Sinopsis Anime Shoujo Underrated, Hakuouki Shinsengumi Kitan

Kontributor: Ronin96
Penyunting: Kikitondo

Hakuouki Shinsengumi Kitan, adalah anime yang berawal dari adaptasi game multiplatform PS2, PS3, Nintendo DS, dan PSP dan diadaptasi anime oleh Studio DEEN

Ohayou minna-san! Pasti diantara kalian suka menikmati macam-macam anime, apalagi yang bertemakan sejarah baik itu sifatnya fiksi-sejarah ataupun berdasarkan kejadian yang nyata. Saya juga sempat menonton anime genre sejarah saat masih kuliah dulu. Namun, Saya ingin kasih tahu salah satu anime berlatar sejarah yang bagi peminat anime sangat underrated.

            Hakuouki Shinsengumi Kitan, ya ini adalah salah satu anime berlatar sejarah yang sangat underrated dibanding anime latar serupa. Anime ini awalnya dari adaptasi game multiplatform seperti PS2, PS3, Nintendo DS, dan PSP. Lalu, dibuatlah adaptasi anime yang digarap oleh Studio DEEN pada 4 April 2010 untuk musim pertama dan musim kedua anime ini tayang pada 10 Oktober hingga 12 Desember 2010.

Hakuouki Shinsengumi Kitan
Hakuouki Shinsengumi Kitan

            Cerita Hakuouki ini sendiri berdasarkan era Edo pada 1860an pasti kalian yang pernah menonton Rurouni Kenshin sangat familiar dengan era ini. Lalu, dimana tokohnya Chizuru Yukimura mencari ayahnya namun sempat dicegat oleh sekelompok preman lalu datanglah anggota Shinsengumi menolongnya. Anggota Shinsengumi tadi rupanya punya wujud siluman yang dinamakan Rasetsu. Setelah itu, Chizuru pun akhirnya ikut bergabung dengan para Shinsengumi untuk mencari ayahnya yang hilang tadi.

Main Heroine Hakuouki Shinsengumi, Chizuru Yukimura

Chizuru Yukimura Hakuouki Shinsengumi Kitan
Chizuru Yukimura

            Saatnya kita berkenalan dengan beberapa tokoh di anime ini. Ada Chizuru Yukimura, dia adalah karakter protagonis utama di anime ini. Chizuru sendiri adalah ras Oni/Iblis yang dipercaya sebagai juru masak, perawat, juga pengantar pesan bagi kelompok Shinsengumi. Selain itu, Chizuru disini juga sebagai narator untuk anime ini. Bergabung di Shinsengumi tampaknya membuat Chizuru mempunyai perasaan cinta kepada sang wakil komandan nya bernama Toshizo Hijikata.

Baca juga  Great Pretender, Sukses Mengeksekusi Twist ala Penipu

            Rupanya, Chizuru yang dipercaya sebagai perawat di kelompok Shinsengumi tidak lain karena dia seorang anak dokter. Chizuru sangat memahami sekali tentang cara pengobatan yang benar juga jenis-jenis obat yang digunakan. Juga sebagai keturunan Oni, Chizuru memiliki kemampuan lain yaitu healing/penyembuhan yang begitu cepat bahkan dia juga punya indra keenam.

            Senjata yang dimiliki oleh Chizuru berupa pedang pendek atau disebut kodachi yang dia beri nama Shotsuren saat dia berlatih di dojo, sayangnya senjata ini jarang dia gunakan. Yang menarik adalah Chizuru memiliki saudara kembar bernama Kaoru Nagumo dimana dia pernah berlatih bersama. Nagumo memiliki senjata katana dengan nama Daitsuren disaat bersamaan Chizuru memiliki pedang pendek tadi.

            Menurut opini saya , pengembangan karakter nya terlihat biasa saja namun demi mengembangkan segi historis yang diusahakan anime ini begitu ciamik. Mengingat karakter Chizuru ini adalah penggambaran sosok iblis yang ternyata tidak melulu jahat alias punya hati nurani untuk menolong anggota Shinsengumi yang lain.

Male Lead Hakuouki Shinsengumi Kitan, Toshizo Hijikata

Sinopsis Anime Shoujo Underrated, Hakuouki Shinsengumi Kitan - Otaku Mobileague
Toshizo Hijikata

           
            Sekarang, saya ingin kenalkan tokoh lainnya lagi bernama Toshizo Hijikata. Yang sebelumnya saya ceritakan dimana dia sosok yang dikagumi oleh Chizuru. Hijikata sendiri punya julukan wakil komandan iblis mengingat dia punya darah campuran yaitu Manusia dan Rasetsu. Shinsengumi sendiri dipimpin oleh Isami Kondo dan Hijikata selalu setia dampingi pemimpin itu yang memiliki sifat yang dewasa. Senjata andalan yang dipakai Hijikata adalah Saitou, pedang dari generasi ke-11 Kanesada.

            Bicara tentang asal muasal Hijikata dia berasal dari keluarga sederhana yang memiliki obat-obatan yang diproduksi keluarga nya yaitu Obat Bubuk Ishida. Dia sendiri karena berasal dari keluarga yang sederhana hanya peracik obat justru mendapat perilaku diskriminatif mengingat masa itu sistem kasta di Jepang tidak memperbolehkan warga sederhana dan petani ikut menjadi Samurai.

Baca juga  Review Chainsaw Man Episode 6: Bunuh Denji!

            Hingga akhirnya, Hijikata bertemu dengan seorang bernama Kondou yang membuat pemikiran Hijikata berubah yang awalnya begitu frustrasi dengan menjalankan usaha keluarga nya menjadi Samurai dengan bergabung ke Dojo Shieikan. Makanya, dia pun bisa bergabung ke Shinsengumi atas izin dari Bakufu lalu Hijikata pindah ke Kyoto.

            Mungkin ini saja yang bisa saya jelasin tentang anime Hakuouki Shinsengumi Kitan ini. Anime ini sangat menarik diikuti bagi kalian yang sering menonton Rurouni Kenshin, Gintama dan Basara. Dari segi visual mungkin sangat memanjakan mata jika melihat karakter-karakternya. Baca juga rekomendasi anime lmusim gugur lainnya di Otaku Mobileague. Saya pamit dulu, arigatou de gozaru!

Sumber:
Hakuoki Fandom
Anime Planet

(Visited 62 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.