Trivia AnimePop Culture

Mengenal Isi Dunia Yang Ada Dalam Cerita Dungeon Meshi

Mengingat cerita Dungeon Meshi dikenal dengan petualangannya, maka tidak berlebihan jika petualangan ini memiliki tujuan yang banyak juga tempat yang begitu luas tiap misinya. Mari kita kenalkan dulu lokasi mana saja yang ada dalam cerita Dungeon Meshi kali ini.

Pentingnya lokasi dalam cerita Dungeon Meshi ini sangat berguna untuk mengetahui lokasi asal karakter dan juga tujuan misi tertentu dalam membangun cerita. Dungeon Meshi begitu lengkap menyajikan lokasi disini beserta bagaimana lokasi tersebut memberikan informasi penting pengembangan karakter hingga lokasi monster berada dalam Dungeon Meshi tersebut.

Hari ini kita akan memperkenalkan satu persatu lokasi dalam cerita Dungeon Meshi berdasarkan anime juga manga yang telah diceritakan, dan kita langsung simak saja ulasan lengkap dari lokasi dalam cerita Dungeon Meshi disini.

Perjalanan Kita Mulai Dari Dungeon

Dungeon Meshi
Ilustrasi pembuka bagian pertama manga Dungeon Meshi

Ruang bawah tanah dalam Dungeon Meshi pada awalnya dibuat oleh masyarakat terdahulu dalam proses menuju dimensi alternatif untuk mendapatkan energi yang tak terbatas untuk mencegah makhluk dari dimensi tersebut mencapai dunia luar. Saat ini, sebagian besar dungeon adalah reruntuhan kuno, meskipun beberapa di antaranya terbentuk secara alami. Para penyihir dapat mempelajari teknik membuat ruang bawah tanah di sekolah, meskipun hal ini cukup sulit.

Dungeon/Ruang bawah tanah selalu memiliki koneksi ke dunia luar, jika tidak, aliran energi sihir akan terputus. Energi magis jarang ditemukan di pintu masuk penjara bawah tanah. Mantra tampak lebih kuat dari biasanya saat diucapkan di dalam dungeon.

Berbagai wilayah bawah tanah dalam cerita Dungeon Meshi ini terbagi jadi tiga:

1. Wilayah Dwarf

Dungeon Meshi
Para kurcaci

Dwarf yang dimaksud adalah mereka yang menjadi kurcaci prajurit atau ksatria.

2. Wilayah Gnome

Dungeon Meshi
Para jembalang

Dihuni oleh para Gnome atau kurcaci kalangan sipil juga penyihir.

3. Wilayah Campuran

Dungeon Meshi
Manusia dan Dwarf berdampingan

Wilayah ini dihuni gabungan dari manusia dengan para kurcaci.

Pembagian tingkatan ruang bawah tanah (Dungeon) di Dungeon Meshi

Dungeon Meshi ini ada tingkatan dalam ruang bawah tanah terbagi 5 bagian. Tingkatan ini disebut Stages of Maturity, rincian tingkatan tersebut adalah:

Level 1: Tahap awal ketika ruang bawah tanah ditemukan.

Level 2: Ada sesuatu yang berharga ditemukan, menghasilkan peningkatan jumlah peneliti dan petualang di area tersebut, membawa perdagangan dan kemakmuran ke kota-kota terdekat.

Level 3: Lokasi ruang bawah tanah dieksplorasi ke tingkat yang lebih dalam dan keuntungan yang diperoleh dari tingkat atas berkurang, dengan petualang terampil menuju lebih dalam untuk mencari nafkah dan penurunan jumlah petualang baru.

Level 4: Dimana tata letak bagian dalam penjara bawah tanah berubah, dengan monster yang lebih kuat muncul dan barang-barang berharga sekali lagi ditemukan di level atas. Ini adalah titik di mana Canaries (kumpulan peri) ingin menghentikan ekspansi penjara bawah tanah.

Level 5: Ketika monster menjadi terlalu banyak untuk dihancurkan dan tumpah ke permukaan, menyebabkan kehancuran massal.

Baca juga  10 Fakta Kiyotaka Ayanokouji, Si Jenius di Classroom of the Elite

Memasuki Pulau Bernama The Island

Dungeon Meshi
Kawasan hutan lantai kedua 

Dungeon Meshi menyajikan lokasi sekaligus latar tempat yang begitu luas untuk dijelajahi, kali ini kita akan jelajah isi pulau bernama The Island dalam cerita Dungeon Meshi ini. Di pulau ini terdapat Governor’s Mansion, Main Street dan Desa Merini. Main Street atau jalan utama memiliki ruang makan umum dengan makanan yang murah. Ada juga setidaknya satu kedai minuman lain di pulau ini.

Kawasan bawah tanah terletak di dekat Desa Merini. Di dekat penjara bawah tanah, terdapat pusat kebangkitan lokal yang terletak di bawah kuil. Tetapi, sejarah pulau ini di Dungeon Meshi cukup menarik. Di masa lalu, pulau ini adalah milik para peri, kurcaci, dan manusia tinggi, yang semuanya menyebutnya dengan berbagai nama, tetapi sekarang hanya dikenal sebagai ‘Pulau’. Suatu hari, terjadi perang antara peri dan kurcaci (dan jembalang) yang membelah pulau ini menjadi bagian timur dan barat, dan para kurcaci menggunakan terowongan di bawah tanah untuk bersembunyi. Setelah perang, para kurcaci terus menggali terowongan mereka dan akhirnya menemukan penjara bawah tanah.

Kawasan bawah tanah di pulau ini konon diciptakan oleh Penyihir Gila atau Lunatic Magician, yang menyegel sebuah negara yang dulunya sangat indah dan dilengkapi dengan kastil emas. Terdapat ukiran Elf di dinding pembatas ruang bawah tanah, semuanya dengan tulisan tangan yang sama, yang menunjukkan bahwa Penyihir Gila kemungkinan besar adalah termasuk bagian ras Elf.

Dungeon Meshi
Marcielle adalah Salah satu ras Elf

Ekosistem dunia bawah tanah dalam cerita Dungeon Meshi rupanya dapat memperhitungkan kekalahan monster oleh para petualang, karena tanpa mereka, monster-monster itu akan tumpah ke permukaan. Karena kemampuan misterius untuk membangkitkan orang mati di dalam ruang bawah tanah, ada teori bahwa ada mantra keabadian yang dilemparkan ke ruang bawah tanah yang dapat mengikat jiwa ke tubuh, dan pengetahuan tentang cara kerjanya sangat berharga.

Area di atas ruang bawah tanah ini dulunya merupakan daerah penghasil zaitun. Saat ini, tidak ada lagi harta karun di tiga lantai teratas, ditambah dengan peningkatan jumlah para makhluk kelas bawah dan kemunculan para orc di lantai yang lebih tinggi dari yang terlihat sebelumnya.

Pada cerita Dungeon Meshi, sebuah pulau ini memiliki kawasan bawah tanah atau disebut Dungeon. Dalam kawasan ini terdapat beberapa zona dari permukaan hingga zona khusus para peri bahkan Penyihir Gila tersebut.

a. Lantai 1

Lantai teratas dari ruang bawah tanah. Dulunya merupakan kuburan yang berdekatan dengan Desa Merini, penemuan ruang bawah tanah ini membuat area tersebut dipenuhi oleh para pedagang dan petualang. Ada penjual manuskrip dan dupa, serta banyak kios makanan. Ada juga pasar budak setengah manusia.

Ternyata dalam lantai teratas ini dihuni beberapa makhluk seperti Jamur Berjalan, Kalajengking Raksasa, dan Lendir hidup bisa kita jumpai pada cerita Dungeon Meshi.

Dungeon Meshi
Ilustrasi penghuni lantai atas, Jamur Berjalan

b. Lantai 2

Saatnya kita berjalan menuju lantai kedua dari cerita Dungeon Meshi. Lantainya dipenuhi dengan pepohonan tinggi dan menara, yang dihubungkan oleh jembatan kayu. Ada teori bahwa area ini adalah puncak Kastil Emas yang disegel oleh Penyihir Gila.

Lantai 2 dihuni oleh berbagai makhluk juga seperti Big Bat, Basilisk, Mandrake, Tikus raksasa, Hantu hutan, Tumbuhan pemakan manusia dan Zirah hidup.

Dungeon Meshi
Sosok Basilisk

c. Lantai 3

Kita memasuki lantai ketiga dari cerita Dungeon Meshi, dimana ini adalah pintu masuk menuju Kastil Emas. Sangat disayangkan justru pintu masuk ini berjamur dan tertutup debu. Langkah kaki dapat terdengar, tetapi tidak jelas apakah itu adalah langkah kaki sesama petualang atau mayat hidup. Sebagian besar monster di lantai ini adalah mayat hidup, membusuk atau tinggal kerangka. Terdapat air mancur berbentuk kepala singa di seluruh lantai. Ada juga toilet di area yang lebih ramai, yang telah dikelola oleh Senshi selama bertahun-tahun. 

Baca juga  7 Fakta yang Wajib Kamu Tahu Tentang Suguru Geto dari Jujutsu Kaisen

Kamp pusat Senshi terletak di sini. Ada juga pedagang di tingkat ini, tetapi pelanggan mereka cenderung tertutup. Makhluk yang hidup dilantai 3 ini termasuk Golems, Ghouls, Tengkorak, Hantu, Serangga Harta Karun, Lukisan Hidup dan Makhluk Peniru.

Dungeon Meshi
Sosok Golems

d. Lantai 4

Tidak terasa perjalanan menyusuri kawasan ini dalam Dungeon Meshi sampai ke lantai keempat. Bagian bawahnya adalah sebuah gua yang terdiri dari kastil dan danau bawah tanah. Airnya telah menyerap energi magis dan bersinar redup. Di dasar danau adalah kota kastil.

Dungeon Meshi
Ilustrasi Kraken

Seperti foto diatas tadi, itu adalah sosok makhluk penghuni lantai 4 bernama Kraken atau gurita raksasa. Selain gurita raksasa ini, ada sejumlah makhluk penghuni lantai 4 dalam Dungeon Meshi ini seperti Kelpie, Mermen, Putri Duyung, Bladefish, Undine, Lendir, Tentakel, Katak raksasa dan Ular laut.

e. Lantai 5

Kita memasuki area sangat dalam di Dungeon Meshi ini, ini adalah awal dari kawasan terdalam dari area bawah tanah yaitu lantai kelima. Pintu keluar Kastil Emas dan pintu masuk ke kota puri, yang berisi bukti kemegahan masa lalu. Jalanan sering kali secara ajaib berubah sendiri, sehingga menyulitkan navigasi. Bekas rumah para orc terletak di sini. Ada kuburan yang ditumbuhi tanaman yang melekat pada kota yang dihuni oleh ras Dryad.

Dungeon Meshi
Momen Laios menemukan ras Dryad

Selain ras Dryad, ada juga makhluk penghuni lantai 5 seperti Wargs, Mandrake, Naga Merah, Cockatrice, Harpies, dan Para Pembersih.

f. Lantai 6 hingga lantai dasar

Ada juga lantai keenam ini merupakan jaringan saluran air bawah tanah yang dibangun menggunakan terowongan tambang para kurcaci. Disebutkan bahwa sebagian besar monster di lantai ini menggunakan serangan roh. Lantai ini dulunya panas dan lembab, tetapi sekarang dingin dan bersalju.

Lantai 6 dari Dungeon Meshi diisi oleh berbagai makhluk seperti Gargoyle, Barometz, Serigala, Hippogriff, Shapesifter, dan arwah gentayangan dari Kastil Emas.

Dungeon Meshi
Ilustrasi Gargoyle

Menariknya, dalam Dungeon Meshi justru makhluk ini mengisi lantai paling bawah dari dunia bawah tanah. Sampai kita ke lantai dasar dimana sebuah situs benteng pertahanan kurcaci tua, penuh dengan pipa, mesin, dan peralatan mekanis yang terletak di depan pintu besar tanpa kunci yang terlihat. Lantainya cukup hangat. Lebih jauh ke depan adalah kota kurcaci kuno, yang dipahat dari sisi tebing, dengan jamur raksasa yang tumbuh di beberapa area.

Menuju Pulau Utaya

Dungeon Meshi
Kabru sang pimpinan dari para petualang dari Utaya

Utaya merupakan sebuah desa dekat dunia bawah tanah dalam cerita Dungeon Meshi. Letaknya jauh di sebelah timur pulau, di Benua Barat. Lima belas tahun lalu, dunia bawah tanah di dekatnya runtuh dan desa itu hancur dalam kekacauan berikutnya. 

Ada banyak korban jiwa di desa tersebut, termasuk para prajurit Elf yang datang untuk membantu, dengan mereka yang tewas berubah menjadi monster dan memakan yang masih hidup. Salah satunya Kabru ini.

Mengenal Beberapa Benua

Dungeon Meshi
Ilustrasi peta memuat beberapa benua

Dungeon Meshi memiliki kawasan yang dibagi beberapa benua seperti foto diatas. Selain dari The Island. Ada benua dimana para karakter ini berasal juga ini memiliki kawasan yang begitu penting bagi petualang.

Baca juga  Lingkar VTuber Hanayori Joshi Ryou Mengumumkan Pembubaran Manajemen

1. Benua Utara

Dungeon Meshi
Benua Utara adalah tempat kelahiran Laios

Terletak di timur laut latar utama cerita Dungeon Meshi, benua utara adalah benua yang sangat dingin di mana lebih dari separuh pulau ini tertutup salju yang tidak pernah berhenti. Mayoritas penduduknya adalah kaum yang berumur pendek, dan sebagian lagi bertubuh tinggi, tetapi populasinya tidak terlalu besar. Hal ini sangat dipengaruhi oleh keberadaan para kurcaci. Tokoh yang lahir dari benua ini adalah Laios, Falin, Marcille Donato, Rin, dan Doni.

2. Kepulauan Timur

Dungeon Meshi
Shuro (kiri) adalah salah satu tokoh dari Kepulauan Timur

Terletak di lautan di sebelah tenggara, kepulauan timur terdiri dari sejumlah pulau. Pulau-pulau tersebut dihuni oleh kaum berumur pendek, dan sebagai hasil dari sebuah kesepakatan, tidak ada gangguan dari kaum berumur panjang untuk waktu yang sangat lama. Efek dari perang kuno tidak terlalu besar, dan mereka hampir tidak memiliki masalah dengan monster atau ruang bawah tanah, tetapi ada perselisihan yang terus-menerus di antara manusia. Uniknya, mereka punya budaya sendiri. 

Shuro merupakan tokoh Dungeon Meshi yang berasal dari kepulauan ini. Menurutnya, ada perang saudara dan peperangan yang terus-menerus terjadi di antara penduduk. Rin juga menyebutkan bahwa mereka yang tinggal di daerah yang berbeda di Kepulauan Timur mungkin tidak dapat memahami bahasa satu sama lain. 

Selain itu, sangat sedikit orang dari ras yang berumur panjang yang tinggal di sana. Tokoh yang berasal dari kepulauan timur ini selain Shuro adalah Izutsumi, Maizuru, Hien, Benichidori dan Inutade.

3. Benua Selatan

Dungeon Meshi
Holm (tengah) merupakan tokoh yang berasal dari Benua Selatan

Terletak di sebelah selatan, Benua Selatan adalah rumah bagi kota kurcaci terbesar. Bangsa jembalang dan kurcaci sering kali membangun dari bawah ke atas, dan lapisan paling dalam yang amat dangkal. Perang sering meletus, dan ada perselisihan yang tidak pernah berakhir di dekat perbatasan. Hanya Holm tokoh dari Dungeon Meshi yang lahir dari benua selatan.

4. Benua Tengah Utara

Terletak di sebelah barat, Benua Tengah Utara adalah rumah bagi bangsa terbesar, yang diperintah oleh Ratu Peri. Sebagian besar elf dari benua ini disebut sebagai “Peri Barat”.

Ketujuh peri tersebut bernama Mithrun, Pattadol, Cithis, Otta, Milsril, Fionil dan Flamela sebagai penghuni benua ini.

Dungeon Meshi
Para Ratu Elf

5. Benua Tengah Selatan

Terletak di sebelah barat, Benua Tengah Selatan adalah negara Elf terbesar kedua dalam cerita Dungeon Meshi, setelah Benua Tengah Utara. Benua ini memiliki lebih banyak imigrasi masuk menuju ke sana daripada Benua Tengah Utara dan memiliki suasana yang agak tidak teratur. 

Meskipun kedua benua tersebut berada dalam sebuah aliansi, namun hubungan mereka tidak baik. Benua ini sebagai tempat lahirnya dua tokoh bernama Fleki dan Lycion.

Mengenal Isi Dunia Yang Ada Dalam Cerita Dungeon Meshi - Otaku Mobileague
Ilustrasi Fleki tokoh dari Benua Tengah Selatan

6. Benua Timur

Terletak di sebelah selatan, Benua Timur adalah rumah bagi bangsa jembalang terbesar. Pada suatu masa, kurcaci dan jembalang merupakan mayoritas penghuni, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi gelombang masuknya kaum berumur pendek dari Benua Utara dan Kepulauan Timur, dan populasinya tumbuh dengan cepat.

Tokoh yang berasal dari benua ini adalah Senshi, Namari, Chilchuck Tims, Daya, Gillin, Mickbell, Invar, Brigan, Mr. Tance, Mrs. Tance, Totan, Noor, dan Delgal.

Dungeon Meshi
Senshi salah satu tokoh berasal dari Benua Timur

Kesimpulan

Sangat panjang sekali perjalanan kita kali ini menjelajahi tempat di dunia Dungeon Meshi ini. Dimana cerita ini begitu lengkap menggambarkan satu persatu wilayah yang dihuni petualang hingga berbagai makhluk aneh.

Sangat menarik untuk mengikuti cerita Dungeon Meshi ini baik yang sudah membaca lewat manga atau yang baru ikuti animenya. Berhubung anime Dungeon Meshi tayang tahun ini, kalian bisa nikmati lewat layanan streaming legal disini:

Sumber:

(Visited 28 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.