2 Game Pokemon Medallion: Kumpulkan dan Adu!

Pokemon Medallion adalah produk collectible terbaru yang bisa kalian dapatkan jika membeli choki-choki dengan bungkus bergambar Pokemon. Berjumlah 160 jenis Pokemon yang bisa dikumpulkan, Pokemon Medallion juga merupakan sebuah permainan yang cukup mudah untuk dipelajari.

Pokemon Medallion sendiri merupakan bentuk fisik dari game facebook berjudul sama. Dalam game ini, setiap pemain akan mengadu tim Pokemon Medallion yang dimilikinya dan siapa yang menang paling banyak akan memenangkan pertarungan itu. Pokemon di game ini dibagi menjadi 3 macam kategori, yaitu Normal Ball (merah), Great Ball (biru), dan Ultra Ball (kuning). Selain itu, seluruh Pokemon juga dibagi menjadi 7 grup elemen, yaitu Grass, Fire, Water, Lightning, Psychic, Fighting, dan Colorless.

Tiga Tipe Pokemon Medallion
Tiga Tipe Medallion

Dasar Permainan Pokemon Medallion

Untuk cara bermainnya, ada dua mode yang bisa dimainkan menurut peraturan official, yaitu simple dan full. Untuk permainan simple, setiap pemain cukup membawa 3 buah pokemon dalam satu teamnya. Susunan Pokemon yang dibawa pun bebas, dan tidak terikat aturan peraturan full. Sedangkan dalam peraturan full, setiap pemain harus membawa satu team berisi 6 pokemon dengan syarat-syarat tambahan mengenai komposisi team tersebut.

Dalam komposisi team enam medallion, pemain hanya boleh membawa 2 buah Pokemon dengan nama yang sama. Selain itu, setiap pemain hanya boleh membawa maksimum dua buah tipe Great Ball dan dua buah tipe Ultra Ball. Jika pemain memutuskan untuk mengganti satu tipe Great Ball di teamnya, sedangkan sudah ada dua Ultra Ball, maka pemain tersebut hanya boleh menggantinya menggunakan Great Ball atau Normal Ball. Hal yang sama juga diterapkan sebaliknya jika akan mengganti satu Ultra Ball, di mana sudah ada dua Great Ball. Untuk tipe Normal Ball sendiri, jumlahnya bebas boleh berapa saja dan tidak ada Batasan maksimum.

Panduan Komposisi Pokemon Medallion
Komposisi 6 Medallion Team

Langkah Setiap Turn

Dalam setiap permainan Pokemon, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti.

  • Setiap pemain pertama-tama menaruh semua Pokemonnya dalam keadaan tertutup dalam posisi horizontal.
  • Kedua pemain lalu melakukan suit, dan pemenangnya akan menjadi pemain pertama.
  • Pemain pertama lalu menaruh satu Pokemon dalam keadaan tertutup dan selanjutnya pemain kedua melakukan yang hal sama.
  • Kedua pemain kemudian memperlihatkan Pokemon yang mereka pilih secara bersamaan.
  • Setiap pemain lalu membandingkan CP dari masing-masing pokemon yang dipakainya di turn itu.
  • Yang CPnya lebih besar memenangkan ronde tersebut dan Pokemon yang menang dikesampingkan dalam keadaan terbuka, sementara yang kalah dalam keadaan tertutup. Setelah itu, ronde berlanjut dengan pemain yang menang menjadi pemain pertama.
Step by step dalam satu turn Pokemon Medallion
Langkah-langkah dalam satu turn

Setelah semua Pokemon dimainkan, pemain dengan Pokemon yang menang terbanyak memenangkan game ini. Jika masing-masing pemain memiliki jumlah pokemon kalah dan menang yang sama, pemenang akan dilihat dari jumlah bintang rarity dari masing-masing Pokemon yang menang.

Baca juga  Film Pokemon 2020 Diundur

Extra Ability

Sama seperti game Pokemon pada umumnya, jenis elemen yang dimiliki tiap Pokemon kadang mempengaruhi hasil dari pertarungan. Di Pokemon Medallion ini sendiri, hal itu bisa dilihat di beberapa Pokemon dengan ability. Seperti contohnya Onix di mana tertera CPnya adalah 680. Namun, di bagian atasnya, tertulis kemampuan Super Effective Vs Lightning 2000. Ini artinya, jika Onix bertemu dengan Pokemon dengan elemen Lightning, maka, CP yang dipakainya untuk bertarung adalah 2000. Hal ini adalah salah satu keunikan game ini, karena memungkinkan untuk beberapa Pokemon di level yang di bawah, bisa mengalahkan Pokemon level tinggi.

Diagram Medallion
Diagram Medallion

Perbedaan Fisik dan Digital

Seperti ditulis di atas, Pokemon Medallion juga memiliki versi digitalnya yang secara basic memiliki gameplay yang sama, namun dengan tambahan rule-rule lain. Satu rule dasar yang berbeda adalah kondisi kemenangan setiap pertarungan, di mana hanya dibutuhkan 3 Pokemon yang untuk memenangkan pertarungan. Selain itu, komposisi team untuk versi digital berbeda dari Pokemon Medallion fisik, di mana Pokemon dengan nama sama tidak boleh ada dua dalam satu team. Peraturan yang sama juga berlaku bagi Pokemon dasar dan evolusinya, sehingga jika kita sudah memasukkan Golduck, kita tidak bisa memasukkan Psyduck juga.

Pokemon Medallion Promo
Pokemon Medallion Promo

Selain itu, dalam pertarungannya, selain kondisi super effective yang membuat pokemon mendapatkan boost CP berdasarkan pokemon yang dilawannnya, ada juga  keberadaan special power lain, seperti Priority, Protect, Reveal, Arena, Entry Hazards, dan Support. Untuk setiap Pokemon yang memiliki special power ini, hanya bisa digunakan satu kali setiap satu game. Sebagai contohnya, dalam kondisi di mana sebuah Pokemon yang super effective menghadapi Pokemon protect, akan mengakibatkan damage battlenya keduanya dicancel dan mereka masing-masing mundur. Dengan begitu, ability super effective dan protect tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Pokemon medallion ability
Super Effective & Reveal

Fitur-Fitur Versi Digital

Sama seperti juga Pokemon Go, game ini juga memiliki fitur seperti evolusi Pokemon, menyelesaikan task (quest), menantang duel, dan juga mengirim gift ke teman. Untuk bisa mendapatkan Pokemon dengan CP besar, level yang lebih tinggi, atau rarity bintang yang lebih banyak, pemain bisa melakukannya dengan membuka poke pack/medal atau juga mengevolusikan pokemonnya. Untuk evolusi, sejumlah candy dibutuhkan, dan ini tergantung dari level dan rarity Pokemon yang akan dievolusi. Candy itu sendiri bisa didapatkan dengan cara yang sama seperti Pokemon Go, yaitu dengan mengirimkan Pokemon kita ke lab.

Open Pack, evo;ve, send pokemon
Buka Poke Pack, Evolve dengan Candy, & kirim untuk Candy

Task, duel dengan teman dan gift juga merupakan beberapa cara lain untuk mendapatkan Pokemon, karena selain coin dan candy, setiap daily task yang diselesaikan akan memberikan point yang di mana jika mencapai angka tertentu akan memberikan satu poke medal. Untuk achievement task juga sama, namun lebih berupa milestone yang bisa mendapatkan lebih banyak coin, pokemon, ataupun candy. Daily task sendiri memiliki progress goal utama 100 point, yang tiap harinya akan direfresh, tentunya membuat permainan menjadi lebih menarik setiap harinya.

Achievement-Daily Task
Achievement & Daily Task

Jadi bagaimana Mobidachi? Berapa banyak dari kalian yang sudah mencoba kedua game ini? Bagaimana pendapat kalian mengenai game ini? Atau, untuk kalian yang belum pernah memainkan kedua game di atas, apakah kalian tertarik untuk mencoba? Ayo tinggalkan komen kalian di bawah ya.

(Visited 711 times, 4 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x