lebih isi ceritanya tentang geng kecil melawan mafia lalu akhirnya dua sahabat ikut mafia juga namun punya intrik sendiri saling menyingkirkan. Tapi yang membedakan adalah bagaimana Nic dan Worrick itu digambarkan sebagai berandalan yang memiliki nurani juga persahabatan yang begitu kuat. Terlihat bagaimana mereka berdua selamatkan Alex hingga di masa lampau usaha Worrick keluar dari lingkungan keluarga nya yang kejam berkat ayah Nic yang sangat berjasa sampai dia punya respect kepada Nic apapun kekurangannya. Itu saja yang bisa saya sampaikan dalam ringkasan tentang anime Gangsta ini, satu hal lagi buat saya Kohske anda sangat diluar nalar dan hebat membangun kisah aksi kriminal ini.

Baca juga review artikel anime slam dunk saya di Otaku.Mobileague

Sumber

Gangsta Fandom
The Her Gula

(Visited 910 times, 2 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.