VTuber CornerPop Culture

Nijisanji Mirei Gundou Kena Skorsing Karena Tweet Tentang Baseball

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

“Karena ketidaktahuannya akan permainan baseball, cuitan Mirei Gundou membuatnya terkena skorsing dari Nijisanji”

VTuber atau Virtual YouTuber telah menjadi fenomena populer dalam beberapa tahun terakhir di Jepang dan di seluruh dunia. VTuber menawarkan pengalaman hiburan yang unik karena penggemar dapat berinteraksi dengan karakter virtual secara langsung. Semakin naiknya popularitas profesi VTuber pun merambat tidak hanya ke komunitas penggemar, namun juga ke ranah umum. Bahkan belakangan ini, banyak VTuber yang tidak lagi dipandang sebelah mata dan mendapatkan pengakuan dari masyarakat mainstream. Oleh karena itu, VTuber kini tidak hanya bertugas sebagai entertainer, tetapi juga perlu memiliki perilaku yang baik secara umum.

Berbicara tentang perilaku, belum lama ini salah satu ex-talenta dari agensi VTuber besar asal Jepang Nijisanji, Zaion LanZa, mendapatkan konsekuensi pemecatan sebagai talenta karena memiliki perilaku yang kurang baik. Tidak lama dari kabar pemecetan ini, lagi-lagi Nijisanji memberikan kabar yang kurang menyenangkan yakni pemberlakuan skorsing pada salah satu talentanya, Mirei Gundou.

Melakukan Live Tweet Tentang Permainan Baseball 

Nijisanji Mirei Gundou Kena Skorsing Karena Tweet Tentang Baseball - Otaku Mobileague

Tepat pada tanggal 22 Maret 2023 kemarin, Mirei Gundou melakukan live tweet yang membahas seputar baseball. Dan disaat yang sama, Jepang memenangkan 2023 World Baseball Classic, dengan skor 3-2 atas Amerika Serikat. Cuitan yang diunggah oleh Mirei mempertanyakan tentang permainan baseball, dan juga memperlihatkan bahwa sang VTuber ini kurang memahami peraturan dan juga permainan baseball secara umum, sehingga para penggemar pun menjelaskan berbagai hal seputar baseball ke VTuber tersebut.

Baca juga  5 Virtual YouTuber alias VTuber yang Sukses Mencapai 1 Juta Subscriber di Tahun 2022

Jika diperhatikan sekilas dari utasnya, memang tweet yang diunggah oleh Mirei tidak memiliki kesan harmful ataupun merendahkan satu pihak. Namun sayangnya, para penggemar baseball memiliki pendapat yang lain dan berkata bahwa cuitan-cuitan tersebut tidaklah pantas untuk diunggah.

Cuitan Mirei Sampai di Bahas di Media Jepang

Nijisanji Mirei Gundou

Dari tanggapan para penggemar baseball mengenai tweet Mirei, berujung pada salah satu media sports besar di Jepang yang meliput terkait tweet Mirei ini. Dijelaskan juga bahwa Mirei telah mengutarakan permintaan maaf atas tweet nya yang terkesan ‘inappropriate’, namun ia juga mengatakan bahwa ini pertama kalinya ia menonton pertandingan baseball dan ia merasa senang menontonnya.

Nijisanji Memberikan Pernyataan Resmi

Nijisanji

Tidak lama setelah kejadian tweet ini, Nijisanji pun mengeluarkan pengumuman mengenai diskorsnya VTuber Mirei Gundou. Pada pengumuman tersebut, pihak Nijisanji meminta maaf kepada penggemar, dan juga penggemar baseball, atas perkataan yang dilontarkan Mirei Gundou yang dianggap kurang pantas. Namun, jika melihat dari pengumuman yang diunggah, alasan skorsing Mirei tidak serupa karena tweetnya saja, tetapi juga karena beberapa kasus yang terjadi dan larangan dari Nijisanji yang tidak diindahkan oleh sang VTuber. Per tanggal 23 Maret 2023 pun aktivitas Mirei ditangguhkan sementara. Belum ada informasi kapan skorsing VTuber ini berakhir.

Banyak Penggemar yang Kebingungan Atas Alasan Skorsing VTuber Tersebut

Nijisanji Mirei Gundou

Setelah pengumuman resmi dari Nijisanji ditayangkan, penggemar pun memberikan respon yang beragam dan juga tidak sedikit yang merasa heran atas keputusan Nijisanji men-skors talentanya perihal cuitan yang, bagi mereka, tidaklah memiliki intensi buruk. Ada penggemar yang berpendapat bahwa seharusnya permintaan maaf saja sudah cukup, dan tidak perlu sampai melakukan skorsing pada VTubernya. Ada juga yang beropini bahwa tweet Mirei tidaklah menimbulkan masalah yang begitu besar hingga ia sampai terkena skorsing.

Perihal Permainan Baseball dan Nijisanji

Nijisanji

Jika tidak sedikit penggemar yang beranggapan bahwa Nijisanji ‘berlebihan’ dalam menindak talentanya hanya karena cuitan seputar baseballnya, namun perlu diketahui juga bahwa Nijisanji tampak sangat mementingkan hal seputar baseball dan memiliki kaitan dengan olahraga satu ini. Nijisanji disponsor oleh salah satu game baseball yang populer, yaitu Central League. Tidak hanya itu, acara terbesar Nijisanji adalah Nijisanji Koshien, yang merupakan event multi-stream dari para talenta Nijisanji yang memainkan game baseball, event ini juga sangat populer di kalangan komunitas penggemar Jepang. Oleh karena itu, dapat diasumsikan bahwa dari pihak agensi memang mempunyai perhatian lebih khusus terhadap hal-hal seputar olahraga baseball.

Baca juga  Kelanjutan Project Kizuna Ai, Anime Kizuna No Allele Rilis Trailer Pertama. Dijadwalkan Tayang Pada Tahun 2023!

Meskipun begitu, sang talenta, Mirei Gundou, juga telah mengutarakan permintaan maafnya atas tweet yang ia unggah, dan ia juga menyatakan bahwa tweet yang ia tidak memiliki intensi buruk dari tweet-tweet tersebut.

Itulah tadi informasi mengenai diskorsnya Mirei Gundou dari Nijisanji. Semoga kedepannya, semua pihak dapat bertindak lebih bijaksana ya!
Ikuti informasi lebih lanjut tentang VTuber hanya di otaku.mobileague

(Visited 109 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.