Final Fantasy 16 Sudah Diumumkan! Apa Saja Rahasia Trailernya?

Bersamaan dengan PS5 Showcase yang baru saja diadakan, salah satu judul yang sudah dipastikan adalah Final Fantasy 16, yang akhirnya menjawab pertanyaan yang sempat muncul beberapa tahun lalu, apakah seri Final Fantasy akan berlanjut. Dengan trailer yang juga dirilis bersamaan dengan pengumuman ini, apa saja yang berhasil kami tangkap mengenai game ini? Ayo baca selengkapnya!

Game of Thrones ala Final Fantasy

Kesan pertama yang didapat secara langsung ketika menyaksikan trailer pertama ini adalah, walaupun Final Fantasy kali ini kembali lagi ke setting medieval, namun vibe yang dikeluarkan sangatlah berbeda dari setting medieval sebelumnya, dan lebih terkesan serius. Satu analogi yang bisa diambil dari potongan cerita yang melintas di trailer tersebut adalah gaya penceritaan sepertinya terinspirasi dari seri fantasi Game of Thrones, dengan konflik antar keluarga, perebutan kekuasaan (Crystal dan Summon dalam kasus ini), serta cerita yang lebih dark. Hal ini disupport juga oleh logo utama Final Fantasy 16 yang menggambarkan Phoenix berseteru dengan Ifrit, yang dimana masing – masing sepertinya merupakan guardian setiap family, layaknya para binatang dalam Game of Thrones.

final fantasy 16-01

Final Fantasy 16 Summon Memiliki Wujud Manusia?

Masih berkaitan dengan statement terakhir dimana masing – masing summon merupakan guardian family, hal ini juga diperkuat dari satu pembicaraan di awal trailer mengenai “Shiva Dominant”, yang berarti ada pula clan atau keluarga yang memiliki Shiva sebagai guardiannya. Selain itu, ditambah dengan frase “among them”, serta bagian dekat akhir trailer yang menggambarkan transformasi manusia ke bentuk summon, sepertinya summon akan lahir di antara clan dalam bentuk manusia spesial yang disebut sebagai Dominant, dan merupakan simbol penting dalam clan, oleh karena itu keberadaan mereka akan menentukan nasib clan. Sehingga, jika mereka berhasil dibunuh ataupun diculik/dikuasai oleh clan lain, maka kemungkinan clan tersebut akan hilang kekuatannya.

Baca juga  Bedah Info Warna Hanyo no Yashahime Towa Setsuna serta Senjata Mereka

Fokus Cerita di Clan Phoenix

Masih mengenai Summon dan Guardian, fokus cerita untuk Final Fantasy 16 ini sendiri sepertinya akan dimulai dari Clan Phoenix dan mengambil sudut pandang seorang bodyguard untuk anak dari Archduke Clan Phoenix yang bernama Joshua. Diceritakan bahwa dirinya memiliki kemampuan spesial, Joshua diharuskan tetap tinggal di dalam istana tanpa boleh keluar, sehingga interaksinya sangatlah terbatas dengan bodyguardnya merupakan salah satu orang terdekatnya. Semua itu sayangnya berubah ketika terjadi penyerangan dalam clan Phoenix

final fantasy 16-03

Dalam penyerangan yang sepertinya mengambil nyawa banyak orang dan termasuk sang Archduke clan Phoenix sendiri, terjadi transformasi terhadap Joshua yang merubahnya menjadi summon guardian Ifrit, dan itu membuat para penyerangnya terkejut, dikarenakan itu berarti bahwa Joshua bukanlah orang dari clan Phoenix, melainkan bagian dari clan Ifrit. Dan dimulailah misi sang tokoh utama untuk membunuh seseorang atau sesuatu, yang dalam hal ini bisa ditangkap sebagai Mother Crystal sendiri.

Final Fantasy 16 Crystal = Iron Throne?

Mother Crystal sendiri, dalam Final Fantasy 16, merupakan kunci dari kekuasaan utama yang sepertinya merupakan inti dari dunia kali ini, dan keberadaannya yang membuat para clan memiliki para summon guardian dan juga mengatur siapa yang akan mewarisi kekuatan para summon guardian tersebut. Oleh karena itu masyarakat dalam dunia kali ini akan bergerak mengikuti keberadaannya, yang bisa dipastikan bahwa konflik antar clan akan berputar tentang siapa yang menguasai Mother Crystal, dengan guardian summon menjadi senjata untuk perebutan tersebut.

Final Fantasy 16-02

Battle System Yang Familiar

Selain teori cerita dari sekelumit yang bisa kami tangkap, mengenai gameplay, juga ada beberapa hal yang sudah diperlihatkan dan diperkirakan akan menjadi bagian dari game ini. Yang pertama tentunya paling jelas adalah battle system yang kali ini sepertinya akan menggunakan battle system yang sama dengan Final Fantasy 15 ataupun Final Fantasy 7 Remake. Gerakan ini sendiri cukup mengejutkan karena biasanya Final Fantasy cukup dikenal dengan merubah gameplay untuk setiap instalment seri barunya. Namun, dikarenakan masih belum diperlihatkan secara detil, maka untuk secara general, kita anggap saja dahulu bahwa memang sama seperti dua judul tersebut.

Baca juga  FPS VR Mobile Game Colonicle Match Mana Yang Paling Seru?

Pergerakan dalam dunianya sendiri sepertinya akan menyerupai Final Fantasy 14, dengan mode perjalanan berjalan kaki seperti biasa dan dalam trailernya sendiri sudah dipastikan Chocobo akan menjadi salah satu sarana transportasi yang bisa digunakan. Mengenai ras yang hidup di dunia ini, sejauh ini hanyalah manusia yang ditampilkan, sehingga kemungkinan besar game ini akan kembali seperti Final Fantasy 8, dan memiliki non-variative races lagi.

Dan itulah dia teori kami mengenai Final Fantasy 16. Kemunculannya sendiri merupakan sebuah kejutan yang tidak disangka – sangka karena tidak ada rumor yang beredar sebelumnya. Dengan setting yang kembali ke medieval dan cerita yang sepertinya akan lebih berat dari Final Fantasy 15, kita harapkan saja bahwa game kali ini tidak akan mengecewakan dan berhasil membawa nama besar Final Fantasy kembali ke kejayaan. Jadi, bagaimana menurut kalian Mobidachi? Apa teori kalian sendiri mengenai game ke-16 ini? Ayo tuliskan komen kalian di bawah dan stay tune terus untuk berita lainnya mengenai Final Fantasy 16.

(Visited 135 times, 1 visits today)

Mahessa Fiermanda

Otaku Since 1980s. Freelance writer, designer, and teacher.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x