Tahukah Kalian Kalau Virtua Fighter, Ada Animenya?!

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

VIrtua Fighter adalah anime lawas yang kala itu mendapat adaptasi anime karena popularitasnya saat itu.

“Sousa hot wild vision kokoro wa tobu yo donna ni tooi sora demo”
Ada yang masih ingat penggalan lirik ini? Lagu berjudul “Wild Vision” ini menjadi opening yang cukup diingat bagi pecinta anime yang diadaptasi dari game arcade legendaris ini yaitu Virtua Fighter. Saya tidak akan bahas game nya, namun saya mau membahas anime satu ini yang dulu pernah saya tonton sebelum atau setelah subuh di tv swasta kita. Seperti apa kisah mereka? Simak dulu rangkuman nostalgia bersama Virtua Fighter.

Awal mula adaptasi ke anime

Virtua Fighter sendiri merupakan produksi dari perusahaan game Sega-AM2 yang dirilis pada 1993 silam, ternyata game arcade yang menjadi pesaing dari dua game fighting legendaris seperti Tekken dan Street Fighter ini sukses besar dan makin populer di seluruh Jepang. Pada tanggal 30 Maret 2020, RetroCrush mengumumkan jika anime ini akan disediakan ke format streaming dengan takarir Bahasa Inggris.

Hingga beberapa tahun kemudian, game arcade ini mulai disebar ke luar negeri salah satunya Indonesia yang pada awal 2000an game arcade ini telah masuk ke berbagai mall dan wahana bermain di Indonesia. Disamping itu, kesuksesan game arcade ini lalu dibuat kedalam anime pada 2 Oktober 1995 hingga berakhir di tanggal 27 Juni 1996.

Anime ini sendiri digarap oleh studio legendaris TMS kerjasama dengan Studio Uni, lalu tayang di stasiun tv yaitu TV Tokyo namun pengerjaan nya tetap dibawah pengawasan Sega selaku pemilik game tersebut agar adaptasi ke anime nya memiliki kualitas yang baik.

Sang pengelana yang haus akan bertarung

Kisah berawal dari pemuda Jepang bernama Akira Yuki, dia adalah cucu dari orang yang mengembangkan teknik Hakkyoku-ken. Akira berperan sebagai asisten instruktur di Yuki Budokan (dojo keluarganya), juga dikenal sebagai orang yang aktif dan impulsif. Dia juga bisa naif dan melampaui batas. Setelah menyelesaikan pelatihannya di bawah asuhan kakeknya pada usia 23 tahun, maka dia mulai lanjutkan misi untuk menguji kemampuannya. 

Baca juga  Review Chainsaw Man Episode 8: Kematian Tragis Himeno

Lain hal, dia suka menikmati makan banyak dan bermalas-malasan. Setelah diusir dari kakeknya, dia memenangkan banyak turnamen. Tetapi dengan ini juga dia lupa tentang pertarungan yang sebenarnya, dan akibatnya dia tidak bisa melihat impian nya lagi.  Akhirnya dia memulai perjalanan, lalu Akira dalam pencarian untuk melihat delapan bintang di langit yang hanya bisa dilihat oleh mereka yang memiliki kekuatan sejati. 

Virtua Fighter

Di Chinatown, dia bertemu dengan Pai Chan, yang berusaha melarikan diri dari organisasi kriminal seni bela diri yang dikenal sebagai Koenkan, menolak perjodohan dengan pemimpinnya, Liu Kowloon. Mereka kemudian bertemu Jacky Bryant dan Sarah Bryant, yang membantu mengusir Koenkan keluar dari Chinatown dan melakukan perjalanan bersama sesudahnya. 

Sarah kemudian diculik oleh Kage-Maru dan dicuci otak oleh ilmuwan Eva Durix, yang percaya seniman bela diri membatasi potensi mereka dengan emosi, hati nurani, dan ketakutan mereka sendiri, serta menghilangkan sifat seperti itu akan memungkinkan mereka menjadi prajurit yang sempurna dalam mengembangkan mesin tempur untuk membuktikannya.

Saat tiga tahun kemudian, Pai dan Jacky mewujudkan impian mereka. Masing-masing ada menjadi aktris terkenal dan satunya menjadi pembalap mobil profesional di ajang Indy. 

Mereka memutuskan untuk mengunjungi Akira di Jepang ketika mereka tiba-tiba diserang oleh Ninja Oni-Maru. Dengan bantuan Lion, mereka menemukan bahwa mereka ada dalam daftar pembunuhan rahasia. Organisasi rahasia ingin mendapatkan informasi tentang petarung paling terkenal di dunia. Terungkap bahwa Eva Durix dalang dari organisasi itu dan selamat dari kekalahannya hingga menjadi sekutu Oni-Maru, teman lmasa kecil Kage yang ingin membunuhnya untuk menjadi pemimpin baru klan Hagakure.

Inilah para tokoh utama Virtua Fighter

Akira Yuki

Akira Yuki Virtua Fighter

Sang ikon juga tokoh utama dari Virtua FIghter tak lain adalah Akira Yuki. Menguasai salah satu teknik beladiri Hakkyoku-ken ini juga salah satu dari tiga petarung yang memenangkan turnamen Virtua Fighter selain Lau Chan dan Kage-Maru.

Baca juga  Hari Ini Dimulai! Ketahui Dahulu Info Hanyo no Yashahime Ini Sebelum Menonton!

Pai Chan

Pai Chan berasal dari Hongkong, dia memiliki kepribadian yang ceria dan teguh meskipun suasana hatinya dapat berubah dengan sangat cepat tergantung situasinya. Dia merupakan penguasa teknik beladiri aliran Mizongquan. Ketika dia tidak sibuk dengan karirnya sebagai aktris film, dia mencurahkan waktu dan perhatiannya untuk pelatihannya dengan harapan bisa melampaui ayahnya. 

Pai Chan Virtua Fighter

Awalnya, dia memiliki hubungan yang tegang dengan Lau setelah kematian ibunya. Namun, ketika dia menemukan Lau sedang sekarat karena penyakit mematikan yang langka, Pai memasuki Turnamen Pertarungan Dunia untuk membuktikan secara emosional dan fisik bahwa dia memiliki apa yang diperlukan untuk meneruskan warisannya.

Sarah berasal dari Amerika Serikat. Punya perawakan tinggi juga atletis dengan rambut pirang nya. Dia juga memiliki saudara bernama Jacky Bryant sesama petarung juga, namun Jacky selain petarung juga sebagai pembalap.

Sarah Bryant

Sarah Bryant Virtua Fighter

Sejak dia masih kecil, Sarah mengagumi dan iri pada kesuksesan kakaknya; sedemikian rupa sehingga dia berusaha untuk mengungguli Jacky dengan mengalahkannya satu lawan satu, yang biasanya diakhiri dengan kemenangan Jacky. Meskipun demikian, Sarah masih sangat peduli pada kakaknya, dan dia tidak akan pernah memaafkan J6 atas semua hal yang mereka lakukan padanya saat berada di bawah kendali organisasi jahat tersebut.

Perlu diketahui J6 ini apa, ialah organisasi jahat yang dimana Sarah memasuki Turnamen Pertarungan Dunia bersama Jacky untuk menjatuhkan Judgment 6, sindikat jahat yang menculik dan mencuci otaknya untuk mencoba membunuh saudaranya sendiri.

Sarah juga petarung yang menguasai beladiri seperti Jeet Kune Do, Karate, dan Taekwondo walaupun di satu sisi dia memiliki kelincahan pada bertarung seperti Flamingo

Sarah adalah seorang mahasiswa muda yang percaya diri dan optimis yang sering menutupi perasaannya dengan senyuman. Hobi favoritnya adalah terjun payung dan bersantai di pantai. Dia juga menikmati pertarungan dan selalu cepat meremehkan lawannya ketika mereka gagal memenuhi harapannya.

Baca juga  Pokemon TCG Raid Battle, Main Bareng Teman Lebih Banyak, Lebih Asyik!

Kagemaru

Kagemaru Virtua Fighter

Kagemaru berasal dari Jepang sama seperti Akira, namun awalnya dia merupakan tokoh antagonis saat menjadi bagian kubu Eva Durix.

Dia juga merupakan Ninja Hagakure generasi kesepuluh dimana gaya bertarungnya diajarkan kepadanya oleh ayahnya sang generasi kesembilan yaitu aliran Hagakure-ryū Jū-Jutsu, seni bela diri fiktif yang didasarkan pada Jujutsu. 

Ketika dia kehilangan ibunya, generasi kedelapan, ayah dan seluruh desa, Kage memasuki Turnamen Dunia pertama untuk mematikan Judgment 6. Saat menyelidiki J6, mereka mengirim helikopter serang mengejarnya, tetapi Kage mampu menghancurkannya. 

Namun, ketika dia mengetahui bahwa ibunya masih hidup, dia dapat menyelamatkannya setelah turnamen ke-2. Mereka bisa hidup damai untuk waktu yang singkat, tetapi Kage sempat menjadi Dural pada saat memasuki turnamen ke-5 untuk mengakhiri penderitaannya dan menghentikan J6 selamanya.

Jacky Bryant

Jacky Bryant Virtua Fighter

Jacky berasal dari Amerika Serikat seperti saudarinya, Sarah. Jacky selain menjadi petarung dia juga adalah pembalap terkenal di kompetisi Indy Car Racing. Dia bahkan dijuluki Blue Flash dan memiliki gaya bertarung aliran Jeet Kune Do.

Jacky sangat menyukai kecepatan, hingga ke titik di mana hal itu meluas ke segala hal dalam hidupnya. Dia menganggap dirinya “lebih cepat dari kilat”, dan memiliki toleransi yang sangat rendah terhadap apa pun atau siapa pun yang dia anggap terlalu lambat.

Dalam situasi apa pun yang dia hadapi, dia tidak pernah kehilangan kepercayaan dirinya, terutama jika menyangkut Sarah, teman-temannya, atau karier balapnya. 

Jacky memasuki Turnamen Pertarungan Dunia dalam upaya untuk mengakhiri Judgement 6, organisasi yang bertanggung jawab atas semua masalah yang dia dan saudara perempuannya alami sepanjang cerita ini.

Jangan lupa kalian bisa saksikan anime ini di layanan streaming khusus anime lawas Retrocrush.
Baca juga artikel saya lainnya di Review Anime Lawas Otaku Mobileague

(Visited 12 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.