Mari Nostalgia Bersama Street Fighter II Animated Movie

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

“Tekad bertarung yang kuat dalam Street Fighter adalah harga mati!”

Siapa disini yang ingat jurus Hadouken dari Ryu? atau jurus Tatsumaki Senpukyaku punya Ken? Para generasi 90an tidak asing lagi dong dengan nama jurus tersebut dalam seri game Street Fighter ini.

Tapi tahukah kalian kalau game ini sempat dibuat kedalam film anime? Kita akan bahas rangkuman tentang Street Fighter II Animated Movie ini.

Tentang Street Fighter II Animated Movie

Film anime yang diadaptasi dari judul yang sama dari game legendaris ini rilis pada 8 Agustus 1994 silam. Film ini digarap oleh studio Group TAC rupanya diterima dengan baik di kalangan penggemar game, dan umumnya dianggap jauh lebih unggul dari film live-action yang dibintangi oleh Jean Claude van Damme itu. 

Dari berbagai aksi, Street Fighter II Animated Movie memiliki penggambaran yang sangat realistis dibandingkan dengan anime genre aksi pada umumnya. Ini juga berkat bantuan dari pendiri K-1 dan petarung profesional, Kazuyoshi Ishii dan Andy Hug. Meskipun alur cerita film tersebut tampaknya tidak dikenali atau dipahami oleh alur cerita game utamanya banyak detail yang disertakan di game selanjutnya, khususnya seri Street Fighter Alpha.

Namun demikian, Street Fighter II Animated Movie menawarkan gambaran tentang sebuah pengalaman dalam menikmati kepercayaan diri yang luar biasa dari pendatang baru. Ada energi gelisah di anime ini, ketika film anime pertama berdasarkan perjalanan Ryu, Ken, dan pejuang dunia Street Fighter lainnya. Ini adalah film yang diresapi dengan semangat tim kreatif yang percaya pada pokok bahasannya dan sangat ingin memamerkan aksi pemerannya.

Antara pengalaman bertarung dan pengelana sejati

Cerita awal dari Street Fighter II Animated Movie ini dimulai cukup mengejutkan dimana terjadi sebuah pertarungan hebat. Dalam pertarungan ini, ahli bela diri Jepang bernama Ryu berhadapan dengan juara Muay Thai yaitu Sagat. Dengan  segala gemuruh disini, mereka berdua bertarung dalam duel epik. Namun, terlepas dari kekuatan dan kemampuannya yang terkenal, Sagat kesulitan mengalahkan lawannya.

Sagat mencoba menghabisi Ryu, namun serangan balik Ryu dengan teknik khasnya, Shoryuken, menimbulkan luka parah di dada Sagat. 

Luka yang kemudian menjadi bekas luka khas Sagat. Marah dan terhina, Sagat menyerang Ryu. Ryu mengumpulkan energi internal dan melepaskan semuanya sekaligus, dalam bentuk Hadoken, yang kemudian menjadi pembuka film ini.

Beberapa tahun kemudian sejak duel melawan Sagat, Ryu kini menjelajahi benua Asia untuk berkelana sekaligus mencari pengalaman bertarung. Di sisi lain, Ken tak lain adalah rekan latihan sekaligus saingan Ryu yang lama, mendapati dirinya tidak puas dengan kurangnya tantangan. Sangat menginginkan pertandingan ulang dengan Ryu, dia mengenang pengalaman masa kecilnya.

Baca juga  2 Game Pokemon Medallion: Kumpulkan dan Adu!
Street Fighter II Animated Movie

Perjalanan Ryu tidak semulus itu, sebab sebuah organisasi teroris jahat bernama Shadaloo, dipimpin oleh seorang pria bengis bernama M. Bison, berkomplot untuk menculik para Street Fighters di seluruh dunia untuk menghipnotis mereka dan menggunakannya untuk melakukan pembunuhan biadabnya. Setelah menyaksikan cuplikan pertempuran Ryu melawan Sagat, Bison tertarik untuk menangkap Ryu karena potensi bertarungnya yang sangat besar.

Dalam Street Fighter II Animated Movie juga diperlihatkan sosok ikonik lainnya seperti Chun Li, ternyata dia berperan sebagai bagian dari Interpol. Dia punya dendam pribadi terhadap Bison, lalu dia mencari bantuan Guile untuk menemukan keberadaan Ryu. 

Saat mengumpulkan informasi tentang keberadaan Ryu yang diketahui, mereka juga memperingatkan Street Fighter lainnya, seperti Dee Jay untuk mencari Monitor Cyborg di sekitar mereka. Guile melanjutkan penyelidikan menggantikan Chun-Li, berusaha membalas dendam pada Bison karena membunuh teman dekatnya, Charlie Nash. Bison tertarik pada Ken setelah melihat rekaman Monitor Cyborg tentang bagaimana dia melawan T. Hawk dan memperhatikan bahwa Ken menggunakan gaya seni bela diri yang sama dengan Ryu.

Tokoh terkenal di Street Fighter II Animated Movie

Ryu

Street Fighter II Animated Movie
Ryu

Siapa yang tidak kenal sosok Ryu? Dia merupakan tokoh utama sekaligus ikon dari waralaba seri Street Fighter. Pada film anime ini, Ryu coba berpetualang ke Hongkong. Sebab Ryu berada di sebuah turnamen di Hong Kong, di mana dia diganggu oleh semua orang di sekitarnya tanpa alasan yang jelas. Dia dipaksa masuk ke ring turnamen, di mana dia dengan cepat mengalahkan lawannya yang sombong ke kehadapan wajahnya. Ini cukup untuk mengesankan sebab salah satu penonton yaitu Fei Long, yang memasuki ring untuk menguji Ryu.

Ryu identik dengan jurus terkenal seperti Hadouken dan Shoryuken dimana dia merupakan ahli beladiri Karate aliran Shotokan. Juga ada jurus Ansatsuken yang tidak disebutkan namanya ditambah dengan pandangannya sendiri tentang Shotokan, berfokus pada serangan tunggal yang kuat yang biasanya menjatuhkan musuh, dan berpusat di sekitar ciri khasnya Hadoken.

Chun Li

Disini dia memiliki peran penting sebagai anggota Interpol. Bertugas jadi agen Interpol, dia meminta untuk bekerja dengan Guile untuk menyelidiki organisasi punya Bison. Guile pada awalnya tidak ingin bekerja dengannya, lebih bersemangat untuk mengejar Bison sendiri, tetapi Chun-Li tetap gigih dan dia menggodanya untuk menyerangnya secara terbuka untuk menghilangkan rasa frustrasi dari sistemnya dan menunjukkan kemampuan seni bela dirinya. Dia meyakinkan Guile bahwa lebih penting untuk mengesampingkan perasaan balas dendam pribadi dan sebaliknya bersikap praktis dan fokus pada cara bekerja sama. Keduanya pada dasarnya tidak dapat dipisahkan setelah itu sampai Bison menyadari aktivitas mereka.

Baca juga  Review Chainsaw Man Episode 3: Masa Lalu Power Terungkap
Street Fighter II Animated Movie
Chun Li

Ini merupakan peran dia di Street Fighter II Animated Movie namun dia tidak meninggalkan ciri khas nya sebagai orang China yaitu memakai qipao, pakaian tradisional yang berasal dari kawasan Manchuria yang menjadi populer di kalangan anak perempuan pada awal abad ke-20. Pakaiannya dimodifikasi untuk memungkinkan jangkauan gerakan yang jauh lebih luas daripada qipao biasa.

Chunli adalah seorang paham akan hukum lalu punya banyak akal dan berdedikasi dengan rasa keadilan yang kuat yang menyaingi ayahnya, karena dia sangat percaya dalam melindungi yang tidak bersalah dan menyelamatkan nyawa orang lain. Dia adalah wanita yang sangat disiplin, berpengalaman, dan berani, dan sering kali menyuarakan nalar.

Ciri khas dari jurus Chunli adalah teknik Hyakuretsukyaku, yang merupakan kemampuannya untuk melontarkan banyak tendangan sekaligus. 

Ken Masters

Street Fighter II Animated Movie
Ken Masters

Inilah sang rival sejati sekaligus rekan akrab dari Ryu, Ken Masters. Dia berasal dari Amerika Serikat dan memiliki sifat yang berbeda dari Ryu, yaitu bergaya, tidak kuno juga tidak dapat diprediksi, serta jauh lebih kejam dan agresif daripada Ryu. Dia adalah laki-laki alfa dengan ego raksasa dan terus-menerus mengingatkan lawan tentang kehebatannya. Meskipun terkadang dia kurang ajar, egois, dan sombong, hatinya murni. Dia umumnya baik, ramah, orang yang baik dan sangat santai yang membuatnya memulai sebuah keluarga sendiri. Dia pantang mundur dari pertarungan tidak peduli betapa sulitnya kelihatannya.

Namun naas, kisah Ken di film anime ini cukup miris dimana pada awalnya Ken tanpa sadar diawasi oleh cyborg, yang mengirimkan rekaman pertarungan ke markas Shadaloo. Bison melihat rekaman itu dan mengetahui sejarah Ken dengan Ryu melalui robot monitornya yang lain, hingga memutuskan untuk memburunya dan mencuci otaknya menggantikan Ryu.

Ken ditangkap, dicuci otak, dan dikirim untuk melawan Ryu. Ini membuat mereka sibuk sementara Bison melacak Guile, lain tempat Ryu mulai bikin rencana batalkan pencucian otak. Untungnya, Ken menggunakan ajaran tuannya untuk memperbaiki tubuhnya dan bergabung dalam pertarungan.

Teknik bertarung Ken hampir mirip dengan Ryu yaitu aliran Shotokan yang berfokus pada kekuatan juga ketahanan.  Ken menggunakan gerakan yang sama dengan Ryu yaitu dia memiliki Hadoken namun sedikit lebih lemah dari Ryu, lalu Shoryuken yang lebih horizontal yang dapat memukul hingga tiga kali dan membuat lawan terbakar dan Tatsumaki Senpukyaku yang dapat mendaratkan hingga lima pukulan tanpa K.O.

Bison

Street Fighter II Animated Movie
Bison

Sang tiran dari segala tiran, dialah M. Bison. Dia merupakan penjahat yang punya motivasi atas kepentingan egoisnya sendiri dan nafsu akan kekuatan absolut melalui dominasi dunia sementara juga menikmati apa yang dia miliki saat ini sebagai perencana, ketika bangga menikmati segala rencana langkah selanjutnya dengan rencana keji apa pun yang dia lakukan. Dia adalah teroris gila dan sombong yang berusaha menguasai dunia dengan tangan besi sementara juga secara universal dianggap sebagai yang terbesar.

Baca juga  Villainess HameFura Membawa Angin Segar Perisekaian

Sebagai pendiri dan pemimpin Shadaloo, M. Bison menggunakan metode ilegal sebanyak mungkin untuk mencapai tujuannya yang destruktif dan biadab, mulai dari perdagangan narkoba dan perdagangan senjata hingga terorisme dan eksperimen manusia ilegal.

Selama pencariannya, dia bertemu Ken, yang menunjukkan potensi bertarung yang sama dan merupakan teman masa kecil Ryu. Bison menculik dan mencuci otak Ken, menempatkannya di Ryu sementara dia secara pribadi berduel dengan Guile, yang dia kalahkan dengan mudah. Ketika Ken melepaskan diri dari pengaruh M. Bison, dia mulai melukainya dengan parah hingga dia bermain-main dengan Ryu untuk sementara sampai Ken pulih dan bergabung kembali dalam pertempuran. 

Bahkan M. Bison adalah orang yang tidak jelas asal lahirnya, namun begitu dia memiliki teknik bertarung yang dikembangkan dan diajarkan oleh dirinya sendiri bernama Lerdrit. Padahal pada kenyataannya, Lerdrit sebenarnya adalah Thailand yang diajarkan dan digunakan oleh Angkatan Darat Kerajaan Thailand. 

E.Honda dan Guile

Street Fighter II Animated Movie
E.Honda dan Guile

Mereka berdua adalah tokoh yang membantu daripada Ryu dan Chunli hadapi para antek Bison. Latar belakang E. Honda adalah pesumo dari Jepang dan pernah sempat bertarung dengan Dhalsim dari India. Kejadian uniknya saat Dhalsim berhasil melepaskan diri dari cengkeraman Honda dan mencoba untuk menaklukkan mental Honda. Namun kehadiran Ryu cukup mengganggu Dhalsim bagi Honda untuk mendapatkan kembali kendali atas pertandingan dan menang karena kalah. Honda mengejar Ryu, menyadari bahwa dia membantunya menang dan fakta bahwa Ryu adalah sesama pejuang Jepang, menawarkan setengah dari hadiah uang (yang ditolak terakhir) serta tempat tinggal untuk sementara waktu. 

Sedangkan Guile berasal dari Amerika Serikat merupakan prajurit, juga punya misi balas dendam pada Bison karena membunuh rekan satuan militernya. Teknik beladiri nya mengandalkan perpaduan yang kuat antara serangan dan pertahanan yang solid, dikombinasikan dengan kelincahan dan tangkapan udara yang andal. Namun, Guile dapat dengan mudah diberi umpan untuk menggunakan gerakannya pada waktu yang salah dan menjadi sasaran serangan sapuan dan serangan udara.

Kesan pada Street Fighter II Animated Movie

Saya tidak perlu bahas banyak lagi karena bagi saya dengan alur yang kompleks ini menghasilkan sebuah cerita yang padat berisi dengan segala teknik bertarung hingga emosional yang berhasil membentuk para penonton jadi kagum dengan film anime ini. Saya cukup kasih skor film ini 8.0/10, dan jangan lupa film anime ini bisa dinikmati lewat streaming Retrocrush, Crunchyroll dan Bilibili. 

Sampai jumpa di bahasan selanjutnya. Baca juga artikel review saya, C – The Money of the Soul and Possibility Control

(Visited 15 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.