ReviewAnime

Review Shinobi no Ittoki Episode 10

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Pada episode 10 Shinobi no Ittoki, Kematian Ibuya membuat Ittoki mengambil tampuk kepemimpinan Klan Iga

Ittoki menjadi kepala suku Iga yang baru setelah pembunuhan ibunya. Saat Ryouko dan Kirei pulang ke rumah, dia bertemu dengan Kousetsu dan kemudian terungkap bahwa dia adalah putri dari kepala suku Koga saat ini, Kidou Minobe.

Bagaimana nasib Ittoki setelah ditinggal ibunda dan sikap apa yang akan diambil dalam situasi genting ini? Mari kita simak bahasan Shinobi no Ittoki episode 10 kali ini.

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Reka ulang Episode Sebelumnya Shinobi no Ittoki.

Klan Koga berhasil menyusup ke desa Iga dengan meruntuhkan garis pertahanan pertama, pusat komando akhirnya mulai mendapatkan laporan resmi. Ternyata setiap unit pasukan penyerang terdiri dari satu ninja Koga bersama dengan empat ninja mekanik lainnya. Segera menjadi jelas bahwa ada perbedaan sepuluh kali lipat antara kedua pasukan dan klan Iga tidak memiliki kesempatan, terutama dengan Kousetsu dan Tokisada pergi. Sementara itu, di markas NSC, keduanya dihentikan oleh Genji, yang menginginkan mereka untuk menyerah.

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Kemudian, Tokisada meminta Kousetsu untuk melarikan diri dengan Yumika sementara ia melawan antek-antek Genji sendirian. Ketika Shione tiba di sana dengan unitnya, Genji merasa bahwa dia akan membantunya melawan Tokisada tetapi ternyata kasus pembunuhan Goshogawara telah dipecahkan dan dia ditangkap di tempat. Di pusat komando, disimpulkan bahwa ninja mekanik perlu diisi daya secara teratur, sehingga mereka menemukan lima tempat yang potensial di mana Koga mungkin telah membuat kesepakatan seperti itu.

Shione mengunjungi Genji di penjara untuk mencari jawaban atas pembunuhan kaptennya. Dia mulai dengan menanyakan apakah pembunuhan itu diperintahkan oleh Minobe Kido dan apakah dia beralih ke pihak Koga Klan karena dia menginginkan posisi itu, tetapi Genji tidak menyerah dan tetap diam tentang topik tersebut. 

Shione memberitahunya bahwa Klan yang sangat ia banggakan, menyerahkannya pada kesempatan pertama yang mereka miliki, karena para Ninja yang mengambil tubuh Goshogawara untuk membakarnya mengadu bahwa dia adalah pelaku kejahatan. 

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 3

Dan dengan ini, Tokisada pergi. Kousetsu diperintahkan oleh Tokisada untuk meninggalkan desa dengan Yumika dan bersembunyi, tetapi Yumika ingin dia membawa mereka ke rumah besar, karena dia tidak bisa melarikan diri ketika desa dalam bahaya karena dia adalah Kepala Desa.

Motif Kousetsu terbongkar satu persatu

Setelah kematian ibunya, Ittoki diberitahu bahwa Kotetsu telah ditahan oleh Tokisada. Dia tentu saja masih berduka karena kehilangan ibunya, namun pada saat bersamaan Koga bersiap untuk menyerang Iga lagi ketika Suzaku disarankan untuk tetap bersembunyi untuk saat ini karena nyawanya bisa dalam bahaya. Shione Kouzuki menemui Tokisada untuk membahas kejadian yang baru saja terjadi dan memberitahukan sesuatu yang mengejutkan.

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Kisah Kousetsu akhirnya terungkap. Tanpa disadari dia adalah mata-mata yang dikirim oleh Koga. Seperti yang kita semua perkirakan, dia bukanlah orang yang benar-benar menyerang Fumiko. Masih ada sedikit potensi, bila Fumiko sebenarnya masih hidup dan memalsukan kematiannya demi mengembangkan kepribadian Ittoki, agar ia dapat membuktikan kemampuannya sebagai pemimpin. 

Di sisi lain, Tokisada mengetahui bahwa para pembunuh Goshogawara masih berada dalam tahanan disaat Jizen Jairobu, pendiri NSC, telah mengambil alih jabatan sebagai kepala organisasi sementara. Dia juga menyerahkan buku catatan Genji Karajishi kepadanya yang merupakan bukti yang memberatkan dalam menjalin hubungan antara dia dan desa Koga. Namun, Shione tertarik untuk mengetahui hubungan apa yang mungkin dimiliki Koutetsu dengan klan Koga.

Sementara itu, Ryokou memberi tahu Ittoki bahwa ayahnya berada di rumah sakit sehingga dia akan segera kembali ke rumahnya. Karena dia akan pergi, Kirei juga ikut memutuskan untuk pulang. Di hari berikutnya, Tokisada mengajak Ittoki untuk mengunjungi Koutetsu yang masih berada dalam tahanan hingga saat ini. Ternyata ia harus mengikat tangannya karena ada keinginan untuk bunuh diri. Lalu, Koutetsu memberi tahu Ittoki bahwa yang dia ingat dari hari itu adalah mendengar suara lonceng di kepalanya dan kemudian dia melihat Yumika terbaring di genangan darahnya sendiri. 

Baca juga  Perjalanan Epik Pangeran Arslan: Dari Pengasingan hingga Penebusan dalam Anime Arslan Senki

Jepang menjadi medan pertempuran

Dari peristiwa ini justru membuat suasana menjadi kacau akibat perang ini. Kekacauan terjadi di manapun. Di Prefektur Aomori, beberapa rumah terbakar secara bersamaan, sedangkan di Prefektur Yamanashi terjadi pemadaman listrik besar-besaran, serta di Prefektur Okayama terjadi ledakan yang menyebabkan tiga orang tewas dan 28 orang terluka.

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Tidak cukup melalui berita televisi saja, ternyata hal menggemparkan di waktu yang sama kembali terjadi. Kita disuguhi suatu adegan pengakuan Kousetsu bahwa seperti Satomi dan banyak anak lainnya, dia ditugaskan ke sebuah desa untuk menjadi mata-mata Koga. Sebuah chip ditanam di otak Koutetsu pada usia muda, yang pada akhirnya memungkinkan para pembunuh untuk mengendalikannya. Ittoki berjuang untuk menghadapi kenyataan pahit ini dan berdoa di depan foto ibunya pada malam berikutnya. Saat itulah Suzaku mendadak bergabung dengannya. Namun, dia melampaui batas dengan menanyakan bagaimana rasanya kehilangan orang tua, yang secara alami mengarah pada perkelahian di antara keduanya.

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Siapakah Suzaku???

Awal mula sebelum terjadi perkelahian malam itu, rupanya di salah satu stasiun kereta api, Suzaku duduk di bangku yang berhadapan dengan dia dan mengatakan kepadanya bahwa sebaiknya dia tidak kembali ke Koga untuk saat ini, karena Kidou berniat untuk membunuh siapa pun yang tidak sesuai dengan gagasannya. Karena alasan yang sama pula, ayah Suzaku akhirnya dibunuh dan setelah dia menyarankan untuk meninggalkan rencana pemberontakan bersenjata dan melawan ide Kidou.

Suzaku mulai dibutakan oleh kematian Kishinmaru, dia juga selalu menyalahkan klan Iga dan menggunakannya sebagai alasan untuk menginginkan Iga dihancurkan, bahkan jika itu berarti akan ada kerugian di pihak Koga. Pola pikir ini membuat Suzaku malah percaya bahwa ayahnya dibunuh karena dia pengecut, alih-alih mengakui bahwa tindakannya itu demi masa depan yang lebih baik bagi desa dan Suzaku. 

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Kita kembali ke malam perkelahian itu, kondisi ditengah pemakaman Yumika akhirnya stabil. Akhirnya Suzaku dan Ittoki pun berpisah sementara demi melerai pertengkaran mereka. Setelah peristiwa itu, Suzaku tiba di apartemen nya, tiba-tiba Suzaku melihat foto dibelakang bersama ayahnya, ia menemukan Kartu SD berisi tiga video. Video pertama diputar, dia melihat rekaman kamera keamanan dimana Kidou dan Kishinmaru berada di tempat parkir. Kishinmaru bertanya kepada Kidou mengapa ia membuat sesuatu yang begitu mengerikan dan mengatakan bahwa jalan yang ia tempuh hanya akan membawa kehancuran dan kehancuran. Meskipun Kidou mengklaim bahwa cita-citanya sama dengan cita-citanya, dunia yang damai tanpa perlu ninja, Kidou ingin membunuh semua ninja dan membuat negara diperintah oleh dirinya sendiri dan para Asura. Karena Kishinmaru tidak setuju dengan hal itu dan melihatnya sebagai kediktatoran daripada perdamaian, Kidou yang dibutakan oleh kemarahan dan kecemburuan menyuruh seorang ninja yang tidak dikenal untuk membunuh saudaranya. 

Baca juga  Sambut Episode Perdana, Netflix Gelar Acara Fan Meeting dan Screening Live Action One Piece di Jakarta

Suzaku yang menyaksikan bukti yang menjerat Kidou ini untuk pertama kalinya sangat terkejut. Dia selalu meyakini bahwa desa Iga harus bertanggung jawab atas kejahatan yang telah terjadi karena membunuh Kishinmaru, namun ternyata Kishinmaru dibunuh oleh sekutu kepercayaannya sendiri.

Amanat untuk Ittoki setelah kejadian ini

Review Shinobi no Ittoki Episode 10 - Otaku Mobileague

Selagi Ittoki meluangkan waktu untuk melupakan kematian ibunya, Kidou mengirimkan surat kepadanya untuk meminta inti Ninja Rahasia tersebut. Selain itu, dia ingin para penduduk desa untuk meninggalkan rumah mereka dan menyerahkan semuanya kepada klan Koga. Penduduk desa yang mengetahui hal ini sangat marah terutama karena mereka baru saja kehilangan kepala desa yang mereka cintai.

Tetapi bukannya segera bertindak, Ittoki malah memohon untuk diberi waktu lagi. Namun, penduduk desa tidak menyukai keraguannya dan merasa bahwa mereka akan terbunuh oleh Koga jika mereka menyerang lagi. Padahal, Ittoki sedang mempersiapkan diri untuk menempuh jalan yang berat di kemudian hari dan kemungkinan besar akan segera mengambil keputusan besar.

Bagi saya episode Shinobi no Ittoki kali ini…

Sungguh kita telah dihajar oleh sekumpulan fakta mengejutkan di episode Shinobi no Ittoki kali ini, bahwa Kousetsu bertindak sebagai bagian dari mata-mata Koga untuk melihat kemampuan serta kondisi klan Iga saat ini. Luka yang dihadapi Ittoki secara bersamaan membentuk sebuah tantangan dalam mengemban jabatan sebagai Ketua Klan Iga. Untuk skor kali ini saya kasih 9.3/10 dan jangan lupa pokoknya tonton terus Shinobi no Ittoki lewat streaming legal Bstation untuk sub Indo.

(Visited 180 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.