NewsKabar VTuber

VTuber dari VOMS Project, Amano Pikamee Akan Graduate di Akhir Bulan Maret 2023

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Kelulusan Amano Pikamee membuat Internet pecah, utamanya karena asumsi

Disclaimer: Otaku.Mobileague mengecam keras aksi perundungan yang dilakukan oleh para Antis yang menyudutkan orang lain tanpa memandang tidak peduli status dan latar belakang si perundung.

Sebagaimana banyak kabar talenta VTuber baru yang melakukan debut di awal tahun ini, tentu ada pula kabar perpisahan dari talenta VTuber yang telah lama terjun di dunia ini. Salah satunya adalah Amano Pikamee, seorang VTuber Jepang asal agensi VOMS Project, yang secara mendadak mengumumkan graduation nya lewat Twitter dan juga video yang diunggah dari akun channel nya.

Umumkan Kelulusannya di Awal Bulan Maret, Setelah Sempat Hiatus

Amano Pikamee atau yang biasa dipanggil Pikamee resmi mengumumkan bahwa dirinya akan lulus sebagai VTuber per tanggal 31 Maret 2023. Hal ini pun dia umumkan pada tanggal 1 Maret 2023 lalu, yang berarti masih ada waktu kurang lebih satu bulan sampai ia resmi lulus dari aktivitasnya sebagai VTuber dan ia pun masih akan tetap aktif melakukan siaran sampai akhir bulan ini. Pengumuman ini pun cukup mengejutkan penggemar, lantaran sebelumnya Pikamee sempat hiatus dari aktivitasnya selama satu bulan karena alasan kesehatan.

Sudah Merencanakan Kelulusannya dari Pertengahan Januari

Meskipun berita kelulusannya mendadak, ternyata rencana kelulusan ini memang telah direncanakan jauh-jauh hari dari sang VTuber. Hal ini diungkap oleh 2 VTuber lain yaitu Pomu Rainpuff dari NIJISANJI yang merupakan teman dari Pikamee, serta Gyari yang juga merupakan kreator yang berasal dari satu agensinya, VOMS Project. 

Baca juga  Jujutsu Kaisen Season 2: Mengupas Masa Lalu Gojo Satoru

Pada live stream yang dilakukan Pomu tanggal 1 Maret lalu, ia mendiskusikan perbincangannya dengan Pikamee, Pomu mengatakan bahwa Pikamee memang telah berencana untuk graduate dari VOMS bahkan sebelum dia mengambil istirahat dari melakukan siaran pada tahun lalu. Namun, memang tidak ada perbincangan atas kepastian kapan VTuber tersebut akan resmi graduate.

Sementara itu, Gyari juga menjelaskan mengenai kelulusan Pikamee. Lewat video yang di klip oleh clipper Yura, Gyari mengatakan bahwa kelulusan Pikamee sudah direncanakan dari beberapa waktu lalu, dan pada saat itu juga sedang dilakukan meeting negosiasi dengan Marui selaku partner pop-up store yang bekerja sama dengan VOMS.

“Saat kami memberitahu mereka (tentang kelulusan Pikamee), pihak Marui mengatakan ‘Jika kelulusannya positif maka tidak ada masalah!” ucap Gyari.

Pernyataan Resmi yang Telah Diumumkan oleh Agensi VOMS Project

Di hari yang sama video kelulusan Pikamee diunggah, akun Twitter resmi VOMS Project @VOMS_Project juga turut buka suara. Pada notice yang diunggah di akun Twitter agensi tersebut disebutkan bahwa kelulusan ini sudah didiskusikan dari dua belah pihak (Agensi dan juga Pikamee) dan VOMS pun memutuskan untuk meluluskan Pikamee dengan cara yang positif, dan juga meminta maaf kepada para penggemar karena pengumuman graduate yang dilakukan secara tiba-tiba. Adapun beberapa poin lain yang disampaikan VOMS seperti

  • Pop-up Store “VOMS PARK” yang sudah diumumkan bulan lalu di Marui akan tetap berjalan seperti yang sudah direncanakan. 
  • Event ini akan menjadi kali terakhir 4 anggota VOMS bersama-sama, dan pihak agensi merencanakan dan mengharapkan event ini menjadi tempat untuk semuanya membuat kenangan secara positif
  • Akun SNS Pikamee per tanggal 31 Maret nanti tidak akan aktif lagi, dan untuk channel YouTube serta konten Pikamee di VOMS Project channel akan di private
  • Pikamee channel membership per tanggal 31 Maret juga akan ditutup, dan penjualan merchandise Pikamee juga dihentikan.
  • Merchandise Pikamee yang diproduksi untuk pop-up store Marui maupun di tempat lain akan di diskontinu setelah periode penjualan berakhir, dan segera setelah stok habis. 
Baca juga  Bungou Stray Dogs Mendapat Season 4, Alur Cerita Semakin Kelam

Asumsi Penggemar dan Kontroversi Game ‘Hogwarts Legacy’

VTuber dari VOMS Project, Amano Pikamee Akan Graduate di Akhir Bulan Maret 2023 - Otaku Mobileague

Meskipun agensi tengah mengkonfirmasi bahwa kelulusan Pikamee dilakukan dengan positif dan juga konfirmasi dari teman-temannya bahwa Pikamee memang telah merencakan untuk graduate, penggemar sempat berasumsi bahwa keputusan Pikamee untuk graduate adalah komentar kebencian yang sempat sang VTuber terima saat mengumumkan bahwa ia ingin melakukan streaming game Hogwarts Legacy. Pasalnya, game yang dibuat dari serial populer Harry Potter itu tengah mengalami kontroversi karena reputasi sang author dari kelakuan pembuat serial tersebut yang berujung pada banyak netizen yang melakukan backlash pada para streamer yang berkata ingin memainkan game tersebut. Pikamee pun sempat men-tweet bahwa ia hanya ingin memainkan game tersebut, dan bukan berarti ia men-support sesuatu hanya dengan memainkan game tersebut, namun sayangnya, tweet dari Pikame tersebut telah dihapus. Hal inilah yang menjadikan penggemar berasumsi bahwa kelulusan ini ada kaitannya dengan harassment yang Pikamee terima.

Sekilas Tentang Amano Pikamee

VTuber dari VOMS Project, Amano Pikamee Akan Graduate di Akhir Bulan Maret 2023 - Otaku Mobileague

Amano Pikamee adalah VTuber asal Jepang dari agensi VOMS Project. Ia melakukan debutnya di YouTube pada tahun 2020, dan di Twitch pada tahun 2021 lalu. Sebagai salah satu VTuber yang memiliki pesona enerjetik, Pikamee pun sukses meraih hati banyak penggemar dan sampai saat ini telah memiliki 600 ribu subscriber di channel YouTube nya. Pikamee juga dikenal di kalangan penggemar VTuber internasional karena kemampuannya berbahasa Inggris. 

Baca juga  Game Kolaborasi PacMan Tensei Slime 2020 Ini Harus Kamu Coba

Itulah sekilas informasi mengenai kelulusan VTuber Amano Pikamee, yang akan resmi graduate pada akhir bulan Maret ini. Sukses selalu untuk talenta dibalik VTuber Pikamee, dimanapun ia berada! 
Baca juga artikel VTuber kami lainnya di Otaku.mobileague.

(Visited 114 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.