VTuber CornerPop Culture

Talent VTuber Dipecat Oleh Dua Agensi VTuber Indonesia

Gambar Keluku : Alephlota
Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

“Satu pengisi suara dibalik dua VTuber, berakhir dipecat oleh kedua agensi”

Pada bulan November lalu terdapat berita yang cukup mengejutkan dari dunia Virtual Youtuber Indonesia. Beberapa penggemar VTuber pasti sudah tahu dan familiar, bahwa satu orang VTuber dapat memilki beberapa persona (peran karakter) yang ia perankan, namun, bagaimana jika dua VTuber diperankan oleh satu orang yang sama?

Adalah Sylva Daina dari Agensi VILITERA  dan Astra Aelia dari Agensi DigiKagi, dua VTuber yang saat itu dirumorkan memiliki pengisi suara yang sama. Maraknya rumor yang beredar, tentunya kedua agensi tidak tinggal diam dan turut mengklarifikasi berita yang masih simpang siur tersebut. 

Kontroversi, Waktu dan Investigasi

Berdasarkan press release yang disebarkan oleh agensi VILITERA, pengisi suara Sylva Daina meminta pengurangan jadwal siaran di bulan September 2022. Sementara itu di bulan yang sama, VTuber baru dari agensi DigiKagi, Astra Aelia melakukan debut siaran pertamanya. Pada saat kedua siaran video dari dua VTuber tersebut masih dapat diakses, beberapa penggemar beranggapan bahwa Sylva Daina dan Astra Aelia memiliki suara yang mirip. Namun sayangnya, per bulan Desember 2022 ini, seluruh siaran video dari dua VTuber tersebut sudah dihapus. 

Pengisi suara dari Sylva Daina masih berkomunikasi dengan baik dengan staf dan talent lain dari agensi VILITERA di bulan September lalu, namun dari pihak pengurus agensi VILITERA pada saat itu juga menerima kabar bahwa pengisi suara Sylva Daina tengah bekerja di salah satu agensi lain. Mulanya sang pengisi suara menyangkal pernyataan tersebut. Akan tetapi, berdasarkan pernyataan dari siaran pers VILITERA, terdapat kejanggalan terhadap waktu izin pengurangan aktivitas pengisi suara dan dilakukanlah investigasi kasus ini.

Baca juga  HoloID Generasi Pertama Dikonfirmasikan Akan Melakukan Debut 3D di Jepang

Pernyataan Resmi Pemecatan Talent VTuber Agensi VILITERA

VTuber  Sylva Daina
Virtual Youtuber

Setelah melakukan investigasi, tepat pada tanggal 14 November 2022 lalu, pihak agensi VILITERA membuat pernyataan resmi terkait kontroversi salah satu talenta nya, Sylva Daira. Pernyataan yang berupa siaran pers tersebut diunggah di Twitter resmi VILITERA (@vilitera) dengan tujuan untuk meluruskan berita dan menjelaskan kronologi kejadian.

Talent VTuber Dipecat Oleh Dua Agensi VTuber Indonesia - Otaku Mobileague
Press release Agensi Vilitera

Disebutkan bahwa setelah pengisi suara Sylva Daina menyangkal rumor dan pihak manajemen VILITERA melakukan investigasi, pihak manajemen menemukan bukti mengenai identitas pengisi suara yang bekerja untuk agensi lain tanpa persetujuan pengurus VILITERA, dan pengisi suara pun secara tidak langsung mengakui hal tersebut. Agensi VILITERA juga mengungkapkan kekecewaannya pada perilaku dan perbuatan pengisi suara dibalik Sylva Daina.

Pernyataan Resmi Pemecatan Talent dan Suspensi Avatar VTuber dari Agensi DigiKagi

VTuber  Astra Aelia

Dua hari sebelum pihak VILITERA membagikan siaran persnya, pihak agensi DigiKagi telah dahulu memberikan pernyataan mengenai talentanya, Astra Aelia, pada 12 November 2022 di akun Twitter resmi Digikagi (@digikagi). Pengumuman yang disebarkan oleh pihak DigiKagi membahas mengenai pengisi suara dibalik Astra Aelia melakukan pelanggaran berat berupa breach of contact. Meskipun begitu, Avatar karakter VTuber “Astra Aelia”, generasi pertama dari VTuber DigiKagi akan tetap ada dan tidak diberhentikan karena rasa sayang agensi pada karakter tersebut dan harapan yang ingin dicapai karakter dan agensi bersama. 

Pihak DigiKagi pun meminta waktu dan kesabaran penggemar untuk menunggu Astra Aelia kembali di dunia Virtual Youtuber dengan konsep yang lebih seru. 

“Kami berterima kasih banyak atas semua dukungan teman-teman baik Followers, Subscribers, dan teman sesama Virtual Youtuber kepada Astra selama ini” kutip DigiKagi

Talent VTuber Dipecat Oleh Dua Agensi VTuber Indonesia - Otaku Mobileague

(sumber: akun twitter @digikagi https://twitter.com/digikagi/status/1591340361708081152)

Baca juga  Umaru Polka Main Ping Pong League VR, Game Awal Buatan COVER Dan Mewawancarai YAGOO Mengenai Game Buatannya

VTuber Dipecat Oleh Kedua Agensi

Ekor dari kasus ini berujung pada pemberhentian talenta pengisi suara dibalik dua akun VTuber tersebut. Manajemen VILITERA memutuskan untuk mengeluarkan pengisi suara Sylva Daina karena perbuatannya yang tidak profesional.

“Kami menambahkan bahwa informasi terhadap adanya konflik internal antara yang bersangkutan dengan staff dan talenta Vilitera tidak benar adanya” kutip agensi VILITERA di akun twitternya. 

Agensi VILITERA juga menambahkan bahwa pemutusan hubungan adalah murni karena perilaku bersangkutan secara sembunyi-sembunyi menjadi talenta dari agensi lain. 

Sementara itu dari pihak DigiKagi juga mengambil tindakan pemutusan kerja sama dengan talenta dibalik Astra Aelia karena pelanggaran yang telah dibuatnya. Dan Avatar VTuber Astra Aelia akan memasuki masa hiatus mulai tanggal 11 November 2022 hingga waktu yang belum ditentukan.

“Kamu akan jadikan momen ini untuk belajar dan menjadi lebih baik lagi kedepannya” tulis agensi DigiKagi di akhir pengumumannya terkait Astra Aelia.

Meski terkesan kocak, namun insiden menjadi talent Vtuber di dua agensi berbeda merupakan hal yang tidak profesional. Entah apa yang ada dipikiran oleh sang talent yang berperan menggunakan dua avatar agensi yang berbeda tapi harus diakui kalau kejadian tersebut baru pertama kalinya terjadi dikalangan VTuber Indonesia. Semoga Talent VTuber tersebut sadar dan mendapatkan kesempatan baru yang lebih baik.
Baca juga artikel rekomendasi kami, 9 Hololive ID yang Bisa Kamu Tonton Sesuai Preferensimu!

(Visited 176 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.