ReviewAnime Lawas

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

Tiga kerajaan, satu arah yang menentukan garis besar sejarah China di Anime Kingdom

Pasti disini kalian tahu tentang game Dynasty Warriors? Atau pernah mendengar sejarah tentang Roman 3 Kerajaan? Ini merupakan salah satu bagian sejarah terpenting bagi bangsa China menuju China yang utuh bersatu. Tidak semudah balik telapak tangan, 3 kerajaan saling rebut kekuasaan atas nama kekuatan dan kehormatan. Mari kita bahas tentang Kingdom selengkapnya disini.

Bagaimana awal perjalanan Kingdom sebagai karya fenomenal?

Kingdom ini merupakan adaptasi dari manga berjudul sama, dan manga ini diciptakan oleh Yasuhisa Hara. Manga ini juga rilis di Weekly Young Jump merupakan sebauh karya yang cukup fenomenal diantara rilisan Weeklu Young Jump lainnya.

Yasuhisa Hara Mangaka Kingdom
Yasuhisa Hara Mangaka Kingdom

Manga ini telah memiliki 735 chapter dan jika dihitung maka total volume karya ini berjumlah 66 volume. Ternyata manga ini sudah lama berjalan sejak 2006 awal rilis hingga mendapatkan penghargaan Osamu Tezuka Cultural Prize pada 2013, lalu pada September 2022 manga Kingdom meraih lebih dari 90 juta kopi sebagai manga terlaris sepanjang masa menjadi reputasi yang begitu tinggi bagi Kingdom hingga mampu diadaptasi ke anime dan film live action.

Anime Kingdom juga pertama kali rilis pada Juni 2012 digarap oleh studio Pierrot hingga season 2, barulah sejak season 3 anime ini digarap oleh studio Signpost. Total season anime ini berjumlah 4 season dari 2012-2022 dan rencana nya anime ini akan lanjut ke season 5 pada Januari 2024 tetap digarap studio Signpost.

Awal mula sebuah perjuangan dan harapan

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Cerita ini adalah cerita dimana kita masuk pada periode perang 500 tahun: Era Negara-Negara Berperang di daratan China. Lahir pada periode Negara-Negara Berperang di dataran tengah, Xin/Shina dan Hyou adalah anak yatim perang di negara bagian Qin yang sama-sama bermimpi menjadi “Jenderal Langit Terbesar” untuk bangkit dari kasta terendah mereka sebagai budak dalam kehidupan. 

Suatu hari, Hyou dibawa ke istana oleh seorang menteri untuk digunakan untuk tujuan yang tidak diketahui, meninggalkan Shin sendirian sebagai pembantu rumah tangga di kampung halaman mereka. Masa depan yang lebih baik adalah tujuan utama mereka karena mereka bertujuan untuk menjadi jenderal terbesar di bawah langit. 

Baca juga  7 Fakta Himmel, Pahlawan Paling Narsis di Sousou no Frieren

Menyadari mimpi ini akan sulit dicapai, mereka memulai latihan dengan pedang kayu. Lalu, mereka hadapi lebih dari 1000 pertarungan serius melawan satu sama lain dan berlatih untuk berbagai situasi. Dari kejadian itu membuat Shin terlibat dan pada hari itu pula ia bertemu seseorang yang dapat membantunya mencapai mimpinya, Karena itu Shin menjadi incaran beberapa orang kuat dan berjuang untuk bertahan hidup. 

Melalui perjalanannya dia mendapatkan beberapa teman yang tidak terduga dan mulai belajar tentang sifat perang dan sifat politik. Disinilah Shin membuktikan bahwa dirinya layak untuk menjadi ksatria kedepannya dengan mempelajari seluruh taktik militer juga siasat politik di era tersebut.

Pertarungan hingga pertempuran bersama sahabat baru

Ini jadi hal yang sangat umum terjadi jika sahabat diperlukan untuk membantu muluskan ambisi nya dalam penentuan nasib mereka juga bangsa nya. Satu tahun telah berlalu sejak Pertempuran Bayou, Shin dan pasukan Hi Shin makin berkembang, namun ini belum cukup kuat untuk melindungi Ei Sei alias Ying Zheng. Untuk menjadi lebih kuat dan mencapai tujuannya menjadi Jenderal Besar, dia pun berpartisipasi dalam beberapa penaklukan besar untuk mendapatkan jasa dan meningkatkan pangkatnya. Namun, dia tidak sendiri. Dia bertemu dengan dua anak ajaib lain seusianya yang memiliki prestasi yang menyaingi dirinya. Tidak ada nama besar yang memasuki medan perang.

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Segalanya akan berubah hingga sekutu secara tak terduga dan musuh baru muncul bersamaan. Sementara Ei Sei/Ying Zheng memiliki masalah sendiri di garis depan, Shin menghadapi salah satu rival terbesarnya. 

Shin menghadapi sebuah fase dimana faksi Qin dan mengetahui bahwa militer lain memiliki pandangan berbeda tentang peperangan. Hingga akhirnya Shin didapuk menjadi pimpinan pasukan faksi Qin ini sampai memenangkan pertempuran dengan cemerlang.

Pertaruhan sebuah kerajaan

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Pada cerita berikutnya, Negara Qin tiba-tiba diserang oleh Chu, negara bagian selatan yang besar. Sementara negara bersiap, bukan tanpa kekhawatiran, untuk menghadapi salah satu dari Tujuh Negara yang terkuat, semuanya menunjukkan bahwa negara Chu bukanlah satu-satunya musuh mereka dan mulai sekarang, juga kelangsungan hidup kerajaan Qin adalah dipertaruhkan. 

Saat invasi telah dimulai, para ahli strategi Qin memperkirakan bahwa cara terbaik untuk mempertahankan negara mereka adalah dengan meninggalkan semua pos dan mengumpulkan pasukan sebanyak mungkin yang mereka mampu di tembok Terusan Kankoku, jalur utara menuju ibu kota Kanyou.

Koalisi yang Bisa Dipercaya?

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Setelah peperangan berlalu, para pasukan Qin mampu meraih kemenangan signifikan. Terlihat bahwa Shin merasa puas akan hasil ini, terlebih lagi Qin berhasil selamat dari perang koalisi, namun pertempuran yang melanda seluruh Tiongkok meninggalkan jejak yang begitu besar pada Qin. Bahkan dari pihak yang diserang, dan negara-negara yang berpartisipasi dalam pasukan gabungan.

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 1

Di lain hal, ada orang yang berencana memanfaatkan kekacauan untuk memulai perang saudara. Selain itu, Ryo Fui alias Lu Buwei melangkah ke tahap akhir untuk mencapai ambisinya sendiri. Setelah mengatasi krisis besar skala nasional berlalu, ternyata sebuah tanda-tanda pergolakan baru mulai muncul di Qin.

Beberapa fakta mengenai Kingdom

Kingdom ternyata bukanlah hasil satu hari langsung jadi, melainkan awal mula tercipta karya fenomenal Yasuhisa Hara ini dari karya one-shot nya pada Desember 2004 silam. One-shot nya berjudul “Meng Wu and Chu Zi” ini berkisah tentang dua sahabat yaitu Meng Wu dan Chu Zi dimana menjalani malang nya dan keras nya hidup hingga tiba saat mereka kembali bertemu di medan perang menjadi seteru.

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Berawal dari Mou Bu alias Meng Wu terus menantang siapa saja yang bisa mengalahkan kekuatannya di ibukota, sampai seorang anak laki-laki menerima tantangan itu dan mengalahkannya sebelum mengambil uangnya. Dia kemudian bertemu bocah itu di rumahnya sendiri setelah diseret oleh keluarganya ke pesta penyambutan delegasi dari Chu. Awalnya Mou Bu alias Meng Wu terkejut ketika mengetahui bahwa bocah itu adalah salah satu pangeran Chu dan ditukar sebagai sandera Qin. 

Dalam keputusasaan, Chu Zi kemudian mencoba bunuh diri, sampai Mou Bu melanjutkan untuk menyelamatkannya dan mengatakan kepadanya bahwa jika Chu meninggalkannya, maka mereka akan membuat nama diri mereka sendiri di Qin. Dari sini mereka sempat berjanji satu sama lain bahwa mereka akan bekerja sama untuk membuat nama mereka terkenal di dunia.

Mou Aki mulai perhatikan mereka lalu menyarankan agar keduanya menjadi teman hingga beberapa tahun kemudian saat keduanya mendapatkan apa yang jadi keinginan mereka, Mou Bu menjadi Jenderal Besar, sementara Chu Zi menjadi Perdana Menteri Qin dan ahli taktik yang tegas. Sang mangaka pun mulai kepikiran untuk melanjutkan karya one-shot ini kedalam sebuah manga yang padu berjudul Kingdom kelak.

Kenalan dengan para tokoh penting di Kingdom

1. Li Xin/Ri Shin

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Ri Shin, atau dikenal sebagai Shin, adalah protagonis utama di Kingdom. Dia adalah seorang jenderal militer Qin sekaligus pemimpin tentara Hi Shin serta salah satu yang termuda dalam militer saat dia berjuang untuk menaklukkan dan menyatukan berbagai negara China di era Negara Berperang. Awalnya, ia hanya seorang yatim piatu dibesarkan sebagai pelayan, Shin muda punya mimpi untuk menjadi jenderal besar bersama Hyou, sesama pelayan dan saudara angkatnya di masa depan. 

Baca juga  Review Shinobi no Ittoki Episode 5

Saat dia menginspirasi Shin untuk membebaskannya, ada suatu pedang dan memberikan dirinya tujuan suatu hari pergi ke medan perang untuk mendapatkan lebih kemuliaan untuk menjadi seorang jenderal besar, juga Shin ingin namanya tercatat dalam sejarah. Ketawa khas nya “kakakaka” dan senjata andalan dia adalah King Sword.

2. Ei Sei/Ying Zheng

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Ei Sei alias Ying Zheng adalah protagonis kedua dari serial anime dan manga Kingdom ini. Dia adalah raja dan penguasa Qin ke-31 yang berusaha untuk mengakhiri 500 tahun sejarah panjang Era Negara Berperang dengan mimpi untuk penyatuan total atas keseluruhan Kerajaan Tengah atau Tiongkok sendiri melalui penaklukan militer atas enam kerajaan musuh yang akan diperintah dengan pembentukan pemerintahan yang sah. Tujuan Sei adalah untuk menyatukan seluruh Tiongkok dan menjadi kaisar negara baru, dan dengan itu menghapus semua negara termasuk Qin, segala perbatasan, dan peperangan. 

Untuk meyakinkan dan membuat nyaman semua warga negara dalam situasi ini, ia berencana untuk menciptakan sistem legalisme, di mana semua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama, tanpa keistimewaan atau diskriminasi, dan hukum di atas setiap orang untuk menjaga statusnya diakui serta menghindari konflik. 

Jiwa kepemimpinan nya begitu tersohor juga terbukti di Pertempuran Sai, dia mampu menginspirasi pasukan Sai yang didominasi petani untuk terus berjuang selama 7 hari meskipun kurangnya pelatihan saat diserbu Pasukan Koalisi. 

3. Mou Bu/Meng Wu

Review Kingdom: Menceritakan Penentuan Arah Dan Nasib China di Era Perpecahan - Otaku Mobileague

Meng Wu alias Mou Bu merupakan sosok yang tinggi juga ditakuti. Shin menganggap jika Mou Bu ini orang yang suka mengambil resiko apapun. Awalnya, dia seorang yang sombong dan pemarah, Mou Bu tidak takut untuk mengungkapkan pikirannya terlepas dari konsekuensinya. 

Bahkan dia menganggap dirinya sebagai Jenderal terkuat di seluruh China. sampai dia ingin diakui sebagai “Enam Jenderal Besar Qin” dengan dirinya sendiri sebagai salah satu anggotanya. Karena ambisi dan kesombongannya, dia menghina Ou Ki, yang dianggap sebagai jenderal terkuat Qin saat itu, menganggapnya tidak lebih dari peninggalan masa lalu.

Tongkat besar sebagai senjata andalannya yang membuat Mou Bu adalah pejuang yang kuat, dan senjata pilihannya menampilkan betapa kasarnya dia di medan perang. Tongkat besarnya ini dapat dengan mudah menghancurkan kavaleri lapis baja, dan dia juga dapat menggunakannya dengan satu tangan.

Bagi saya Kingdom itu…

Sebuah alur kisah epik menggambarkan tentang betapa luas konflik di daratan China pada era Negara Berperang yang melibatkan Shu, Wei dan Wu hingga sosok Ying Zheng berusaha keras untuk satukan China tanpa ada kekuatan terpisah lagi.

Juga tidak lupa tekad Shin sebagai perwira perang yang cukup berani di usia yang sangat muda dengan melalui berbagai tantangan hidup nya yang keras membuat niat Shin ingin satukan China bersama pasukan Qin makin teguh. Kita akan bahas Kingdom lagi di lain kesempatan, sampai jumpa.
Baca juga Review Anime lawas saya di OtakuMobileague

Sumber:
ANN
Bilibili
CrunchyRoll

(Visited 299 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.