VTuber CornerPop Culture

Henya Sang Jenius Debut di VShojo, Twitter Freak Ketar-Ketir Marah Tidak Jelas

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

VShojo debutkan Henya Sang Jenius, yang diduga adalah Pikame dari VOMS yang telah graduate.

VTuber atau Virtual YouTuber adalah sebutan untuk seseorang yang menggunakan avatar digital baik dalam bentuk 2D ataupun 3D untuk berinteraksi dengan penonton melalui platform YouTube, atau platform streaming lainnya. Dengan konten-konten menarik yang ditawarkan setiap VTuber. kesempatan penggemar untuk dapat berinteraksi dengan karakter virtual secara langsung, serta teknologi yang semakin berkembang maka tidak mengherankan jika popularitas VTuber pun semakin meningkat. 

Di awal tahun hingga menjelang pertengahan tahun ini ada cukup banyak VTuber besar yang mengumumkan graduation nya, namun ada banyak pula talenta VTuber yang baru saja debut dan memulai jalan ceritanya di waktu yang sama. Belum lama ini, salah satu agensi VTuber yang berbasis di San Fransisco, Amerika, baru saja mendebutkan seorang VTuber, yang ternyata memiliki banyak cerita di kehidupan sebelumnya (past life). Siapakah dia dan apa saja cerita masa lalu nya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Henya Sang Jenius Debut Pada Tanggal 13 Mei 2023

Henya Sang Jenius

Sabtu, 13 Mei 2023, merupakan hari resmi debutnya VTuber baru dari VShojo, yaitu Henya the Genius. Henya pertama kali diperkenalkan oleh VShojo pada tanggal 10 Mei 2023, dand i hari yang sama, Henya juga mengunggah cuitan pertama di akun Twitter nya. Henya melakukan debutnya lewat platform Twitch, dan siaran debutnya ditonton hingga 37 ribu penonton. Siaran debutnya juga diunggah ulang ke channel YouTube milik Henya,

Baca juga  Hololive EN akan segera memulai debut!

Henya Sang Jenius dengan IQ 999

Henya Sang Jenius

Sesuai dengan namanya yaitu Henya the genius, Henya memiliki lore atau latar cerita sebagai seorang jenius yang memiki IQ 999. Ia diceritakan kabur dari tempat penelitian yang menampung anak-anak dengan kemampuan spesial, dan mundur ke ruang hyperdimension untuk bersembunyi dari orang-orang yang mengejarnya. Henya Sang Jenius memakai kalung dengan kubus yang menggantung di tengahnya, kubus tersebut sesekali memancarkan sinar biru putih dan memancarkan energi untuk mengisi daya semua perangkat elektronik yang Henya memiliki. Nama Henya berasal dari bahasa Spanyol “Genia” yang memiliki arti jenius, namun, walaupun Henya memiliki IQ 999, dia tak dapat mengingat bagaimana kata tersebut dieja, sehingga ia pun mengatakan kepada semua orang “Henya” sebagaimana ia mendengarnya.

Hampir Mencapai Seratus Ribu Subscriber!

Henya Sang Jenius

Tidak sampai satu minggu dari tanggal debutnya, Henya Sang Jenius kini sudah memiliki 96 ribu subscribers di channel YouTube miliknya. Tidak hanya perkembangan subscribers yang cepat, akun Twitter Henya pun kini sudah memiliki 117 ribu followers.

Reaksi Warga Twitter

Henya Sang Jenius Debut di VShojo, Twitter Freak Ketar-Ketir Marah Tidak Jelas - Otaku Mobileague

Debut nya Henya dari agensi VShojo mendapat respon yang positif, baik dari kalangan komunitas penggemar VTuber, rekan VTuber satu agensi, dan juga rekan VTuber di luar agensi nya. Uniknya, ramainya debut Henya juga tidak terlepas dari faktor penggemar yang menyadari dan berasumsi bahwa orang yang berada di balik talent Henya the Genius adalah orang yang sama dengan VTuber Pikame dari VOMS, yang belum lama ini graduate.

Munculnya dugaan bahwa Henya adalah Pikame tentunya membuat penggemar Pikame senang karena akhirnya bisa berinteraksi kembali dengan sosok yang berada di baik VTuber tersebut, meskipun dengan avatar yang berbeda. Namun sayangnya, berbagai kontroversi pun juga terangkat dan bermunculan dari kabar bahwa Pikame sekarang menjadi seorang VTuber lagi.

Baca juga  Pasca Kelulusan Yugo Asuma, Noctyx Fulgur Ovid Ajak Fans Untuk Validasi Perasaan

Twitter Freak Menanggapi Heboh Dengan Hal Yang Paling Irrelevant dan Tidak Penting

Henya Sang Jenius

Sebelum Pikame memutuskan untuk graduate, ia sempat diserang oleh haters terkait ungkapannya yang ingin memainkan game Hogwarts Legacy, yang sampai saat ini cukup menuai kontroversi. Penggemar Pikame pun sorak menyalahkan para haters yang memberikan komentar jahat yang tak pantas diterima VTuber tersebut hanya karena ungkapannya ingin bermain game, dan beranggapan bahwa kasus ini juga menjadi salah satu faktor Pikame memutuskan untuk graduate. Dari sinilah, kontroversi lain juga bermunculan, mengingat sosok dibalik Pikame kini menjadi VTuber Henya, salah satu pengguna Twitter memberikan cuitan bahwa dengan debutnya Henya, maka kasus ujaran kebencian Hogwarts Legacy diasumsi tidak memberi efek apapun dari keputusan Pikame untuk graduate. Namun, ada juga opini yang bertentangan dan mengatakan bahwa ujaran kebencian tersebut tetap tidak pantas dilontarkan.

Tidak hanya kontroversi dari past life miliknya, beberapa pengguna Twitter juga berdebat dan mempermasalahkan mengenai desain baju dari karakter Henya. Henya memiliki model dengan tubuh yang pendek, namun karakter Henya sendiri bukanlah anak-anak, bahkan di salah satu siaran klip Melody terkuak bahwa Henya ternyata telah berusia 8 juta tahun! Sayangnya, terdapat pengguna Twitter yang kerap berasumsi bahwa tubuh yang kecil diartikan sebagai avatar anak-anak dan mempermasalahkan baju Henya yang dianggap tidak pantas untuk digunakan anak-anak. Opini tersebut pun diserang oleh para penggemar dan membela bahwa apa yang Henya kenakan tidaklah bermasalah.

Hingga saat ini, tidak ada informasi resmi yang mengonfirmasi Pikame dan Henya Sang Jenius diperankan oleh orang yang sama. Namun, mari kita sama-sama tetap mendukung karir Henya kedepan nya, dan tetap menyebarkan dan membuat interaksi positif di komunitas VTuber ini. Jika kamu ingin menonton siaran Henya, kamu bisa langsung mengunjungi channel YouTube miliknya ya!
Baca juga belanja besar Cover Corp membeli Studio 3D Terbesar di Hololive.

(Visited 125 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.