NewsVTuber Corner

VTuber Zen Gunawan Maha5 Umumkan Kelulusannya

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Tiba-tiba graduate, Zen Gunawan dari Maha5 ungkap dirinya tidak ingin graduate, namun dikatakan bahwa manajemen Maha5 memutuskan untuk Menghentikan proyek VTuber Zen Gunawan

Dalam beberapa tahun terakhir, fenomena Virtual YouTuber (VTuber) semakin berkembang di Indonesia dengan popularitas yang mengesankan. VTuber, yang merupakan sebuah avatar digital yang dioperasikan oleh seorang talenta pembuat konten, telah berhasil menarik perhatian penonton dari berbagai kalangan. Keunikan sifat karakter yang lucu, interaksi langsung dengan penonton, dan konten yang unik beragam telah membuat VTuber menjadi trendsetter di dunia hiburan digital. Dalam waktu singkat, tidak sedikit VTuber yang  telah memperoleh jutaan penggemar setia yang menyaksikan siaran langsung, menonton video, berpartisipasi dalam acara komunitas, dan juga membeli merchandise khusus VTuber tersebut. 
Di tengah keramaian dari popularitas VTuber di Indonesia, tentu bukanlah hal yang asing jika satu dua talenta VTuber pergi ‘graduate’ dan meninggalkan penggemarnya. Kelulusan seorang VTuber tentu bukanlah hal yang diinginkan penggemar, dan mungkin terasa begitu menyakitkan. Namun sebagaimana ada awal maka ada pula yang namanya akhir. Kali ini, kabar graduation kembali diumumkan oleh salah satu VTuber populer tanah air, Zen Gunawan dari Maha5.

Mengumumkan Kelulusannya Secara Mendadak

Siaran Klarifikasi pengumuman Graduate Zen Gunawan

Kabar kelulusan ini terbilang sangat mengejutkan penggemar karena diumumkan secara mendadak. Pengumuman kelulusan ini disampaikan langsung oleh Twitter Maha5 @maha5official. Meskipun diumumkan secara mendadak, Zen tidak akan langsung menghentikan aktivitasnya sebagai VTuber. Maha5 mengumumkan bahwa tanggal Zen graduate adalah 30 Juni 2023, yang berarti masih tersisa beberapa minggu lagi untuk Zen berkarya dan menghabiskan waktu bersama penggemarnya selama ia menjadi VTuber.

Baca juga  Donasi Super Chat VTuber Pakai Mata Uang Argentina, Motif Kirim Pesan Kebencian?

Belum Diketahui Alasan Pasti Kenapa Zen Graduate

Dari pengumuman yang disampaikan akun Twitter Maha5, tidak disebutkan dengan pasti alasan kenapa Zen Gunawan graduate. Zen sendiri juga telah aktif sebagai VTuber dari Maha5 semenjak Agustus 2020 lalu dan telah memiliki hingga 200 ribu subscribers di channel YouTube nya. 
Tidak lama setelah pengumuman graduation dar Maha5, Zen pun melakukan siaran yang membicarakan tentang kelulusannya. Memang tidak disebutkan dengan gamblang alasan kenapa Zen lulus, namun di siaran ini, Zen sendiri juga meluruskan bahwa kelulusannya bukanlah hal yang ia inginkan, namun dari pihak perusahaanlah yang memutuskan untuk memberhentikan proyek Zen. Zen juga mengatakan bahwa ia benci akan keputusan kelulusannya ini, namun dia sendiri pun tidak bisa melawan keputusan yang telah dibuat perusahaan.

Spekulasi Graduate Zen dari Penggemar

Zen Gunawan


Mengetahui bahwa sang VTuber sendiri tidak menginginkan graduationnya dan tidak adanya informasi pasti alasan pemberhentian proyek Zen, maka timbulah berbagai spekulasi dari penggemar dan Komunitas VTuber. Beberapa spekulasi ini juga dijabarkan oleh seorang YouTuber Indonesia, Akil Waterson di video nya, bahwa ada spekulasi kemungkinan Zen mengalami pemutusan kontrak secara sepihak entah karena pelanggaran peraturan, tidak tercapainya goals project, target KPI yang tidak terealisasikan. Namun, semuanya tetaplah spekulasi hingga ada kejelasan dan kepastian yang diumumkan langsung dari pihak Zen ataupun Maha5.

Talenta Maha5 Lain yang Juga Tidak Jelas Statusnya

Setelah pengumuman Zen yang akan graduate di akhir bulan Juni, penggemar pun juga kembali mempertanyakan status dari talenta Maha5 lainnya, yaitu Lumi Celestia, yang tanpa kabar menghilang dari dunia per VTuber an. Bahkan, terakhir Lumi melakukan siaran pun adalah 9 bulan yang lalu. Tidak ada konfirmasi kejelasan mengenai kabar Lumi dari pihak Maha5. Jika Zen graduate, maka generasi 2 dari Maha5 pun hanya menyisakan Nia Redalion. Nia sendiri masih aktif melakukan siaran langsung beberapa hari lalu, namun karena kejadian Zen ini, penggemar pun takut jikalau Nia juga tiba-tiba mengumumkan graduation-nya.

Baca juga  Turnamen Pokemon Sword and Shield Antar Talent Hololive, HoloPoke Cup

Kesimpulan Dari Berita Graduate Zen Gunawan

Zen Gunawan adalah VTuber yang amat ramah dan sering muncul memberikan dukungan kepada VTuber lainnya. Sehingga Kelulusan Zen Maha5 terasa mengejutkan dan akan meninggalkan kesedihan dari penggemar maupun rekan VTuber yang mengenalnya. Tidak ada yang tahu secara persis apa kendala yang menyebabkan Maha5 mengambil keputusan untuk menghentikan proyek VTuber Zen Gunawan, apalagi sang talen sendiri memiliki catatan bersih dan memang tidak ingin berhenti untuk menjadi seorang VTuber. Zen Gunawan sendiri akan mengakhiri karir VTubernya pada tanggal 30 Juni 2023 mendatang dengan seluruh konten YouTube miliknya akan dihapuskan. Oleh karena itu, mari kita sama-sama menikmati sisa waktu bersama dengan Zen, dan juga berharap agar talenta dibalik Zen dapat tetap sukses dimanapun dia akan berkarya setelah graduation nya!
Baca juga James Wick, Pendiri dari James Cell Studio kena tuntut karena melakukan scam kepada banyak VTuber!

(Visited 55 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.