NewsKabar VTuberVTuber Corner

VTuber Riro Ron dari Idol Corp Diberhentikan, Apa Alasannya?

“Aktivitas Tuber Riro Ron dari Idol Corp diberhentikan oleh pihak agensi dengan alasan pelanggaran kontrak”

Menjadi talent VTuber dari sebuah agensi sama halnya dengan menjadi karyawan di suatu perusahaan. Dan sebagaimana akan ada karyawan berganti karena berbagai alasan, talent VTuber pun juga dapat meninggalkan agensi untuk berpindah ke agensi lain untuk menjadi VTuber independen, atau memang berhenti dari dunia per-VTuber-an. 

Komunitas penggemar VTuber pun pastinya sudah tidak asing dengan graduation seorang VTuber. Graduation adalah sebuah kata yang lazim digunakan untuk menjelaskan bahwa VTuber tersebut akan berhenti berkarya sebagai karakter virtual youtuber yang mereka perankan. Biasanya, berhentinya VTuber berasal dari keinginan pribadi sang talenta di balik karakter virtualnya, namun, tidak jarang juga VTuber ‘diberhentikan’ aktivitasnya karena alasan-alasan tertentu. Seorang VTuber yang terpaksa diberhentikan kerap kali tidak diberitahukan secara jelas oleh agensi alasan dibalik keputusan pemberhentian sang VTuber, namun baru-baru ini agensi Idol Corp memberikan kabar bahwa salah satu talentanya, VTuber Riro Ron, akan diberhentikan, sekaligus memberi tahu dengan cukup detail alasan dari pemberhentian VTuber tersebut.

Melakukan Pelanggaran Kontrak

VTuber Riro Ron dari Idol Corp Diberhentikan, Apa Alasannya? - Otaku Mobileague
Sumber gambar: https://twitter.com/idol_corp/status/1729591027323838844 

Berdasarkan unggahan sosial media resmi agensi Idol Corp, VTuber Riro Ron dikonfirmasi telah melakukan pelanggaran kontrak berupa:

  • Penyalahgunaan zat terlarang saat melakukan siaran langsung
  • Membujuk penggemar saat live stream khusus member untuk bertemu privat secara offline
  • Bertemu seorang penggemar secara langsung dan mendapat hadiah dari penggemar tersebut berupa uang sebesar ribuan USD
  • Menjalin hubungan rahasia dengan seorang anggota tim manajemen idol, yang juga telah diberhentikan setelah konfirmasi detail permasalahan ini
Baca juga  Jadwal Tayang Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba To the Hashira Training di Bioskop 

Pemberhentian kontrak ini juga telah efektif per tanggal 28 November 2023 lalu

Kontroversi Stream

VTuber Riro Ron dari Idol Corp Diberhentikan, Apa Alasannya? - Otaku Mobileague
Sumber gambar: https://twitter.com/EisteeMangoDE/status/1729670311446995208 

Diduga salah satu penyebab dari pemberhentian kontrak VTuber Riro Ron adalah sebuah streaming khusus membership. Dari hasil tangkapan layar yang beredar di X (Twitter), siaran tersebut memperlihatkan sebuah persyaratan untuk menjadi “Harem” Riro yang bersifat rahasia dan juga terindikasi memiliki sangkut paut dengan pertemuan offline antara sang VTuber dan penggemar secara rahasia.

Aktivitas Riro Ron Kedepannya

Pasca pengumuman pemberhentiannya, segala sosial media Riro Ron tidak lagi aktif. Pihak agensi Idol Corp, juga mengumumkan bahwa channel YouTube milik Riro Ron akan ditutup per tanggal 1 Januari 2024. Refund merchandise dan juga donasi via Donothon juga akan dilakukan. Form refund akan dibagikan oleh pihak Idol Corp melalui official idol Discord server.

Agensi Idol Corp Mendapat Apresiasi atas Transparansi dari Penggemar

Meskipun pengumuman pemberhentian sang VTuber cukup mengejutkan penggemar, tetapi pengumuman jelas dan transparan mengenai alasan pemberhentian ini pun mendapat apresiasi dari penggemar. Apresiasi ini dapat dilihat dari kolom balasan komentar tweet pemberhentian Riro Ron.

https://x.com/btwbluwu/status/1729600774919918004?s=20

Diduga Akun Alter Riro Ron Buka Suara

VTuber Riro Ron dari Idol Corp Diberhentikan, Apa Alasannya? - Otaku Mobileague
Sumber gambar: https://twitter.com/EisteeMangoDE/status/1729670311446995208 

Pasca pengumuman berhentinya, diduga akun alter dari sang VTuber mengunggah sebuah cuitan yang cukup mengejutkan. Akun @ky0resu yang merupakan akun alter dari VTuber Riro Ron membagikan sebuah gambar berisi teks, yang menyebutkan bahwa dirinya sendiri pun terkejut mendapatkan berita pemberhentiannya. Namun, ky0resu tidak memberikan klarifikasi terkait apakah statement alasan yang diberikan oleh pihak agensi idol Corp terkait termination-nya benar atau tidak. Meskipun demikian, ky0resu menyebutkan bahwa ia berharap ia dapat berbicara dengan jujur dan juga transparan, dan mengatakan bahwa dirinya akan kembali. Dengan adanya cuitan dari akun ky0resu ini maka timbulah opini lain dari pihak penggemar, yang menyampaikan dukungan kepada sang VTuber.

Kesimpulan Dari Graduatenya Riro Ron dari Idol Corp

Riro Ron yang merupakan talenta VTuber dari agensi Idol Corp belum lama ini diberhentikan kontraknya oleh pihak agensi dengan alasan pelanggaran kontrak. Channel YouTube Riro Ron akan dihapus per awal tahun 2024 mendatang dan pembelian merchandise serta membership akan di refund oleh pihak agensi. Tak lama setelah pengumuman pemberhentiannya, akun @ky0resu yang diduga akun alter dari Riro Ron turut buka suara terkait rasa terkejut nya dan juga bagaimana ia tidak bisa mengklarifikasi apapun perihal pernyataan yang diberikan agensi. 

Baca juga  "Coco Gak Papa Kok" Ujar Amane Kanata, VTuber sekaligus Teman Seapartemen Kiryu Coco

Sumber:

(Visited 118 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.