NewsKabar VTuberSeputar Industri

Kenalan dengan ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!

“Proyek ANOME, berikan pengalaman menonton VHuman (virtual human) melakukan siaran langsung layaknya VTuber”

Kecanggihan teknologi tidak hanya membuat jarak ruang dan waktu semakin tidak terasa, tetapi juga membuat perubahan pada gaya hidup dan pilihan media yang dapat dikonsumsi semakin luas dan bervariatif. Penikmat pop culture pun dapat dibilang sebagai salah satu audiens yang cukup banyak merasakan dampak positif dari perkembangan teknologi ini, apalagi komunitas VTuber yang semakin marak dan populer beberapa tahun terakhir.

VTuber atau virtual youtuber, telah menjadi gebrakan baru bagi para streamer untuk dapat berkarya dengan avatar yang mereka sukai. Jika awalnya gerakan dan interaksi yang dapat dilakukan VTuber terbatas, dengan teknologi yang terus berkembang seperti motion capture yang lebih baik dan juga peralatan lain yang membuat wujud 3D dapat bergerak secara live, membuat sang VTuber dapat berkembang menampilkan karya yang lebih menarik untuk penggemar mereka.

Di pertengahan tahun 2023, sebuah proyek bernama “ANOME” yang diusung oleh perusahaan asal Jepang Aww, Inc, menghadirkan VHuman atau virtual human yang mampu melakukan streaming secara langsung. Lantas adakah yang berbeda antara VHuman dengan VTuber dan apa itu proyek ANOME? Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

ANOME, VHuman Live Streaming

ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!
Sumber gambar: https://twitter.com/entamenowcom/status/1707214893722870172/photo/1 

Proyek “ANOME” berasal dari tema “Another Me” atau “Diriku yang lain”. ANOME adalah proyek di mana perusahan Aww memiliki tujuan untuk menciptakan dan menghasilkan “superstar” VHuman yang berbakat. Melalui proyek ANOME, perusahaan ini pun menawarkan pengalaman baru dan inovatif kepada masyarakat umum dan juga penggemar dengan teknologi 3DCG yang telah dikembangkan dan mutakhir. Para VHuman, akan berinteraksi secara langsung dengan aktif dan juga real-time, melalui live streaming. Siaran langsung ini juga dilakukan secara rutin di berbagai platform media sosial.

Baca juga  Demon Slayer Season 4 Dikabarkan Tidak Lebih dari 10 Episode

Melalui proyek ini, Aww berencana untuk memperluas lebih dari sekedar aktivitas streaming langsung, dan lebih jauh menjajaki peluang dalam berbagai genre. Aww juga memiliki komitmen untuk menggabungkan teknologi AI untuk meningkatkan entertainment value yang telah ada seperti dalam hal audio, video, dan juga konten-konten lainnya.

Memiliki 2 Talent VHuman untuk Live Streaming

Hingga saat ini, terdapat 2 VHuman dari ANOME yang telah aktif melakukan siaran langsung, yaitu Bikinina Nikibi dan Meidogahara Sarasa. Tidak hanya aktif melakukan live streaming, kedua VHuman ini juga berinteraksi dengan penggemar melalui platform media sosial X (Twitter), dan juga TikTok. Untuk yang ingin melihat siaran langsung mereka, cek profil nya di bawah ini ya!

Bikinina Nikibi

ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!
Sumber gambar: https://twitter.com/bikininanikibi/status/1681672624089210881/photo/1 

Meidogahara Sarasa

ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!
Sumber gambar: https://twitter.com/meido_sarasa/status/1706970192272871855/photo/1 
ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!

Meskipun sekarang baru ada 2 talenta perempuan di ANOME, VHuman pada bulan Oktober lalu telah membuka audisi untuk avatar laki-laki. Bisa dibilang, kita tinggal menunggu waktu hingga debutnya seorang VHuman Live Streamer laki-laki dari ANOME!

Apa yang Membedakan dengan VTuber Biasa?

ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!
Sumber gambar: https://cgworld.jp/flashnews/assets_c/2023/07/8e8100a4e0846969b06d51c35fb36656adcbd5cd-thumb-1920×1008-40631.png 

Pada umumnya, konsep seorang virtual human yang melakukan siaran langsung memang tidak jauh berbeda dengan VTuber yang melakukan live streaming dengan avatar yang mayoritasnya berbasis anime. Yang cukup membedakan adalah, VHuman memiliki model yang menyerupai manusia pada umumnya, dan juga dalam hal pergerakan avatar, VHuman cenderung dapat lebih leluasa bergerak dan berinteraksi dibanding kebanyakan VTuber pada umumnya.

Sekilas Tentang Perusahaan Aww

ANOME, Virtual Human yang Bisa Streaming Layaknya VTuber!
Sumber gambar: https://images.app.goo.gl/bigASH7Uo8kGo5Bm7 

Aww, adalah sebuah perusahaan asal Jepang yang melakukan re-imagining pada future story telling dengan konsep virtual human X AI. Konsep nama perusahaan “Aww” adalah dari sebuah harapan perusahaan untuk terus menghasilkan sesuatu yang menarik imajinasi orang dan membuat mereka merasa “Aww”. Perusahaan ini memiliki misi menciptakan konsep-konsep baru yang dapat menjadi bagian dari budaya.

Baca juga  Iofi Main Minecraft Santai, Fan Elitis Ngatur

Selain VHuman ANOME yang dikhususkan untuk live streaming, Aww juga memiliki beberapa talenta VHuman yang fokus pada bidang entertainment lainnya. Buat yang penasaran, kamu bisa cek link ini ya.

Kesimpulan VHuman dari ANOME

Kegiatan live streaming kini telah banyak berubah seiring dengan teknologi yang berkembang. Jika beberapa tahun terakhir VTuber telah sukses membuka jalan bagi seseorang untuk berkarya dengan avatar virtual dengan konsep “anime”, kini proyek ANOME menghadirkan virtual human atau VHuman yang juga dapat melakukan siaran langsung, namun dengan avatar berbasis manusia 3D.

Sumber:

(Visited 71 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.