VTuber CornerNews

3 VTuber VShojo, Nyanners, Veibae, dan Silvervale Umumkan Tidak akan Memperbarui Kontraknya

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

“Nyanners, Veibae, dan Silvervale tidak lagi bernaung di VShojo dan memutuskan untuk menjadi VTuber Indie.”

Kabar tak terduga datang dari agensi VShojo karena ketiga talent mereka, Nyanners, Veibae, dan Silvervale, memutuskan untuk tidak kembali bersama agensi mereka. Untuk info lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Veibae dan Silvervale Tinggalkan Agensi

3 VTuber VShojo, Nyanners, Veibae, dan Silvervale Umumkan Tidak akan Memperbarui Kontraknya - Otaku Mobileague

VShojo adalah salah satu agensi VTuber asal Amerika Serikat yang banyak melakukan pengakusisian para talent-nya. Namun sayangnya mereka harus melepas dua talent mereka setelah Veibae dan juga Silvervale tidak melanjutkan kontrak ke agensi yang berfokus di Twitch tersebut.

Hal tersebut diumumkan pada akun Twitter VShojo pada tanggal 26 April 2023 yang berisi

“Kepada komunitas kami,

Silvervale dan Vei memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak mereka dengan VShojo. Kami menghormati keputusan mereka dan ingin berterima kasih kepada mereka karena telah membantu menjadikan VShojo seperti sekarang ini.”

Diketahui keduanya akan melanjutkan perjalanan mereka sebagai Vtuber independent. 

Disusul Nyanners Yang Ikut Tinggalkan VShojo

3 VTuber VShojo, Nyanners, Veibae, dan Silvervale Umumkan Tidak akan Memperbarui Kontraknya - Otaku Mobileague

Beberapa hari berselang, Nyanners juga tidak memperbarui kontraknya dengan VShojo. Dalam pernyataan yang diposting oleh VShojo, Nyanners telah memutuskan untuk tidak memperbarui kontraknya dengan agensi, dan bahwa mereka menghormatinya ingin menjadi bakat mandiri. 

Dalam pernyataan terpisah yang diposting oleh Nyanners di akun Twitter resminya, dia menyatakan bahwa dia meninggalkan agensi tidak mencerminkan hubungan apa pun yang dia miliki dengan anggota VShojo yang sudah ada. 

Sebaliknya, dia sudah memikirkan hal ini untuk waktu yang lama. “Saya sangat mengapresiasi semua kesempatan yang diberikan saat menjadi anggota VShojo selama dua tahun terakhir dan berharap yang terbaik untuk semua orang, staf dan talenta,” katanya.

Baca juga  Suzuhara Lulu, VTuber Eldritch Kembali Dari Hiatus Sebulan

Dapat Memiliki IP Masing-Masing

Biasanya para agensi VTuber memiliki hak atas IP talent mereka, sehingga beberapa VTuber harus memulai hidup baru dengan karakter baru jika keluar dari agensi. Namun tidak dengan VShojo, mereka memberikan seluruh karakter itu kepada talentnya dan Nyanners, Silvervale serta Veibae mengumumkan mereka menjadi seorang VTuber indie.  Hal ini dikarenakan VShojo sendiri tidak memiliki hak kepemilikan atas avatar ketiga VTuber tersebut karena avatar mereka tersebut dibuat tanpa campur tangan dari pihak agensi, dan nampaknya tidak ada klausa perpindahan hak milik ketika ketiga VTuber tersebut bergabung kedalam agensi VShojo.

Perjalanan Karir dari Nyanners, Silvervale dan Veibae

Nyanners memulai debutnya pertama kali sebagai VTuber indie pada Juni 2020 sebelum bergabung dengan VShojo pada 24 November 2020. Saat ini, dia memiliki lebih dari 1.000.000 pengikut di Twitch dan lebih dari 500.000 pengikut di Twitter.

Silvervale dimulai sebagai VTuber indie pada Agustus 2019 di bawah nama streamer X_Silvervale_X. Dia bergabung dengan VShojo pada 24 November 2020. Saat ini, dia memiliki lebih dari 400.000 pengikut di Twitch dan lebih 400.000 pengikut di Twitter. 

Veibae juga memulai sebagai VTuber indie pada April 2020 sebelum bergabung dengan agensi tersebut juga pada bulan yang sama dengan Silvervale. Veibae saat ini memiliki lebih dari 1.000.000 pengikut di Twitch dan lebih dari 500.000 di Twitter.

Sekilas Mengenai VShojo

Nama agensi VShojo berasal dari dua kata yang digabung yakni huruf “V” yang merupakan singkatan dari kata Virtual, dan Shojo yang merupakan lafalan romaji Jepang yang berarti perawan. Sehingga jika dua kata tersebut digabung memiliki arti “Perawan Virtual”.

Namun istilah lain bisa hadir jika nama agensi tersebut dilafalkan secara langsung. VShojo, jika dilafalkan dalam bahasa Jepang akan berbunyi, Bishojo dikarenakan tidak adalanya pelafalan huruf V selain diganti menjadi pelafalan huruf B dalam bahasa Jepang. Bishojo dalam bahasa Jepang dapat berarti Gadis cantik/ Rupawan/ Menawan.

Baca juga  Kenali Jagoan Final Fantasy XVI Ini!! Baca Juga Teori Terbaru Mengenai Game Ini!

VShojo didirikan oleh chief executive officer Justin “GunRun” Ignacio dan chief technology officer Philip “MowtenDoo” Fortunat. 

Pada bulan Maret 2022, agensi tersebut mengumpulkan dana sebesar US$11 juta yang ditujukan untuk memperkuat kehadiran perusahaan di seluruh dunia. Pendanaan tersebut mencakup partisipasi dalam konvensi budaya game dan anime besar, serta perekrutan bakat yang  akan datang untuk memperluas produksi konten.

Setelah kepergian Nyanners, Silvervale dan Veibae, bakat yang tersisa di VShojo termasuk Ironmouse, Froot, Zentreya, Projekt Melody, Hime Hajime, Haruka Karibu, Kson, dan Amemiya Nazuna.
Baca juga artikel 7 Hal yang menarik Agensi VTuber VShojo

(Visited 167 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.