NewsSeputar Industri

Viral Subtitle “Cabul”, Muse Indonesia Men-Takedown Kyokou Suiri Season 2 Episode 12

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

Muse Indonesia segera mengambil tindakan dengan men-takedown episode 12 dari anime Kyouko Suiri Season 2 setelah viralnya subtitle bernada cabul.

Baru-baru ini anime lovers digegerkan dengan adanya subtitle yang bernada cabul pada salah satu upload-an milik Muse Indonesia di Youtube. Subtitle bernada cabul itu ada di anime berjudul Kyokou Suiri (In/Spectre) Season 2 Episode 12. 

Masalah ini baru terungkap setelah munculnya berbagai laporan keteledoran dari pihak tim translator dan quality control mereka. Melalui halaman resmi Facebook, Muse Indonesia memposting permintaan maaf untuk para penonton yang berisi 

“Kami telah mengulas laporan tersebut serta melakukan cross check dengan tim kami dan kami dapat pastikan bahwa Muse Communications Ltd., Tidak akan tinggal diam dalam menanggapi kejadian memalukan tersebut

Kami juga bersumpah untuk bekerja sebaik kami untuk memperbaiki kualitas takarir kami kedepannya dan tidak akan membiarkan hal serupa terjadi kembali,” ungkap Muse Indonesia.

Pernyataan Muse Indonesia dibenarkan oleh penerjemah yang bertanggung jawab atas kejadian ini, Hanif Aqsony, yang menggunakan nama Kresendo dalam potongan subtitle yang bermasalah tersebut. Di saat bersamaan, ia juga menyebutkan bahwa kalimat tidak senonoh itu adalah guyonan di lingkar pertemanannya saja.

“Sekali lagi, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada para penikmat anime di Muse Indonesia. Saya berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Saya juga ingin meminta maaf kepada teman-teman Facebook yang sudah merasa kecewa berat atas keteledoran fatal yang telah saya perbuat,” tulis Hanif dalam klarifikasinya.

Pemutusan Hubungan Kerja Tim Translator dan Quality Control

Kyokou Suiri Season 2 Episode 12

Akibat dari permasalahan ini, Muse Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja dengan tim translator dan quality control terkait. Pihak Muse Indonesia juga telah berjanji pihak terkait tidak akan terlibat dalam proses translasi dari judul judul yang akan di garap.

Baca juga  Review Film Anime A Silent Voice: Kekuatan Empati dan Pengertian

Seperti pada informasi yang terdapat pada publik, terdapat candaan tidak senonoh yang ada pada hasil terjemahan Muse ID. Tepatnya pada episode 12 anime In/Spectre S2 yg tayang pada kanal Muse Indonesia, terdapat line yang mengarah pada rape atau sexual joke terhadap anak di bawah umur. 

Terdapat juga nama penerjemah yg menulis candaan tersebut pada skrip terjemahannya. Diketahui bahwa episode tersebut diupload sejak tanggal 26 Maret 2023 dan baru ditakedown oleh pihak Muse Indonesia pada jam 16.00 WIB, tanggal 27 Maret 2023.

Official Statement dari Agensi Freelancer Kuli Komis

Selain pihak Muse Indonesia, pihak dari Kuli Komis juga melayangkan official statement di akun Twitternya yang berisi beberapa poin seperti

  1. Kresendo dalam masalah yang sedang terjadi saat ini berada dalam SOP dan moderasi dari Muse Indonesia, yang di dalamnya tidak melibatkan Kuli Komis.
  2. Kuli Komis tidak akan memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada Kresendo dalam dalam permasalahan ini.
  3. Kuli Komis mendukung dan memberikan apresiasi atas segala tindakan – tindakan disipliner yang dilakukan oleh Muse Indonesia kepada Kresendo dan tidak memiliki niatan untuk ikut campur tangan dalam menangani permasalahan ini
  4. Kuli Komis tidak akan pernah mendukung semua tindakan publik yang bersifat intimidasi dan pencemaran nama baik kepada pihak Muse Indonesia maupun individu – individu terkait
  5. Semua pernyataan yang dikeluarkan member – member kami terkait permasalahan tersebut tidak akan mempresentasikan atau mewakili nama Kuli Komis.”
Baca juga  Mangaka “Sakamoto Desu Ga?” Meninggal Dunia

Informasi Anime Kyokou Suiri (In/Spectre season 2)

Kyokou Suiri Season 2 Episode 12

Anime Kyokou Suiri baik season 1 maupun season 2 digarap oleh Brain’s Base. Pada Season 2 ini, anime Kyokou Suiri tayang pada tanggal 9 Januari 2023 dengan total  12 episode. Anime ini diadaptasi dari judul yang sama karya dari Kyo Shirodaira.

sinopsis dari anime Kyokou Suiri

Anime ini memunculkan karakter baru bernama Yukionna, namun karakter utama di season pertama yaitu Kotoko dan Kuro juga akan tetap berlanjut. Yukionna dan Masayuki Muroi merupakan makhluk mitologi musim dingin yang dipertemukan di season 2 ini. Sedangkan Kotoko masih bertahan menjadi penghubung dunia roh dan manusia, serta dewa yang banyak membantu mahkluk misterius.

Kuro dan Kotoko sudah bertemu di season pertama, untuk season selanjutnya hubungan mereka dipertemukan karena saling mereka saling membantu untuk menyelsaikan pekerjaan tertentu bersama. Kotoko yang memang berusaha mendekati Kuro seperti diberikan jalan yang mudah. Kuro juga kerap masuk ke dalam masalah yang sedang dihadapi Kotoko. Hal itu membuat Kotoko memiliki rasa suka dan cinta dengan Kuro karena sering bersama.
Baca juga Review Anime Buddy Daddies

(Visited 333 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.