Review Anime C – The Money of the Soul and Possibility Control

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Satu-satunya hal yang bisa membuat orang mabuk kepayang selain cinta adalah uang.

Benjamin Disraeli

Kutipan diatas adalah bentuk nyata bagaimana uang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita suka tidak suka. Terutama era sekarang dengan tingkat mobilitas yang begitu kompleks dimana uang sangat diperlukan.

Uang juga menjadi sumber petaka sosial dan pribadi kalau susah untuk dikendalikan, lantas apa hubungan ini dengan anime yang kita akan bahas? Ini menjadi hal yang menarik kita rangkum dalam anime C.
Mari simak rangkuman anime C disini.

Tentang anime C – The Money of the Soul and Possibility Control

Anime ini dirilis pada 15 April sampai 24 Juni tahun 2011 dengan memiliki judul lengkapnya “C – Control: The Money of the Soul and Possibility Control” atau judul singkatnya yaitu “C: The Money and Possibility”. Digarap oleh studio Tatsunoko Production dan tayang di Fuji TV cukup rilis dengan 11 episode saja.

C adalah…

The Money of the Soul and Possibility Control

Sesuai dengan judul anime “C – Control: The Money of the Soul and Possibility Control” adalah kontrol. Kontrol seperti apa yang dimaksud dalam cerita anime ini? Cerita bermula oleh tokoh bernama Kimimaro Yoga, mahasiswa semester dua, yang melihat fakta yang cukup mengejutkan ketika pengumuman dari pemerintah Jepang bahwa Jepang lolos dari jurang kehancuran finansial oleh Lembaga Keuangan Mandiri. 

Namun realita berkata lain bagi warganya, kehidupan belum banyak membaik, pengangguran, kriminalitas, bunuh diri, dan keputusasaan masih merajalela. Kimimaro lalu dibesarkan oleh nenek dari pihak ibu setelah kehilangan ayah dan juga ibunya. Dia juga satu satunya mendapatkan beasiswa dimana hal ini nanti menggunakan uang tersebut untuk melarikan diri dari semua ini dan menjalani kehidupan yang benar-benar normal dan stabil dengan sebuah rumah beserta istri dan beberapa anak-anak.

Setelah itu, ada peristiwa aneh dimana seorang pria yang tidak punya uang menggunakan kartu kredit aneh yang telah memberi akses ke Distrik Keuangan surealis. Kejadian ini membuat dia terlibat dalam pertempuran melawan pria lain bernama Sōichirō Mikuni. Mulai bertarung dengan makhluk misterius, dan akhirnya mampu dikalahkan. Karena kekalahan tersebut, pria tersebut akhirnya bunuh diri keesokan harinya. Sementara itu, seorang anak laki-laki bernama Kimimaro Yoga melakukan dua pekerjaan paruh waktu untuk mengumpulkan uang demi masa depan nya. Lantas apa yang terjadi pada Kimimaro saat itu?

Baca juga  Bungou Stray Dogs Mendapat Season 4, Alur Cerita Semakin Kelam

Rasa penasaran Kimimaro

Suatu malam saat dia mencoba mempelajari permainan kuis pop, dia didekati oleh seorang pria misterius bernama Masakaki, yang mengumumkan bahwa Kimimaro telah dipilih untuk menjadi pengusaha di bank misterius, sebab tempat kosong telah dibuka. Dia terkejut hingga berpikir jika ini sangat mustahil menerima tawaran ini, keesokan harinya, Kimimaro terkejut menemukan 500.000 yen disetorkan ke rekeningnya.

The Money of the Soul and Possibility Control

Karena dia sangat bingung dengan apa yang harus dilakukan, maka Kimimaro pun mempertimbangkan untuk menggunakan jumlah uang yang kecil agar dia bisa menghadiri suatu kegiatan bersama temannya, Hanabi Ikuta. Namun, saat dia menarik uangnya, dia sekali lagi didekati oleh Masakaki, yang menempatkannya di taksi menuju Distrik Keuangan. Inilah dunia C yang akan dia hadapi dengan begitu menantang nanti.

Beberapa tokoh penting di C

Kimimaro Yoga

Kimimaro Yoga, Pemeran Utama Anime C - The Money of the Soul and Possibility Control

Dia merupakan tokoh utama di anime C- The Money of the Soul and Possibility Control ini. Seorang yang dulunya masih bayi harus ditinggal oleh ayahnya dan beberapa waktu kemudian ibunya juga menyusul wafat hingga meninggalkannya bersama bibinya. Dia hidup dengan sedikit uang selama masa kuliahnya. Saat kuliah di Heisei University of Economics, dia terbukti sangat berdedikasi dan fokus bekerja sebagai pegawai negeri bahkan sampai belajar untuk ujian pegawai negeri selama kelasnya. Suatu hari, saat makan siang bersama temannya Hanabi Ikuta, Kimimaro diundang oleh dua teman sekelas lainnya untuk pergi minum yang dia tolak.

Kemudian, pada tengah malam dia diganggu oleh kunjungan seorang pria aneh yang memperkenalkan dirinya sebagai Masakaki. Masakaki kemudian dengan gigih mencoba meyakinkan Kimimaro untuk menjadi Entrepreneur/Entre dan datang ke Distrik Keuangan. Kimimaro mencoba menolak tetapi tidak berhasil. Masakaki meninggalkan Kimimaro dengan deposit 500.000 yen untuk meyakinkannya. 

Saat di sekolah justru dia bertindak jauh dan segera merenungkan apakah dia harus menggunakan uang itu atau tidak. Akhirnya, dia memutuskan untuk menggunakannya. Dia kemudian diberi Kartu Midas oleh Masakaki, dibawa ke distrik keuangan, dan dipersenjatai dengan kuat untuk berpartisipasi dalam Deals/Sepakat.

Kimimaro memiliki aset sekaligus rekan bernama Msyu. Dia mengenal Distrik Keuangan dan beradaptasi dengan situasi dengan cepat, tetapi kekuatannya yang kuat masih merupakan berkah baginya.

Msyu

The Money of the Soul and Possibility Control

Rekan baru Kimimaro sekaligus tokoh utama anime C – The Money of the Soul and Possibility Control ini bernama Msyu atau Mashyu. Dia merupakan rekan dalam permainan maut ini dan memiliki kepribadian digambarkan sebagai sifat kekerasan tetapi ini tampaknya hanya terjadi selama kesepakatan. Saat dia berada di luar kesepakatan, kepribadiannya berubah menjadi tipe yang lebih muram. Dia tampaknya membenci omong kosong seperti yang diungkapkan ketika Kimimaro berbicara hanya untuk menyapa yang dia jawab tidak perlu “halo”.

Baca juga  GANGSTA, Review Anime Klasik Berkisah Perjalanan Kisah Duo Berandalan Handymen

Jika dibandingkan dengan Aset lain, dia ini cukup aneh karena berperilaku seperti manusia normal. Dia bahkan meminta Kimimaro untuk memberinya beberapa ramennya, meskipun Aset tidak tahu definisi “makan”, saking penasaran maka dia tertarik pada ramen dan memakannya sesekali saja.

Jurus andalan Msyu sebagian besar berbasis pada elemen api, terutama terlihat saat dia menggunakan Mezzoflation miliknya. Dia juga bisa membuat penghalang dengan memakai tanduknya, sekaligus digunakan sebagai senjata jarak dekat. Msyu dianggap sebagai Aset yang sangat kuat yang memungkinkan Kimimaro memenangkan pertempuran meskipun dia sangat kurang pengalaman.

Mezzoflation Scorched Earth atau teknik bumi hangus dimana dalam teori bisnis ini merupakan taktik menolak pengambilalihan yang digunakan oleh perusahaan target yang melibatkan penghapusan aset atau divisi penting yang dianggap berharga atau diinginkan oleh pengakuisisi untuk mencegah upaya pengambil alihan.

The Money of the Soul and Possibility Control

Jurus lain dari Msyu adalah Macroflation Overheated Economy, yaitu menyalurkan semua energi di dalam dirinya lalu mengirimkannya ke langit, Msyu memanggil awan badai besar. Awan itu kemudian meledak menjadi tiang besar api yang menghanguskan yang menyembur ke tanah dan menjadi lebih luas, membakar benda-benda di sekitarnya.

Secara teori bisnis, Overheated Economy yaitu ketika periode pertumbuhan dan aktivitas ekonomi yang baik menyebabkan tingkat inflasi yang tinggi (dari peningkatan kekayaan konsumen). Alokasi pasokan yang tidak efisien juga disebabkan karena produsen memproduksi berlebih dan menciptakan kelebihan kapasitas produksi dalam upaya memanfaatkan tingkat kekayaan yang tinggi.

Inilah menariknya tokoh satu ini dengan menggunakan teori dalam bisnis sebagai jurus andalan yang membuat kekuatan nya semakin susah terbendung hingga Kimimaro tidak menyangka punya rekan yang begitu kuat ini.

Masakaki

The Money of the Soul and Possibility Control

Masakaki….Masa kaki? hahaha bukan gitu, memang nama dia Masakaki. Dia adalah orang aneh dari Distrik Keuangan. Peran Masakaki di anim C – The Money of the Soul and Possibility Control adalah perwakilan dari Bank Midas juga  tugasnya adalah memikat Entres baru ke Distrik. Dia sering muncul di sekitar Kimimaro entah dari mana.

Masakaki tampaknya selalu ceria dan memiliki apa yang tampak seperti suka main-main, sering berteleportasi dan muncul di sekitar ruang pribadi orang lain secara tak terduga. Dia memanggil semua orang dengan gelar -sama pada belakang nama, baik sebagai bentuk penghormatan yang ekstrim terhadap Entre atau sebagai cara mengejek sarkasme.

Baca juga  Review Anime CYBER FORMULA : Nostalgia 90AN Anime Balap Yang Memacu Kecepatan dan Adrenalin Dalam Sirkuit Balapan

Awal pertemuan dia dengan Kimimaro pada saat tengah malam ketika Kimimaro bangun untuk diganggu oleh kunjungan seorang pria aneh yang memperkenalkan dirinya sebagai Masakaki. Masakaki mencoba meyakinkan Kimimaro untuk menjadi Entrepreneur/Entre dan datang ke Distrik Keuangan, namun Kimimaro menolak. Untuk menyiasatinya, Masakaki meninggalkan Kimimaro deposit besar sebesar 500.000 yen di rekening banknya meski dia tidak memberitahukannya kepada Kimimaro yang pada awalnya berasumsi bahwa telah terjadi kesalahan di rekening bank.

Salah satu kekuatannya adalah dapat berteleportasi, dan juga dapat mengirim dirinya sendiri dan orang lain ke dimensi lain di mana waktu dihentikan. Menariknya, dia memiliki kekuatan itu tidak hanya di Financial District tapi juga di dunia nyata dan dia bukan termasuk salah satu aset atau deals/sepakat di dunia itu.

Hanabi Ikuta

Dia adalah sosok yang cukup dekat dengan Kimimaro, terlebih hanya sebagai teman sekelas saja. Uniknya, Dalam anime C- The Money of the Soul and Possibility Control, Kimimaro memiliki perasaan suka alias bucin kepada Hanabi disaat bersamaan tanpa Hanabi ketahui. Hanabi juga sosok yang ternyata selalu berpikir positif dan bersemangat setiap harinya.

Dia bahkan tidak memiliki sifat atau perasaan yang sedih selama dia masih bergembira dan mengawali hari dengan senang hati. Sampai ketika Distrik Keuangan memasuki dunia nyata seketika dia mulai berubah sikapnya menjadi aneh dan konyol.

The Money of the Soul and Possibility Control

Yang tidak Kimimaro ketahui adalah dia sudah memiliki pacar sejak lama dan peristiwa Distrik Keuangan masuk ke dunia nyata saja dia tidak pernah ikut masuk bersama Kimimaro. Sampai peristiwa ini selesai mereka berdua hampir sulit untuk bertemu lagi.

Bagi Saya Anime C – The Money of the Soul and Possibility Control Adalah….

Adalah perpaduan antara dunia supranatural yang abstrak, terus ada unsur postmodern dalam cerita saat memasuki kawasan Distrik Keuangan, dan ada unsur bisnis dan keuangan yang dipadukan dalam cerita dan tokoh anime ini seakan C ini memiliki sentuhan magis kepada penonton yang terbawa cerita tentang peliknya hidup dengan uang bersama kekuatan ekonomi yang anehnya.
Itu yang bisa saja ringkas mengenai anime C – The Money of the Soul and Possibility Control ini, sampai jumpa di bahasan selanjutnya.
Baca juga review anime lainnya seperti adaptasi anime Virtua Fighter

(Visited 32 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.