VTuber CornerNews

Event Award Top Konten Kreator BStation Dituduh Men-doxxing (VTuber) VCreator mereka

Begitu diketahui salah satu top konten kreator yang memenangkan penghargaan merupakan seorang VTuber, netizen menuduh pihak Bstation tidak profesional karena tidak meminta konsen konten kreator VTuber (yang disebut VCreator oleh mereka), padahal…

Acara penganugerahan award Bstation yang diadakan di Senggara Ancol pada tanggal 28 Januari 2023 kemarin sempat memicu reaksi negatif dari para netizen. Pasalnya beredar kabar bahwa pihak BStation menampilkan wajah identitas konten kreator VCreator mereka untuk naik keatas panggung menerima award dari pihak penyelenggara, Bstation.

Berikut adalah hasil ulasan kami mengenai tuduhan doxxing massal oleh BStation, serta tanggapan dari perwakilan BStation dan VCreator yang terlibat dalam acara tersebut.

Anonimitas adalah hal tradisional yang masih dianggap penting sebagai VTuber

Seperti yang diketahui secara umum, rerata VTuber adalah konten kreator yang tampil secara anonim menggunakan avatar 2D milik mereka. Hal tersebut merupakan alasan tradisional yang membedakan VTuber dengan konten kreator lainnya yang tampil tanpa Avatar. Kemunculan konten kreator VTuber Bstation keatas panggung mengundang pertanyaan bagi para netizen akan pemahaman panitia acara tersebut mengenai pentingnya anonimitas VTuber agar tidak menampilkan penampakan sang konten kreator ke muka umum.

vcreator Bstation
hujatan Doxxing pada kolom komentar siaran langsung

Netizen yang mengetahui identitas khas seorang VTuber adalah anonimitas, kontan kaget dengan jalan acara penyerahan hadiah yang memanggil VCreator, VTuber afiliasi Bstation untuk naik keatas panggung menjadi perwakilan pemenang, memberikan hujatan secara online kepada Panitia BStation.

Kenyataannya sudah dapat ijin dari para VCreator pemenang Penghargaan

Namun, diklarifikasi oleh salah VTuber Aluna Diva, bahwa VCreator yang naik keatas panggung sudah setuju untuk naik dan tampil diatas panggung. Dirinya memperjelas kembali acara BStation tersebut sembari mengklarifikasi bahwa pemanggilan VCreator yang tampil sudah berdasarkan konsen dari masing-masing Vcreator.

Dirinya juga memberikan bukti tambahan yakni rekaman percakapan WA antara Aluna Diva dengan pemenang ke-2 Top Konten creator Bstation, Aria Galaksia

Pihak Bstation telah meminta ijin kepada para perwakilan tiap pemenang award untuk naik keatas panggung, dan para perwakilan disinyalir tidak keberatan tampil memamerkan wajah dibalik avatar mereka.

Baca juga  7 VTuber Besar yang Graduate di Tahun 2022

Lebih lengkapnya lagi, kami juga berkesempatan menanyakan perihal ini dengan Community Manager Bstation, Damar Bahbah, beliau menyampaikan bahwa pihak BStation bahwa para talent VCreator yang tampil sudah dimintai Ijin, bahkan ditawarkan mengenakan Topeng, Masker atau menggunakan Video saja saat dipanggil.

Tidak adanya pemberitahuan publik

Adapun kemunculan tuduhan doxxing ini dikarenakan kurangnya inisiatif dari BStation untuk mengumumkan bahwa para VTuber alias VCreator Bstation yang tampil adalah mereka yang bersedia tampil secara umum dan sudah memberikan ijin untuk tampil ke panggung acara. Seandainya sudah ada pemberitahuan umum dari awal, kontroversi tuduhan ini bisa cepat diredakan sebelum membesar.

Itulah tadi artikel kami mengenai tuduhan doxxing massal VTuber oleh Bstation, Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai acara Penghargaan Top Konten Creator BStation di Ancol bisa membaca artikel ini.

(Visited 114 times, 2 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.