Donasi Super Chat VTuber Pakai Mata Uang Argentina, Motif Kirim Pesan Kebencian?

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Katanya digunakan Hater untuk kirim Super Chat merah tanpa rogoh duit banyak

Bagi penggemar yang menyukai dunia per VTuber-an, mungkin istilah super chat sudah tidak asing lagi didengar. Super Chat adalah sebuah fitur dari YouTube untuk penonton agar dapat berinteraksi dengan kreator selama live chat. fitur tersebut membuat pesan yang dikirim oleh penonton menjadi lebih tersorot karena warnanya yang berbeda, dan fitur ini dapat dibeli saat siaran berlangsung dengan harga yang variatif.

Namun, belakangan ini terjadi suatu fenomena mengenai Super Chat dengan opsi mata uang pembayaran yang digunakan, bahkan fans dan VTuber turut membagikan pendapat mereka di sosial media Twitter mengenai hal ini. Berikut beberapa informasi mengenai Super Chat dan apa masalahnya dengan mata uang Argentina

Memiliki Berbagai Mata uang untuk Super Chat

Illustrasi superchat di siaran Kobo Kanaeru
Illustrasi superchat di siaran Kobo Kanaeru

Fitur Super Chat pertama kali dirilis pada Februari 2017 dan semakin populer tiap tahunnya di kalangan streamer YouTube. Fitur ini memberikan kemudahan untuk para penonton memberikan donasi dan β€˜di notice’ oleh YouTuber yang sedang live. Semakin besar nominal uang yang diberikan, makan semakin lama pesan yang dikirim terlihat di layar YouTuber. Bahkan, per akhir bulan Juni 2022 lalu, fitur ini sudah dapat digunakan dengan mata uang Rupiah dan nominal minimal untuk donasi sebesar Rp 10,000 saja. 

Selain Rupiah, ada banyak mata uang yang bisa digunakan pada fitur ini, memudahkan penggemar dari berbagai negara yang ingin melakukan donasi pada streamer favoritnya. mata uang yang tersedia selain Rupiah mulai dari USD, Ringgit Malaysia, Real Brazil, Argentina Peso, dan banyak lainnya. Argentina Peso dan banyak lainnya. Dari banyaknya mata uang yang tersedia, tentu terdapat perbedaan jumlah minimal donasi super chat dari satu mata uang ke mata uang lainnya. Salah satunya Argentine Peso atau ARS yang sempat menuai konflik di dunia per VTuber-an.

Baca juga  Honma Himawari Mulai Membuat Animasi Skit Berseri Singkat Nijisanji

Masalah Pajak Ketika Berdonasi Mata Uang ARS

Illustrasi Red Superchat di siaran VTuber Ike Eveland
Illustrasi Red Superchat di siaran VTuber Ike Eveland

Jika seseorang yang tinggal di Argentina dan hendak melakukan donasi dengan mata uang ARS ke VTuber favoritnya tentu bukanlah masalah, namun apa yang terjadi apabila orang di luar Argentina yang melakukannya?

Mungkin terasa sepele, namun nyatanya tidaklah demikian. ARS merupakan mata uang yang fluktuatif, hal ini disebabkan stagnasi gabungan dan inflasi yang mempengaruhi perekonomian negara tersebut. Bahkan sekarang, 1 USD kurang lebih setara dengan 176 ARS. Saat penonton ingin melakukan donasi dengan nominal tinggi (Red Super Chat) biasanya mereka perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah, namun, nominal minimal untuk mengirim Red Super Chat dalam mata uang ARS sekitar ARS 1000 yang dalam USD hanya berkisar 6 USD atau sekitar 90 ribu rupiah. 

Namun, apabila orang luar Argentina yang menggunakan VPN memberikan Red Super Chat dalam mata uang ARS maka orang tersebut tidak membayar pajak Argentina, sementara para penduduk Argentina perlu membayar biaya pajak hingga 90% dari base price.

Kerap Menjadi Motif Mengirim Pesan Kebencian

Illustrasti deretan Superchat yang dikirim pada siaran Tsukumo Sana
Illustrasti deretan Superchat yang dikirim pada siaran Tsukumo Sana

Karena nominal Red Super Chat yang relatif lebih murah dalam mata uang ARS, terdapat oknum-oknum nakal yang menyalahgunakan hal ini. Bahkan, ARS Red Super Chat juga sempat kerap kali menjadi sarana para haters untuk mengirimkan pesan kebencian secara langsung ke streamer yang sedang melakukan siaran. Ditambah lagi, Red Super Chat merupakan kategori Super Chat termahal dan pesan yang dikirim dengan Red Super Chat disorot hingga 5 jam. Tentunya hal ini adalah perbuatan tidak baik untuk dilakukan pada streamer dan juga mengganggu komunitas penggemarnya. Sayangnya, beberapa VTuber juga pernah menjadi korban tindakan Red Super Chat ARS berkedok kebencian di siarannya. 

Baca juga  Kelulusan 6 Talenta Hololive CN Resmi Dijadwalkan oleh Cover

Tanggapan Fans dan VTuber

Pengumuman Peraturan Baru dari VTuber Vox Akuma
Pengumuman Peraturan Baru dari VTuber Vox Akuma


Salah satu VTuber yang merespon fenomena ini, adalah VTuber dari NIJISANJI EN, Vox Akuma. Dirinya membuat peraturan baru untuk menangani situasi ini. Pada tanggal 5 Desember 2022 lalu, Vox menulis dalam akun twitternya bahwa ARS Super Chat pada stream-nya hanya boleh diberikan oleh penduduk Argentina. Tidak hanya sang VTuber, penggemar VTuber lain pun juga mengedukasi komunitas untuk tidak memberikan Super Chat dengan kurensi ARS karena situasi perekonomian Argentina yang sedang sulit, serta mencegah terjadi nya Super Chat yang berisi pesan kebencian tersebar di komunitas VTuber.

Dengan penyampaian tersebut oleh Vox Akuma, fans merasa lega karena setidaknya Vox tidak ingin adanya penyalahgunaan mata uang negara lain yang dapat mempengaruhi perekonomian mereka secara negatif dan kembali menekankan bahwa para hater tidak memiliki tempat dalam komunitas yang Vox bangun.

Itulah tadi Artikel tentang penyalahgunaan Super Chat menggunakan mata uang Argentina yang kerap digunakan untuk sarana penyampaian pesan kebencian dari Hater.Khususnya orang Indonesia sudah tidak punya alasan lagi untuk menggunakan mata uang asing dalam mendukung VTuber favorit mereka semenjak mata uang Rupiah telah dimasukkan dalam mata uang bisa digunakan untuk ber-super chat ria di YouTube.
Baca juga artikel Mini Konser Holoearth oleh Calli dan Azki

(Visited 28 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.