Ringkasan Perkara Komik Twitter Hololive Alternative hingga Pengumuman Resmi Cover Mengenai Penundaan Proyek Tersebut

Setelah hampir sebulan tak ada kabar, Perkara pemutusan kerjasam Mizuryu Kei mencapai akhir damai. Cover mengumumkan permohonan maaf atas penundaan komik Twitter Hololive Alternatvef karena perkara ini, serta sikap sang artis terhadap hoax yang tersebar luas

Cover Corp, perusahaan induk dari agensi VTuber Hololive baru saja mengeluarkan pernyataan resmi perkara berhentinya artis penanggung proyek komik hololive alternative. Dalam pernyataan resmi tersebut, diungkapkan bahwa pihak Cover menyatakan artist yang ditunjuk untuk bekerja sama dalam proyek komik Twitter Hololive Alternative harus terhenti karena banyak dan lain hal. Cover meminta maaf atas ketidakcocokan yang membuat sang artis memutuskan untuk mundur dari proyek tersebut dan memberikan kompensasi. Cover juga minta maaf kepada para penggemar dan memohon dukungan mereka untuk kelancaran proyek Hololive Alternative.

Edaran resmi Cover mengenai Komik Twitter Hololive alternatif
Cuitan disertai translasi edaran resmi dari Cover Corp

Meski nampaknya tetap tidak akan ada lagi pengembalian kerja sama antara Mizuryu Kei dan pihak Cover, bisa dibilang bahwa dengan keluarnya surat edaran ini, perkara tersebut telah berakhir damai dengan Mizuryu Kei juga ikut meluruskan beberapa hoax yang beredar, utamanya siaran bilibili yang membahas perkara ini yang diwakili oleh seseorang yang menjadi representasi dari diri sang artis. Bagi Mobidachi sekalian yang ingin mengetahui runut kronologis perkara penundaan komik Twitter Hololive Alternative, bisa membaca detilnya di bawah.

Perihal Cuitan Pemutusan Hubungan Kerjasama proyek komik Twitter Hololive Alternative oleh Mizuryu Kei via Twitter

Bagi Mobidachi sekalian yang tidak mengetahui, Mizuryu Kei diumumkan sebagai artis penanggung jawab pembuatan komik untuk proyek Hololive Alternative yang sedang dicanangkan oleh Cover. Meski para penggemar Hololive amat antusias dengan pengumuman tersebut, dan sangat menaruh harapan setelah menonto video promosi (PV) yang dirilis pada kanal YouTuber resmi Hololive.

Baca juga  V-Carnival Akan Menghadirkan Vtuber-Vtuber Terkenal Dengan Penampilan AR 3D dan Grafik CG Mutakhir
PV Hololive Alternative

Petaka terjadi beberapa minggu berselang melalui cuitan Twitter Mizuryu Kei yang menyatakan kemarahannya dengan pihak manajemen Cover dan memutuskan untuk putus hubungan kerja sama. Meski pada akhirnya beberapa cuitan tantrum miliknya akhirnya dihapus. Mizuryu Kei menekankan bahwa pemutusan hubungan kerjasama tersebut adalah permasalahan antara dirinya dan manajemen Cover, para talenta VTuber Hololive sama sekali tidak terlibat dan meminta agar tidak menanyai para talent mengenai perkara antara dirinya dan manajemen.

Cuitan tersebut kembali mencoreng reputasi Cover dan Hololive dan memancing para antis untuk ikut andil menuliskan pesan kebencian dan hinaan kepada cover melalui kolom cuitan milik sang artis. Mizuryu Kei sendiri juga ikut kena serangan dari para pendukung cover yang menyatakan bahwa tindakan keluar ditengah jalan saat menjalankan proyek kerja sama serta menyebarkannya dalam cuitan Twitter adalah tindakan yang amat tidak profesional dari seorang artis sebesar Mizuryu Kei, beserta para hater yang mulai menyebarkan kesalahan serta informasi pribadi milik sang artis.

Siaran Bilibili berisi penyampaian perwakilan Mizuryu Kei

Tidak cuma Cover, Reputasi Mizuryu Kei semakin diperparah dengan siaran dari bilibili yang katanya meruparkan perwakilan dari Mizuryu Kei. Dihimbau agar mengambil mentah-mentah informasi ini karena tidak diketahui secara jelas validasi identitas perwakilan Mizuryu Kei dari Bilibili tersebut. Siaran dalam bilibili menyatakan beberapa poin ketidakpuasan Mizuryu Kei terhadap pihak manajemen COVER. Berikut Ringkasan dalam siaran bilibili tersebut adalah;

  1. Siaran tersebut mengungkapkan bahwa pembicara adalah staff yang merepresentasi Mizuryu Kei
  2. Ketika dirinya (Mizuryu Kei) ditanya apakah dirinya diperbolehkan untuk membuat doujin setelah melakukan kontrak dengan Cover, pihak cover meminta agar menahan diri untuk membuat karya tersebut (menahan diri, bukan melarang)
  3. Setelah PV Hololive Alternative rilis di kanal YouTuber, reaksi yang diterima lebih besar dari yang diperkirakan.
  4. Sang artis sadar kalau pasar Hololive lebih besar dari yang dirinya ekspektasikan.
  5. Dirinya merasa tidak puas karena bagi hasilnya dirasa lebih kecil dan ingin bernegosiasi kembali ke pihak Cover, sayangnya negosiasi tersebut tidak berjalan lancar.
  6. Dirinya mengklaim kalau dirinya memiliki hak beberapa persen dari keuntungan proyek masa depan Hololive Alt, namun klaim tersebut ditolak.
Baca juga  Nijisanji ID Merilis MV Lagu Orisinil Into Reality

Pernyataan dari siaran tersebut semakin membuat berang netizen karena menunjukkan betapa tidak profesionalnya Mizuryu Kei dalam urusan perjanjian kerjasama seperti ini. Namun tidak sedikit yang meragukan kevalidan informasi tersebut karena siaran tersebut disiarkan oleh bilibili, platform yang mendepak Hololive dari Pasar China dan membuat Hololive CN harus bubar. Mereka mencurigai kalau siaran tersebut dilakukan oleh representasi gadungan Mizuryu Kei, namun diamnya Mizuryu Kei untuk membenarkan atau menyangkan isi siaran tersebut membuat sebagian netizen mulai percaya, sampai…

Mizuryu Kei mengeluarkan cuitan sangkalan akan siaran bilibili tersebut usai cover merilis edaran permintaan maaf

Beberapa jam berselang usai edaran oleh Cover. Mizuryu Kei merilis cuitan berantai yang menyangkal kebenaran informasi dari siaran bilibili tersebut. Dalam cuitannya Mizuryu Kei menegaskan beberapa poin penting (translasi menggunakan DeepL);

  1. Mizuryu Kei telah menerima permintaan maaf dari Cover (meski tidak dinyatakan apakah dirinya akan kembali bergabung dalam proyek Cover mendatang atau tidak.)
  2. Channel miliknya di Bilibili adalah channel yang dijalankan oleh para sukarelawan dimana kontennya bisa dibuatkan secara independen oleh sang admin channel.
  3. Mizuryu Kei sama sekali tidak diberitahukan bahwa ada konten tersebut di bilibili ataupun dibertahukan konten yang disampaikan dalam siaran tersebut.
  4. Dirinya juga menegaskan bahwa perkara antara dirinya dan Cover tidak pernah dibagikan kepada sang admin yang mengaku representatif bilibili dan menyatakan bahwa konten siaran bilibili tersebut adalah tidak benar.
  5. Saat ini pihak admin yang memoderasi channel bilibilinya telah meminta maaf kepada Mizuryu Kei, dan sedang menegosiasikan kompensasi kepada dirinya akibat penyiaran misinformasi tersebut.
  6. Mizuryu Kei juga menegaskan bahwa pihak-pihak yang masih sengaja menyebarkan berita bohong dengan niat jahat mengenai perkara ini akan akan diproses untuk dituntut secara hukum
Baca juga  Sakura Miko Mengumumkan Akan Kembali Melanjutkan Aktifitas VTubernya
Rangkaian Cuitan panjang Mizuryu Kei mengenai siaran bilibili

Reaksi pada netizen cukup beragam, namun sebagian dari mereka masih mempertanyakan atas kelambanan pengeluaran klarifikasi yang nampaknya cukup berpas-pasan dengan keluarnya edaran dari cover. Meskipun begitu, dapat dikatakan bahwa kedua belah pihak telah berdamai meski resmi tetap berpisah.

Jadi, bagaimana kelanjutan Komik Twitter Hololive Alternative?

Meski proyek Hololive Alternative masih terus berjalan. Masih belum diketahui apakah Komik Twitter Hololive Alternative akan berhenti total, atau menunggu artis pengganti masuk mengisi jabatan yang dulu dipegang oleh Mizuryu Kei. Spekulasinya;

  1. Dengan keluarnya Mizuryu Kei, ada kemungkinan seluruh komik yang sudah menjadi stok yang akan dirilis secara bertahap akan dibuang total karena mengandung karya dari Mizuryu Kei yang tidak rela karyanya digunakan oleh Cover. Hal tersebut membuat Cover harus mengulang dari awal proyek komik Twitter Hololive Alternative tersebut dengan artist yang baru.
  2. Hak cipta telah dipegang oleh Cover dan tinggal menunggu artist baru untuk melanjutkan proyek komik Twitter Hololive Alternative
  3. Alokasi dana tidak lagi mencukupi dan proyek tersebut diberhentikan total

Pada akhirnya, para penggemar hanya bisa berharap yang terbaik dari Cover untuk kelanjutan proyek tersebut.

Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa mengikuti Vtuber Corner kami di otaku.mobileague.id

Sumber:

Siaran Bilibili representasi Mizuryu Kei
Bahasan Keluarnya Mizuryu Kei dari Holo Alt (Cuitan twitter telah dihapus)
Cuitan penjelasan Mizuryu Kei
Bahasan Reddit mengenai edaran Cover
Cuitan edaran resmi Cover

(Visited 306 times, 3 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x