Pokemon TCG Raid Battle, Main Bareng Teman Lebih Banyak, Lebih Asyik!

Untuk kamu yang gemar memainkan permainan Pokemon TCG, jika kamu bosan mengadu Pokemon melawan satu temanmu saja, sekarang kamu bisa bergabung dengan dia untuk mengalahkan satu Pokemon besar dalam Pokemon TCG Raid Battle. Ajak 2-3 temanmu untuk bermain bersama dan tunjukan kemampuan kalian dalam mode multiplayer ini. Bagaimana caranya? Ayo baca lebih lanjut.

Pokemon TCG Raid Battle Overview

Pokemon TCG Raid Battle dapat dimainkan sampai dengan 5 orang pemain. Dalam game ini, setiap pemain akan mengendalikan dua ekor Pokemon dengan satu pemain akan memainkan Pokemon Dynamax atau Gigantamax yang akan menjadi boss dalam battle ini. Tujuan utama para pemain raid adalah mengalahkan boss tersebut. Lalu, bagaimana jika tidak ada pemain yang cukup untuk menjadi opposing team? Jangan khawatir, cukup buat pair Pokemon untuk merepresentasikan jumlah pemain yang kurang, namun kalian yang harus mengendalikan pair tersebut.

Pokemon TCG Raid Battle-01

Sebelum kita masuk ke bagian cara bertarung, ada beberapa komponen yang harus dimiliki dalam memainkan game ini. Komponen seperti playmat khusus, Boss Attack Card, Cheer Card, Knock Out Counters, serta Boss Pokemon Cards itu sendiri harus ada untuk bisa memainkan mode permainan ini. Semuanya dapat didownload gratis melalui link ini: https://tcg.pokemon.com/en-gb/raid-battle/ . Tentunya, kalian perlu memprint komponen – komponen ini dan disarankan menggunakan kertas karton yang bagus agar tidak mudah rusak.


Persiapan Permainan

Jika sudah memiliki komponen – komponen tersebut, shuffle masing – masing jenis kartu dan tumpuk tertutup di area yang gampang diraih. Lalu, para pemain memutuskan untuk melawan Pokemon Boss yang mana. Setelahnya, lihat dari semua Pokemon yang berada di posisi aktif maupun bench, berapa total damage terbesar yang memungkinkan bisa dilakukan dalam satu ronde. Jumlah damage tersebut akan menentukan level dari Pokemon Boss yang akan dihadapi. Ada tiga level yang ditentukan dari berapa jumlah damage tersebut. Pemain yang memainkan Pokemon Boss lalu menempatkan Boss yang telah dipilih dengan level tersebut di depan para pemain lainnya.

Pokemon TCG Raid Battle-02

Maju Raid Players!!

Di setiap turnnya, permainan Pokemon TCG Raid Battle akan dimulai dari pemain pertama dilanjutkan sampai ke pemain keempat, baru berpindah ke Pokemon Boss. Pada setiap turn tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh seorang pemain. Langkah pertama dalam permainan ini adalah Retreat. Dalam fase ini, pemain boleh memilih untuk menukar Pokemon aktif mereka dengan yang ada di bench. Ini berguna untuk melindungi Pokemon tersebut jika sudah mulai kritis atau kalian ingin melakukan satu strategi lain.

Baca juga  Siapa Sebenarnya Daisuke Kanbe, The Millionaire Detective
Pokemon TCG Raid Battle-03

Langkah selanjutnya adalah melakukan attack. Pemain yang sedang dalam gilirannya harus memilih salah satu attack yang ada dan menyebutkan berapa jumlah damagenya. Jika ada efek dari serangan tersebut, tentukan saja apakah memang bisa dilakukan atau tidak. Sebagai contohnya, jika pada kartu tersebut dikatakan harus membuang energi, maka hiraukan saja, karena mode game Pokemon TCG Raid Battle tidak menggunakan energi. Jika serangan tersebut sama atau melebihi HP Pokemon Boss, maka pemain dianggap telah memenangkan game ini. Jika tidak, lanjutkan giliran pemain selanjutnya, dan saat semua pemain sudah menyelesaikan gilirannya, giliran berpindah ke Pokemon Boss.


Waktunya Pokemon Boss Beraksi

Dalam gilirannya Pokemon Boss, pemain yang mengendalikannya akan membuka kartu attack. Lakukan perintah yang tertulis di kartu tersebut, dan jika ada perintah untuk membuka kartu lagi, buka satu lagi kartu attack. Pembukaan kartu Attack bisa dilakukan sampai sebanyak 4 kartu, tergantung dari level Pokemon Boss yang dihadapi. Jika jumlah maksimum kartu yang dibuka sudah tercapai, hiraukan perintah membuka kartu attack lagi. Jika damage yang dilakukan oleh Pokemon terhadap salah satu Pokemon sama atau melebihi sisa HP-nya, maka Pokemon tersebut dianggap Knocked Out. Pasang counter Knocked Out pada Pokemon tersebut untuk menandakan bahwa Pokemon tersebut tidak bisa dipakai lagi. Jika jumlah Knock Out yang dikeluarkan sudah mencapai 4 buah, maka kemenangan berada di Pokemon Boss.

Pokemon TCG Raid Battle-04

Pokemon yang sudah mengalami Knock Out, tidak bisa diserang, sehingga, jika muncul kartu attack yang mengarah ke Pokemon tersebut, segera gantikan dengan kartu lain. Untuk pemain yang Pokemonnya baru saja mengalami Knock Out akan hilang giliran selama satu turn. Pada sampai gilirannya lagi, Pemain tersebut tidak bisa melakukan retreat ataupun attack, dan harus mengawali turn mereka dengan membuka kartu Cheer. Kartu Cheer sendiri bisa berefek macam – macam yang semuanya bernilai positif. Setelah Cheer dilakukan, maka turn berlangsung seperti biasa. Sebelum berpindah ke Pokemon Boss, hilangkan salah satu Knock Out counter yang ada di pemain yang melakukan Cheer.

Baca juga  Mushoku Tensei, Bapaknya para Isekai?

Pokemon TCG Raid Battle Impression

Dan itu dia cara bermain Pokemon TCG Raid Battle. Secara singkat, sebenarnya mode ini jauh berbeda dari tingkat kesulitan dengan gameplay TCG yang biasanya, jadi mungkin pemain yang sudah terbiasa dengan kompleksitas mode normalnya akan merasa sedikit downplay dalam strategi. Akan tetapi, mode game ini sendiri memang didesain untuk pemula juga, sehingga bagi kalian yang ingin ngeracunin teman kalian untuk bermain Pokemon TCG, ini adalah salah satu entry menarik untuk itu.

Selain itu, mode gameplay ini sendiri sebenarnya bisa juga dimainkan secara solo. Hal ini bisa dilakukan karena dari pengamatan saya, sebenarnya tidak diperlukan pemain yang harus mengontrol Pokemon Boss, sehingga bisa digantikan oleh salah satu pemain oposisi. Yang berarti, jika hanya ada satu pemain, semua role yang ada, bisa dimainkan oleh pemain itu sendirian. Tentunya ini berguna, apalagi di masa pandemik ini ketika sulit untuk bertemu dengan pemain lain.

Dan itu dia Pokemon TCG Raid Battle, mode gameplay solo ataupun multi-player untuk Pokemon TCG. Bagaimana menurut kalian para pemain Pokemon TCG? Apa kesan kalian dalam memainkan mode ini? Ayo tinggalkan komen kalian di bawah ya.

(Visited 163 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x