7 VTuber Besar yang Graduate di Tahun 2022

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Setiap Pertemuan Pasti Ada Perpisahan, Berikut Tokoh VTuber Besar yang Meninggalkan Dunia VTuber Tahun 2022

VTuber atau Virtual Youtuber adalah profesi pembuat konten dalam bentuk siaran di platform YouTube dengan menggunakan avatar 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Dengan popularitasnya yang terus naik daun, dapat diperkirakan sekarang sudah terdapat ribuan Virtual Youtuberdari berbagai negara yang aktif melakukan siaran untuk menghibur penonton. Sebagaimana banyaknya talenta baru yang mengisi dunia Virtual Youtuber di jagat maya, ada juga yang pergi dan berhenti berkarir di dunia Virtual Youtuberini. Alasannya pun beragam, bisa dari alasan pribadi individu yang berada di balik karakter Virtual Youtuberataupun alasan dari pihak agensi dan manajemen.

Pada kesempatan ini dipenghujung tahun 2022, Kami mengkompilasi 7 Virtual Youtuber besar yang graduate pada tahun ini.

List VTuber besar yang graduate di tahun 2022 ini, diurutkan dari tanggal kelulusannya

Tsukumo Sana

Vtuber Tsukumo Sana
Tsukumo Sana

Pada tanggal 31 Juli 2022 lalu, Virtual Youtuberyang memiliki 400 ribu subscriber pada channel YouTube nya, Tsukumo Sana, dinyatakan lulus dari Hololive EN. Tsukumo Sana lulus setelah hampir satu tahun berkarir menjadi VTuber. Kelulusan Sana juga menjadi kelulusan VTuber pertama dari Hololive EN. Tsukumo Sana memutuskan untuk graduate setelah diskusi terkait arah kegiatannya yang semakin sulit untuk melanjutkan aktivitas sebagai VTuber, kelulusan ini pun merupakan permohonan dari Sana sendiri. Sana juga melakukan siaran di hari terakhirnya sebagai VTuber, siaran tersebut ditonton hingga 99.000 penonton pada puncaknya.

Baca juga  Sayang Dibuang Percuma, Lingkar Pembuat Avatar VTuber Darlingzz Bagi Gratis Avatar Hasil Kena Scam

Aozora Kurumi

Vtuber Aozora Kurumi
Aozora Kurumi

Aozora Kurumi atau yang lebih biasa disapa Kurumi merupakan Virtual Youtuber pertama Project Kavvai dari AirAsia. Sebagaimana Virtual Youtuber lainnya, Kurumi melakukan siaran bermain game, karaoke, berbincang dengan fans, hingga menyanyikan cover lagu. Aozora Kurumi debut pada 8 Mei 2021, dan setelah satu tahun lebih berakhir, kelulusannya diumumkan dari akun twitter resmi Project Kavvai, dan Kurumi pun dijadwalkan graduation stream di hari yang sama dengan kelulusannya yaitu tanggal 7 Agustus 2022. Tidak ada alasan spesifik yang dijelaskan tentang kelulusan Kurumi, namun siaran terakhirnya tetap disambut hangat oleh berbagai pihak.

Aika Meru

Vtuber Aika Meru
Aika Meru

Merupakan Virtual Youtuberyang debut pada Chapter 2 Yume Reality, Virtual Youtuber Aika Meru mengumumkan kelulusannya dan berakhirnya kontrak dengan Yume Reality pada tanggal 30 September 2022. Adapun alasan dari kelulusannya seperti yang dilansir dari pernyataan resmi Yume Reality adalah kesibukan sehari-hari yang membuatnya harus mengakhiri kegiatan sebagai virtual Youtuber. Aika Meru memulai debutnya pada 12 Januari 2022, sehingga belum sampai satu tahun ia berkarir sebagai VTuber. Pengumuman kelulusannya terbilang cukup mendadak dan mengagetkan penggemar, namun Meru menyampaikan rasa sayangnya pada fans pada cuitan twitternya di hari berita kelulusannya diumumkan.

Koguma Keiya

Koguma Keiya
Koguma Keiya

Bersamaan dengan Aika Meru, Koguma Keiya yang juga berasal dari agensi Yume Reality mengumumkan tanggal resmi kelulusannya yaitu 30 September 2022, yang merupakan tanggal kelulusan yang sama dengan Aika Meru. Memiliki lebih dari 10 ribu subscribers di YouTube, Virtual Youtuberini juga mengakhiri kontraknya karena alasan kesibukan pada kehidupan sehari-harinya. Graduation stream Keiya dilaksanakan 3 hari sebelum kontraknya berakhir di tanggal 27 September 2022, pada siaran terakhirnya ia membacakan surat-surat dari penggemarnya dengan manis. Koguma Keiya melakukan debutnya pada tanggal 14 Januari 2022 lalu bersama Chapter 2 dari Yume Reality.

Baca juga  Pain Peko, Cameo Usada Pekora Versi Rakyat Jelata Akan Dihilangkan

Miyu Ottavia

Vtuber Miyu Ottavia
Miyu Ottavia

Miyu Ottavia adalah Virtual Youtuber Indonesia asal Indonesia dari NIJISANJI yang debut pada 18 Desember 2019 lalu. Setelah berkarir selama hampir 3 tahun, Miyu memutuskan untuk graduate pada tanggal 27 November 2022. Kelulusan ini merupakan permintaan pribadi dari Miyu karena ia mengalami kesulitan untuk mengatur kegiatannya sebagai VTuber dan kegiataan personalnya. Akun YouTube milik Miyu sendiri telah mencapai 100 ribu subscriber menjelang hari kelulusannya. 

Axia Krone

Vtuber Axia Krone
Axia Krone

Axia Krone, Virtual Youtuber Jepang yang berasal dari NIJISANJI juga turut lulus di tahun ini Ia dinyatakan resmi lulus pada tanggal 30 November 2022. Sebelumnya, Krone sedang dalam masa indefinite hiatus atau hiatus sampai waktu yang belum jelas sejak bulan Agustus 2022. Adapun alasan hiatus Krone tidak lama dari laporan berbagai komentar jahat yang ia terima dan juga penyebaran informasi yang tidak benar di media. Kasus tersebut ditangani oleh pihak NIJISANJI, namun Krone menyatakan bahwa berat baginya untuk melanjutkan streaming, sehingga dengan hormat, pihak agensi menerima permintaan kelulusan Krone. 

Yugo Asuma

Vtuber Yugo Asuma
Yugo Asuma

Di bulan akhir 2022, kelulusan Yugo Asuma dari NIJISANJI EN diumumkan melalui twitter resmi ANYCOLOR (@ANYCOLOR_Inc). Pengumuman kelulusan VTuber ini mengejutkan para penggemar karena di hari berita tersebut diterbitkan, hari itu juga segala aktivitas Yugo Asuma dihentikan. Adapun dari pernyataan resmi ANYCOLOR dan NIJISANJI, kelulusan Yugo dikarenakan aspek dari aktivitas dan perilakunya sebagai Liver tidak dapat diterima sebagai perusahaan meskipun sudah melewati beberapa kali diskusi. Yugo Asuma resmi dinyatakan lulus pada tanggal 14 Desember 2022.

Itu tadi 7 VTuber besar yang lulus di tahun 2022. Cari tahu informasi up to date seputar VTuber dan Anime hanya di segmen VTuber Corner Otaku.Mobileague!

(Visited 530 times, 2 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.