ReviewAnime

Review Blue Lock Episode 2

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Bangkitnya sang monster!

Pada Blue Lock episode 1, masa pelatihan telah dimulai. Muncul suatu kondisi dimana sebuah reflek bereaksi dan ini hal yang tidak biasa. Monster seperti apa yang ada dalam dirinya muncul? Kita bahas episode 2 dari Blue Lock kali ini.

Sebuah Persaingan yang Tidak Biasa

Jika di episode pertama Blue Lock kita telah mengetahui segala proses perjuangan untuk masuk kedalam tim seleksi Blue Lock beserta fasilitas ketatnya, kali ini menjelaskan lebih banyak tentang apa yang terjadi dalam program Blue Lock yang diperkenalkan di episode pertama. Episode ini juga masuk ke dalam beberapa cerita latar, menunjukkan mengapa program ini dimulai sejak awal, dan memberikan lebih banyak informasi tentang beberapa karakter sampingan yang kemungkinan akan menjadi lebih penting saat cerita terungkap. Meskipun episode kali ini tidak memiliki sepak bola yang sebenarnya di dalamnya, informasi latar belakang yang diberikannya sama pentingnya.

Episode pertama Blue Lock, meskipun tentu saja menarik, juga menggunakan banyak faktor kejutan untuk membuat orang terpikat dan tertarik untuk menonton lebih banyak. Itu menjelaskan sangat sedikit, membuang sekelompok anak laki-laki sekolah menengah ke dalam penjara distopia dan membuat mereka pada dasarnya berjuang untuk bertahan hidup di sana seperti Lalat Penguasa. Sementara itu tidak benar-benar berubah di Episode 2, sistem Blue Lock akhirnya dijelaskan.

Semua anak laki-laki memiliki peringkat dari 300, dan dipisahkan menjadi 25 kelompok yang masing-masing terdiri dari 11 orang. Anggota dengan peringkat tertinggi berada di tim B, C, D, E, dan F, sampai ke pemain dengan peringkat terendah di Tim Z. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin baik kualitas pelatihan dan makanan Anda. 

Tentu saja, tidak akan menjadi cerita yang menarik jika karakter utama dimulai dari atas, jadi Isagi berada di urutan terakhir di Grup Z. Itu akan menjadi cerita underdog yang bagus, jadi kita bisa melihatnya naik peringkat.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Kompetisi semacam ini melahirkan kebencian dan pengkhianatan, seperti yang telah kita lihat dengan bagaimana kepribadian Kira yang lembut dan ramah dari Episode 1 berubah secara dramatis ketika dia dieliminasi. Sangat tidak sabar untuk melihat bagaimana karakter lain bangkit menghadapi tantangan atau  bahkan hancur dan menunjukkan sisi gelap mereka bagaikan monster.

Baca juga  Dunia Batu Dr. Stone: Sains melawan Kekuatan Cenayang di Era Pasca-Apokaliptik

Sebuah Inovasi yang Mengubah Dunia Sepakbola Jepang

Tepat setelah tersingkirnya Jepang yang mengecewakan dari Piala Dunia 2018 lalu, ada sebuah pertemuan penting diadakan di markas besar Persatuan Sepak Bola Jepang atau JFU. Anri Teieri, seorang rekrutan baru di sana sangat marah dengan keadaan sepak bola negara tersebut saat ini dan berpendapat bahwa mereka perlu melakukan perubahan yang serius. Sekalipun pihak dari JFU tidak peduli dan tidak bertanggung jawab, dia membuat kasus bahwa tim sepak bola nasional perlu membuat perubahan serius yang hanya mungkin jika seorang pria seperti Jinpachi Ego diberi sebuah kendali. Pidatonya di Japan Football Union hari itu, mengarah pada pendirian Blue Lock nantinya.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Motivasinya bahwa tidak cukup baik hanya untuk berada di Piala Dunia, tetapi Jepang akhirnya harus memenangkannya, pasti beresonansi dengan penggemar sepak bola Jepang sejati yang menonton Blue Lock. Dari sebuah perjuangan Anri, kita berpikiran tetap menyenangkan dan menarik karena tidak mungkin hal itu bisa terjadi dalam kehidupan nyata semoga saja bisa diterapkan sistem itu. 

Tetapi itu tidak berarti bahwa penggemar sepak bola tidak dapat bermimpi bahwa beberapa program ajaib dapat mengubah tim nasional mereka! Jangan lupa, Jepang belum pernah memenangkan Piala Dunia sebelumnya.

Motivasi bermain yang begitu berbeda

Dari hal diatas, sudah cukup yakin bahwa tiap pemain memiliki kekuatan dan motivasi bermain yang sangat berbeda untuk membawa timnas Jepang bisa berbicara lebih banyak dalam ajang Piala Dunia nanti.

Di masa sekarang, Kira berjuang untuk memendam harapan saat fakta bahwa ia baru saja tersingkir dari fasilitas ini dan kehilangan kesempatannya untuk mewakili Jepang selamanya. Dia sangat marah dan berpendapat bahwa permainan bodoh itu tidak ada hubungannya dengan sepak bola. Namun, Jinpachi melanjutkan dengan berpendapat bahwa ruangan tempat mereka bermain persis seukuran area penalti biasa dan permainan tag menguji akurasi striker dan keterampilan lainnya. 

Kira masih belum bisa menerima hal bahwa dia tersingkir, tetapi Jinpachi mengutip contoh dari salah satu permainannya dan berpendapat bahwa dia tidak memiliki ego dan ketekunan seorang striker kelas dunia. Dia akhirnya memutuskan untuk pergi dengan marah karena Isagi berhasil mengambil mimpinya untuk mewakili negaranya.

Baca juga  Review Spy x Family Season 2: Anya Jadi Mata-Mata

Kemudian pada hari itu, para striker kembali ke fasilitas dan mengetahui bahwa para pemain diperlakukan berbeda berdasarkan peringkat mereka. Isagi tinggal bersama 11 pemain lainnya yang berpartisipasi dalam permainan tag di asrama. 

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Namun, ia segera mengetahui bahwa mereka semua jauh lebih baik darinya dalam hal kebugaran fisik yang membuatnya sulit tidur. Ketika dia memutuskan untuk berlatih, dia menemukan Bachira juga terjaga dan keduanya akhirnya berlatih bersama. 

Saat itulah Bachira memberi tahu Isagi bahwa ada monster di dalam dirinya mulai membimbingnya ketika dia bermain sepak bola dan yang dia lakukan hanyalah mendengarkannya. Itulah mengapa ia mengoper bola kepadanya yang mengakibatkan tersingkirnya Kira.

Selepas itu, Isagi dan rekan-rekan asramanya mengetahui bahwa para pemain di fasilitas Blue Lock tinggal di lima gedung. Semuanya memiliki fasilitas yang berbeda dan striker pergi ke gedung tertentu berdasarkan keterampilan mereka. Ternyata Isagi dan rekan-rekan satu timnya termasuk dalam tim pemain dengan peringkat terendah.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Di tempat lain di Jepang, Itoshi Sae, salah satu pemain paling berbakat di negara ini bersiap-siap untuk berangkat ke Eropa tanpa rencana untuk bermain untuk negaranya karena ia percaya tidak ada pesepakbola di Jepang yang pantas mendapatkannya. Namun, ia memutuskan untuk membatalkan rencananya ketika ia secara tidak sengaja menemukan konferensi pers Japan Football Union di mana Anri menjelaskan apa yang ingin mereka capai untuk masa depan negara melalui proyek Blue Lock.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Sang monster telah tiba!

Seperti yang kita bahas diawal, ada sebuah monster dalam diri pemain yang mendadak muncul. Kali ini tidak cuma Kira saja, bahkan Bachira pun mengalami hal demikian. Bachira menggambarkan bahwa di dalam dirinya ada monster yang berbicara kepadanya dan mendorongnya maju saat dia bermain. Monster itu memberinya arahan berupa pilihan baik atau buruk, dan kemungkinan merupakan penjelasan mengapa ia tampak tidak waras. 

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Tetapi Bachira juga memberikan pengungkapan besar – bahwa Isagi juga memiliki monster di dalam dirinya, dan bahwa semua striker terbaik di dunia juga memiliki monster. Isagi memang egois membuat teman barunya Kira tersingkir di episode pertama tanpa ragu-ragu, jadi mungkin dia memang memiliki monster di dalam dirinya.

Baca juga  Petualangan Fantasi Gelap - Pencarian Cinta dan Kebebasan Chainsaw Man

Perjuangan dari bawah ala tim Z

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, fasilitas Blue Lock memiliki lima gedung dan para penyerang dibagi menjadi beberapa tim yang berbeda berdasarkan peringkat mereka. Isagi berada di tim Z, yang berada di peringkat terendah, dan tinggal bersama empat tim lainnya di gedung 5. Dalam seleksi pertama, 55 pemain di setiap gedung akan bertanding dalam semacam permainan round-robin lima tim, yang berarti 11 teman satu asrama Isagi akan bermain bersama. Dua tim teratas yang muncul dalam permainan round-robin akan lulus tes bertahan hidup dan maju ke seleksi kedua.

Namun, para pemain di tim Z segera mulai mendiskusikan kekurangan yang jelas dalam keseluruhan tes. Karena semua pemain di fasilitas Blue Lock adalah striker, mereka tidak memiliki pengalaman dalam bertahan. Tentu saja, tidak ada dari mereka yang tahu apa-apa tentang menjadi seorang kiper. Menjawab kekhawatiran ini, Jinpachi berpendapat bahwa ketika sepak bola ditemukan, semua pemain di lapangan adalah striker. 

Gagasan pertahanan masa kini dan berbagai taktik dengan posisi yang berbeda hanya berkembang belakangan ini. Ia mendorong para pemain untuk berpikir tentang permainan dalam istilah baru yang menantang taktik masa kini.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Bagi Jinpachi, jika Jepang bertekad untuk menjadi yang terbaik, maka wajar jika generasi pemain baru berpikir untuk menciptakan sepak bola dari nol. Proses berpikirnya bisa dimengerti karena Blue Lock bertujuan untuk menemukan satu striker legendaris yang akan mengubah wajah sepak bola Jepang dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi. Jinpachi mendorong para pemain untuk mengembangkan filosofi permainan mereka, yang merupakan bagaimana sebagian besar pemain kelas dunia menjadi seperti yang mereka lakukan, karena hanya mengikuti taktik tradisional saja tidak cukup baik.

Review Blue Lock Episode 2 - Otaku Mobileague

Bagi Saya Episode Blue Lock kali ini….

Berkelas dan juara! saya cuma bisa ungkapkan itu saja karena kita akhirnya bisa memahami tentang sistem seleksi dari Blue Lock hingga visi misi yang ingin dicapai timnas Jepang kedepan. Walau di satu sisi akhirnya kita bisa melihat jiwa monster beberapa pemain muncul karena ketidakpuasan atau karena suatu ambisi terkuat menjadi yang terpilih sebagai bagian dari timnas Jepang kedepan.

Saya cukup memberi skor 8.6/10 untuk episode kali ini, sebab betapa puas sekali melihat perjuangan mereka termasuk tim Z dengan skor terendah yang ingin sekali memiliki jiwa konpetitif bahwa mereka bisa lampaui dirinya. Sampai jumpa di bahasan Blue Lock berikutnya dan jangan lupa tonton streaming legal Blue Lock sub indo di Bstation.

Streaming legal sub Indo

(Visited 129 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.