ReviewAnime

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE

Dalam ReLIFE, tema kesempatan kedua dan penebusan membentuk inti cerita yang menggugah. Melalui karakter Arata Kaizaki, penonton disajikan dengan gambaran tentang bagaimana seseorang dapat mengubah arah hidup mereka meskipun sudah terjebak dalam keputusan masa lalu. Kesempatan untuk kembali ke masa muda bukan hanya tentang mengulangi kesalahan, tetapi juga tentang merangkul pertumbuhan pribadi dan kesempatan untuk memperbaiki hubungan yang terputus. 

Anime ReLIFE mengikuti cerita seorang pria bernama Arata Kaizaki yang mendapat kesempatan kedua untuk mengulang masa muda. Cerita ini dimulai dengan Arata, seorang pengangguran berusia 27 tahun yang dianggap sebagai pecundang oleh sekelilingnya. Namun, segalanya berubah ketika ia bertemu dengan Ryou Yoake, seorang anggota Institut Penelitian ReLife. Ryou menawarkan Arata sebuah pil misterius yang bisa membuatnya terlihat sepuluh tahun lebih muda. Tanpa ragu, Arata meminum pil tersebut dan keesokan harinya terbangun dengan penampilan seorang remaja 17 tahun.

Namun, kesempatan kedua ini tidak semudah yang diharapkan Arata. Ia diperintahkan untuk menghadiri sekolah menengah sebagai murid pindahan selama satu tahun. Awalnya, Arata yakin bahwa ini akan mudah berkat pengalaman hidupnya yang lebih dewasa, namun ternyata ia terbukti sangat salah. Ia gagal dalam ujian, kehilangan kebugaran fisik, dan tidak dapat menyesuaikan diri dengan kebijakan sekolah yang baru muncul selama sepuluh tahun terakhir. Selain itu, Ryou ditugaskan untuk mengamatinya, menyebabkan Arata merasa sangat terganggu.

Selama perjalanan Arata di sekolah menengah, ia bertemu dengan berbagai karakter yang beragam, masing-masing memiliki cerita dan masalah hidup mereka sendiri. Arata tidak hanya berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan sekolah yang keras, tetapi juga belajar banyak dari teman-teman barunya. Sementara itu, ia juga berusaha menjaga rahasia tentang usianya yang sebenarnya dan mengatasi tantangan-tantangan unik yang muncul dari situasi tersebut. 

Penebusan dari Kegagalan dan Kesalahan Masa Lalu

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE - Otaku Mobileague
Arata dianggap pecundang karena menjadi pengangguran di usia 27 tahun

Arata, yang sebelumnya dianggap sebagai pecundang tanpa harapan oleh sekitarnya, menemukan dirinya terjebak dalam sebuah eksperimen unik yang memungkinkannya kembali ke masa sekolah menengah. Kesempatan ini menjadi titik balik penting dalam hidupnya, memungkinkannya untuk menghadapi ketidakpastian dan rasa malu dari masa lalu dengan lebih baik. Melalui perjalanan ini, Arata belajar bahwa meskipun masa lalu tidak dapat diubah, ia memiliki kendali atas cara ia merespons dan tumbuh dari pengalaman tersebut.

Baca juga  Muse ID Rayakan 7,777,777 Subscribers dengan Giveaway! Yuk Ikutan!

Di samping itu, perjalanan Arata juga menyoroti pentingnya pengampunan diri sendiri dalam mencari penebusan. Saat dia berinteraksi dengan teman-teman sekelasnya yang baru dan mencoba memperbaiki hubungan yang terputus di masa lalu, Arata secara bertahap menerima dirinya sendiri dan mampu melihat potensi positif di dalamnya. Proses ini tidak hanya tentang menerima kesalahan, tetapi juga tentang menemukan kekuatan dalam kelemahan dan mengubahnya menjadi pelajaran berharga. 

Refleksi Diri

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE - Otaku Mobileague
Arata menjadi muda kembali

Melalui perjalanan kembali ke masa muda, Arata dihadapkan pada cermin yang memungkinkannya untuk melihat dirinya dengan lebih jelas. Dia menemukan bahwa meskipun tubuhnya mungkin kembali ke masa remaja, perjalanan ini lebih tentang memahami dan menerima dirinya yang sebenarnya. Arata dipaksa untuk menghadapi kelemahan dan ketidaksempurnaannya, dan melalui proses ini, ia mulai menemukan nilai dalam setiap aspek dari dirinya yang terdahulu.

Selain itu, refleksi diri dalam anime ini juga memperlihatkan bahwa perjalanan untuk menggali kembali masa muda bukanlah sekadar mengejar kilasan nostalgia, tetapi juga tentang memahami bagaimana masa lalu membentuk siapa kita saat ini. Arata belajar bahwa untuk melangkah maju, dia harus terlebih dahulu menyelami akarnya yang dalam, memahami bagaimana pengalaman masa lalu membentuk keyakinan, nilai, dan sikapnya. 

Empati dan Pemahaman

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE - Otaku Mobileague
Melalui perjalanan ini, Arata mulai mengerti pengalaman orang lain

Melalui pengalamannya kembali ke sekolah menengah, Arata tidak hanya menemukan dirinya dalam situasi yang sama dengan rekan-rekannya yang lebih muda, tetapi juga memahami perasaan, kekhawatiran, dan impian mereka dengan lebih mendalam. Dengan demikian, pengalaman ini bukan hanya tentang menggali kembali masa muda sendiri, tetapi juga tentang membuka diri untuk melihat dunia melalui perspektif orang lain.

Baca juga  Begini Nasib Yuji Itadori dalam Shibuya Arc

Dibalik itu, melalui proses yang penuh empati ini, Arata juga belajar untuk menerima dan memahami dirinya sendiri dengan lebih baik. Ketika dia mulai melihat kesamaan antara dirinya dan teman-teman sekelasnya yang lebih muda, Arata juga memahami bahwa kelemahan dan kebingungannya tidak unik bagi dirinya sendiri. Ini membuka pintu bagi pengampunan diri dan penerimaan akan diri sendiri, serta memperkuat ikatan emosionalnya dengan orang-orang di sekitarnya. 

Apresiasi terhadap Hubungan Bermakna

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE - Otaku Mobileague
Arata mulai menghargai hubungan dengan teman-temannya

Saat Arata kembali ke masa muda dan menjalin hubungan dengan teman-teman sekelasnya, ia mulai memahami nilai dan kekuatan dari hubungan interpersonal yang kuat. Melalui interaksi yang mendalam dan emosional dengan rekan-rekan barunya, Arata menemukan dukungan, persahabatan, dan kedekatan yang mungkin telah terlewatkan dalam kehidupan sebelumnya. Pengalaman ini mengajarkan kepada Arata bahwa hubungan dengan orang lain bukan hanya sekadar pengalaman sosial, tetapi juga merupakan fondasi bagi pertumbuhan pribadi dan kebahagiaan.

Di samping itu, dalam perjalanan Arata, ReLIFE menggarisbawahi pentingnya memperbaiki dan merawat hubungan yang terputus di masa lalu. Melalui kesempatan kedua ini, Arata memiliki kesempatan untuk memperbaiki kesalahan dan ketidaksepahaman yang mungkin telah merusak hubungan sebelumnya. 

Menemukan Kembali Perspektif yang Hilang

Menggali Kembali Masa Muda, Makna Kesempatan Kedua dalam ReLIFE - Otaku Mobileague
Momen-momen penting dalam hidup Arata

Saat Arata kembali ke masa sekolah menengah, dia tidak hanya kembali pada tubuh yang lebih muda, tetapi juga pada pola pikir yang lebih segar dan optimis. Pengalaman ini memungkinkannya untuk melihat dunia dengan mata yang baru, mengalami kembali keajaiban dan semangat masa muda yang mungkin telah terkubur dalam rutinitas kehidupan dewasa. Arata menyadari bahwa perspektif ini, yang mungkin telah terlupakan selama bertahun-tahun, memiliki kekuatan untuk memberinya inspirasi, harapan, dan pandangan baru terhadap kehidupan.

Baca juga  Dunia Batu Dr. Stone: Sains melawan Kekuatan Cenayang di Era Pasca-Apokaliptik

Selain itu, dalam perjalanan kembali ke masa muda, Arata juga menemukan kembali bagian dari dirinya yang telah lama hilang. Dia memahami bahwa, di tengah tekanan dan kesulitan kehidupan dewasa, ia telah kehilangan aspek-aspek penting dari dirinya yang sebelumnya ada, seperti rasa ingin tahu, keberanian, dan keinginan untuk menjelajahi dunia. Dengan menemukan kembali perspektif ini, Arata dapat menyatukan kedua fase kehidupannya—muda dan dewasa—sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih utuh tentang dirinya sendiri dan dunia di sekitarnya. 

Dengan menyaksikan perjalanan Arata Kaizaki dalam ReLIFE, penonton dibawa untuk merenungkan makna sejati dari kesempatan kedua dan proses penebusan. Kisah ini mengilhami kita untuk memahami bahwa masa lalu tidak selalu menentukan masa depan, dan bahwa setiap orang memiliki potensi untuk tumbuh dan berubah. Melalui pengalaman Arata, kita diajak untuk menghargai nilai empati, pengampunan diri, dan hubungan yang bermakna dalam hidup kita.

Sumber: myanimelist & animecritic

(Visited 24 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.