Artia dan Civia Mengumumankan HoloCN Bubar

Melalui stream kolaborasi bersama dan pertama mereka, Civia dan Artia mengumumkan HoloCN dibubarkan.

Sangkalan: Dikarenakan adanya indikasi perubahan mengenai kesepakatan yang disampaikan oleh Artia dan HoloCN, mohon mengindahkan tulisan yang telah dicoret karena informasi tersebut tidak lagi valid. Informasi selanjutnya akan disampaikan pada artikel yang akan datan menunggu pengumuman resmi dari Cover dan Hololive CN

Kiryu Coco dan Akai Haato telah kembali beraktifitas sebagai talenta VTuber di Hololive dan mendapat sambutan hangat oleh para penggemar yang telah lama dan setia menunggu skorsing tiga minggu yang diberikan Hololive berakhir.

Para antis Tiongkok yang masih dendam karena tuntutannya tidak dipenuhi mencoba berbuat onar dengan melakukan keributan di kolom chat stream Kiryu Coco dan Akai Haato. Mereka bahkan rela berkorban menjadi member, membeli akun sosmed untuk menyebarkan spam berisi kebencian, bahkan membuat bot chat yang membanjiri kolom chat streamer yang mereka benci. Meski pada akhirnya, usaha mereka nampak tidak menurunkan antusias penggemar yang ingin menikmati konten Kiryu Coco dan Haachama. Report and Ignore adalah anjuran yang terus digaungkan untuk melawan para antis.

Namun berita bahagia tersebut tidaklah tanpa korban. Cabang agensi Hololive di Tiongkok, HoloCN dipastikan akan segera dibubarkan dikarenakan situasi yang tidak lagi menguntungkan untuk melanjutkan bisnis di negeri tirai bambu tersebut.

Melalui stream kolaborasi pertamanya dengan Civia, Artia mengumumkan pembubaran HoloCN

Ironisnya, ini adalah kolaborasi pertama antara dua talenta ini. Melalui pengumuman yang disampaikan dalam bahasa Inggris melalui media platform Twitch. Meski sudah banyak petunjuk yang diberikan melalui akun sosmed mereka di Twitter pada akhirnya Artia memuat postingan panjang yang berisi terima kasih kepada manajemen dan rekan-rekan VTuber.

Baca juga  Suzuhara Lulu, VTuber Eldritch Kembali Dari Hiatus Sebulan
Artia dan Civia Mengumumankan HoloCN Bubar - Otaku Mobileague
Ucapan terima kasih Artia melalui twit panjang

Siaran yang dilangsungkan di-Twitch merupakan pernyataan resmi dari Artia dan Civia bahwa HoloCN akan ditutup dan seluruh talenta mereka memilih untuk menjadi Vtuber Independen.

Adapun pengumuman resmi dari Hololive nampaknya akan diumumkan pada waktu yang akan datang. Akun twitter Artia tidak lagi memuat id Hololive.

Artia tidak lagi beraffiliasi dengan HoloCN
Tidak ada lagi tulisan id hololive di nama Artia.

Mendapat hak cipta Avatar serta mendapat penghasilan sebulan tanpa potongan

Meski amat disayangkan ujung dari drama bernuansa politik yang diganyang oleh para antis berujung dengan pembubaran cabang HoloCN. Namun Civia dan Artia mengkonfirmasi bahwa mereka mendapat hak cipta akan Avatar milik mereka sehingga diperbolehkan tetap menggunakan avatar yang diberikan oleh Hololive beserta aset-aset yang terkandung pada avatar tersebut.

Tidak cuma itu, para talenta juga mendapat kebijakan untuk menerima pendapatan bulan terakhir mereka secara utuh (minus potongan administrasi dari tiap platform), sehingga memberikan bantuan finansial yang amat besar untuk tiap talenta agar bisa berdiri sendiri saat telah resmi independen.

Para fans akan tetap mendukung para talenta mantan HoloCN

Meski amat disayangkan dan para penggemar dari luar Tiongkok terkesan tidak bisa mendukung penuh mereka dikarenakan platform Bilibili yang tidak bersahabat. Keluarnya talenta dari Hololive mendapatkan dukungan masif dari para fans pengguna Bilibili.

Para fans bilibili tersebut terbagi atas penggemar yang tidak bisa menyuarakan pendapat mereka melawan drama dan menolak suara vokal para antis serta para fans yang sudah terpengaruh oleh kampanye antis namun tetap mendukung para talenta selama tidak berafiliasi dengan hololive. Artia yang menyatakan tidak lagi berafiliasi dengan hololive dan mengumumkan akan menerima pendapatan tanpa potongan dari agensi mendapat donasi yang berlimpah dari para penggemarnya.

Superchat time!
Supachato taimu untuk Civia

Pada akhirnya, dikarenakan seruan antis yang amat mudah tersinggung oleh sebuah paparan analitis YouTube yang dibacakan oleh dua VTuber Hololive, membuat Hololive harus hengkang dari pasar Tiongkok, yang merupakan pemberi lonjakan yang dibutuhkan Hololive untuk menjadi besar dan meraih audiens internasional.

Baca juga  Hololive EN akan segera memulai debut!

Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa mengikuti Vtuber Corner kami di otaku.mobileague.id

(Visited 335 times, 1 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x