Godzilla di Dunia Magic: The Gathering Terbaru

Kabar menarik muncul untuk kalian para Mobidachi pengemar Kaiju, terutama The King of the Monster, Godzilla. Dengan preview official yang dilakukan di Twitch Streaming pada tanggal 2 April 2020, waktu Pasifik, Wizards of the Coast sebagai pencipta permainan Magic: the Gathering mengumumkan bahwa set terbaru mereka, Ikoria: Lair of the Behemoth, bukanlah sebuah set biasa, namun merupakan sebuah set yang diinspirasi oleh tematik Giant Monsters alias Kaiju. Yang lebih mengejutkan lagi dalam pengumuman tersebut untuk semua fans Magic: The Gathering maupun fans Kaiju, adalah bahwa set kali ini, bukan hanya terinspirasi oleh Kaiju, namun juga merupakan bentuk kerjasama dengan perusahaan film TOHO, yang merupakan pemiliki franchise Godzilla dan banyak lagi nama-nama Kaiju yang mungkin kalian sudah kenal baik.

Awal Mula Kolaborasi

Berdasarkan interview yang dilakukan di Twitch video tersebut, awal mula kerjasama ini adalah merupakan proposal dari team Jepang Wizards of the Coast kepada bagian R&D mereka, di mana mereka menawarkan kemunculan Godzilla di set Ikoria yang saat itu masih dalam pengembangan. Tidak mengerti dengan maksud awal team Jepang, ide tersebut dianggap angin lalu, sampai ditegaskan bahwa yang dimaksud adalah proposal kerjasama langsung menggunakan image para Kaiju di kartu-kartu Magic: The Gathering. Setelah disetujui dan dilakukan pertemuan langsung, Toho sendiri menyambut baik proposal kerjasama tersebut, dan dengan begitu, dibuatlah produk spesial berbentuk line-up kartu yang bernama Godzilla Series.

MTG x Godzilla Japanese CM

Apa itu “Godzilla Series”?

Godzilla series adalah sejumlah kartu yang menggunakan image langsung dari para Kaiju milik Toho. Keunikan dari kartu-kartu ini adalah bahwa mereka merupakan bentuk alternative dari kartu-kartu yang terinspirasi dari Kaiju tersebut. Sebagai contohnya, di sini kita bisa lihat Mothra, yang muncul di kartu Mothra, Supersonic Queen, dalam set Ikoria sendiri akan direpresentasikan oleh kartu yang bernama Luminous Broodmoth.

Mothra dan reinterpretasinya
Godzilla Series (Kiri) & Kartu intepretasi Magic the Gathering (Kanan)

Untuk jumlah secara resmi, akan ada 19 kartu dalam seri alternatif ini yang bisa dikoleksi, di mana tiga di antaranya akan merupakan Japanese Exclusive Print. Selain itu, dari ke-19 kartu tersebut, kartu Godzilla, King of The Monster, telah dikonfirmasikan akan menjadi kartu terunik di seri ini, dikarenakan ketidak adaannya kartu yang merepresentasikannya di set normal, walaupun kartu ini sendiri, memiliki nama lain yang tertulis di kartu tersebut, yaitu Zilortha, Strength Incarnate.

Kartu Godzilla Series tanpa counterpart
Satu-satunya kartu tanpa counterpart

Festival 20 Collectible Kaiju

Japanese Exclusive Godzilla Series
Japanese Exclusive

Untuk nama-nama Kaiju yang sudah dikonfirmasi untuk seri kolaborasi ini, semuanya dipilih berdasarkan keikonikan para Kaiju Toho tersebut. Untuk nama pertama, tentunya adalah Godzilla yang dalam seri kartu ini direpresentasikan dalam 3 macam kartu yang berbeda. Lalu, seperti sudah disebut di atas, kita juga akan melihat Mothra dalam 2 kartu yang berbeda dan salah satunya adalah Exclusive Japanese Release. Selain mereka berdua, nama-nama lain akan mencangkup dari King Ghidorah, Space Godzilla (dalam dua versi), Mecha Godzilla (Japanese exclusive), Gigan, Rodan, King Caesar (muncul dalam dua kartu berbeda), Baby Godzilla, Dorat, Destoroyah, Anguirus, Biollante, dan Battra (Japanese exclusive).

Godzilla di Dunia Magic: The Gathering Terbaru - Otaku Mobileague
Para Kaijuu yang akan muncul di seri ini

Satu hal lagi fakta menarik mengenai kartu dalam seri ini adalah keberadaan tiga versi Space Godzilla, walaupun memiliki dua jenis. Adanya keberadaan tiga versi kartu ini adalah merupakan respon terhadap pandemic virus Corona yang saat ini sedang berlangsung. Salah satu dari versi yang ada, tadinya akan bernama Spacegodzilla, Death Corona, mengambil dari jurus Corona Beam yang merupakan salah satu serangan Kaiju tersebut. Namun, dengan semakin parahnya situasi dunia di tengah pandemik ini, Wizards of the Coast memutuskan untuk mengganti nama Death Corona menjadi Void Invader bagi printing kedua dan seterusnya. Untuk print pertama sendiri, dikarenakan pencetakannya sudah selesai pada akhir tahun lalu, maka akan tetap memakai nama Death Corona, yang dengan ini menjadikan jumlah collectible cardnya sebanyak 20 buah secara fakta.

Perubahan untuk kartu Space Godzilla
Perbedaan 1st Print dan setelahnya

Jadi, bagaimana Mobidachi, terutama kalian para penggemar Kaiju, apakah kalian excited dengan news ini? Bagaimana menurut kalian mengenai kartu-kartu Godzilla Series ini? Apakah ini suatu collectible yang menarik untuk dikoleksi? Tuliskan komen kalian di bawah ya.

(Visited 480 times, 1 visits today)
Baca juga  Kamen Rider Gaim Mengingatkan Kita Semua

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x