Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022

Kontributor: Ronin95
Penyunting: Kikitondo

“Blue Lock itu sungguh nyata!!”

Demam bola diseluruh dunia makin menggema tahun ini dengan adanya hajatan Piala Dunia 2022 di Qatar sebagai tuan rumah. Hal inilah menjadi momentum yang tepat munculnya anime Blue Lock tahun ini juga. Terlebih lagi ekspresi saya yang hampir sama dengan reaksi netizen atas kemenangan dramatis Jepang baik melawan Jerman maupun laga terakhir melawan Spanyol dengan hal yang cukup kontroversial ketika gol kedua dari jepang tercipta.

Meskipun sekarang Jepang tidak lolos perempat final dari Kroasia, namun gigihnya mereka sangat patut diberikan apresiasi. Kali ini saya akan membahas terkait viralnya anime Blue Lock ini sebagai fenomena dalam penampilan epik Jepang di Piala Dunia 2022 ini.

Mengenai Anime Blue Lock

Anime ini rilis pada 9 Oktober 2022 dan digarap oleh studio 8bit. Anime Blue Lock juga hasil adaptasi manga karya Yusuke Nomura yang tayang di saluran TV Asahi pada jam 01.30 Waktu Jepang. Singkat cerita, babak final Turnamen Nasional Sepakbola SMA tingkat Prefektur ada seorang pemain bernama Yoichi Isagi sang tokoh utama disini juga berposisi sebagai penyerang dari tahun pertama masa sekolah harus kehilangan kesempatan untuk gabung dalam turnamen nasional akibat umpan bola ke sesama pemain di depan gawang. Saat pertandingan itulah ia menerima kekalahan hingga merasa menyesal, hingga dia menemukan undangan ke Blue Lock. Ini adalah fasilitas untuk melatih salah satu striker terhebat di dunia dari 300 penyerang usia sekolah menengah atas sehingga Jepang bisa memenangkan Piala Dunia sebagai target nya. Isagi bersama pemain lainnya berkumpul di sebuah ruangan kecil, dan mereka mengikuti tes pertama untuk memutuskan 11 dari mereka yang akan pindah ke asrama 12 orang.

Baca juga  Review Anime Suzume no Tojimari: Romantis-Komedi dengan Animasi yang Megah
Blue Lock mendadak viral karena Piala Dunia 2022, kenapa bisa?
Blue Lock mendadak viral karena Piala Dunia 2022, kenapa bisa?

Ini menjadi ulasan menarik bagi saya pribadi, sebab sepanjang kompetisi Piala Dunia 2022 bergulir di Qatar selaku tuan rumah menyajikan macam-macam pertandingan yang amat mengejutkan. Terlebih tidak ada satupun timnas yang mendominasi dari fase grup karena sama-sama menelan satu kekalahan sebelum masuk 16 besar.

Dan tidak kalah menariknya lagi adalah ketika timnas Jepang bermain cukup epik dan solid ketika menghadapi Jerman di pertandingan awal. Bagaimana tidak, dari hasil terakhir fase grup saja Jepang memuncaki klasemen grup E dengan enam poin ketika mereka berhasil menang 2-1 atas Jerman. 

Dengan kemenangan terakhir Jepang, mereka akan melaju ke babak 16 besar untuk Piala Dunia kedua berturut-turut dan keempat kalinya dalam enam turnamen terakhir. Jika mereka berhasil menang lagi, itu akan menjadi kemenangan pertama mereka di “babak sistem gugur”.

Kita coba amati dari pertandingan awal vs Jerman, Jerman memimpin lebih awal dengan gelandang Ilkay Gundogan mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-33. Namun, Jepang melakukan comeback yang luar biasa di akhir pertandingan dengan striker Ritsu Doan dan Takuma Asano mencetak gol beruntun dalam hitungan 15 menit, menghasilkan kemenangan bersejarah bagi Jepang.

Hal ini menjadi perhatian para fans dari anime Blue Lock terhadap gaya bermain Jepang yang cukup familiar dengan salah satu adegan dari anime tersebut sehingga membuat Blue Lock menjadi viral. Hal ini justru sangat berdasar pada gol ke-2 yang dicetak oleh Jepang secara khusus menarik perhatian banyak penggemar Blue Lock. 

Seperti yang terjadi di Blue Lock, Takuma Asano memiliki kesempatan untuk mengoper bola ke rekan setimnya, yang bagi banyak orang akan terlihat seperti pilihan yang lebih baik pada saat itu, namun, ia mengambil kesempatan untuk menyerang bola, yang akhirnya menjadi gol yang luar biasa bagi Jepang.

Baca juga  Merinding! Berikut 5 Manga Junji Ito Yang Paling Menyeramkan
Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022 - Otaku Mobileague

Tidak sampai disitu saja. Fans Blue Lock terlebih lagi fans timnas Jepang makin berdecak kagum dengan kemampuan dalam menguasai bola serta proses cetak gol berikutnya. Korban keganasan Jepang kali ini adalah Spanyol di pertandingan pamungkas grup E beberapa waktu lalu.

Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022 - Otaku Mobileague

Ingat momen gol satu ini? ini merupakan gol yang cukup kontroversial bagi kalangan penikmat juga pengamat sepakbola. Pada tanggal 1 Desember 2022, Jepang menyarangkan dua gol dalam rentang waktu tiga menit melawan Spanyol dalam kemenangan 2-1, saat negara ini memenangkan grupnya untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia. Kemenangan kedua yang luar biasa ini menyebabkan tagar #BlueLock mulai menjadi tren di Twitter serta kalimat “Blue Lock is real”. Gol-gol Jepang melawan Spanyol pada tanggal 1 Desember hampir merupakan salinan persis dari gol-gol yang telah dicetak Tim Z sejauh ini di anime Blue Lock. 

Dalam episode 3 anime Blue Lock ‘Soccer’s Zero’, Isagi terdorong untuk mengoper bola ke arah kirinya saat timnya saat ini kalah dari Tim X 5-0.

Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022 - Otaku Mobileague

Rensuke Kunigami, sesama tahanan Blue Lock dengan rambut oranye, berlari mengejar operan dan mencetak gol dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang nyaris saja dilewatkan oleh kiper dengan tangan terentang. Sedangkan Ritsu Doan, yang juga memiliki rambut oranye, melakukan hal yang sama ketika Jepang mencetak gol pertama melawan Spanyol. Ia memotong dari kanan dan mencetak gol tendangan jarak jauh yang brilian dengan kaki kirinya yang hampir saja ditangkap kiper.

Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022 - Otaku Mobileague

Gol kemenangan Jepang melawan Spanyol adalah hal yang ajaib seperti gol Gagamaru ini. Alih-alih Gagamaru, yang terjadi justru membantu peran Mitoma dimana juga menjaga bola dalam permainan hanya beberapa milimeter saat Tanaka mencetak gol kedua mereka.

Baca juga  Villainess HameFura Membawa Angin Segar Perisekaian

Sebuah apresiasi dari sang mangaka

Yusuke Nomura selaku mangaka dari Blue Lock ini rupanya memberikan sebuah apresiasi tinggi atas pencapaian luar biasa dari Jepang meskipun diluar harapan lolos lebih jauh lagi karena kalah adu penalti melawan Kroasia pada 16 besar lalu.

Sebuah pembaruan dari akun Twitter Yusuke Nomura memposting beberapa gambar dari mangaka ini ternyata ditujukan untuk para penggemarnya. Mangaka juga ilustrator Blue Lock ini merayakan perjalanan timnas Jepang dan tentu saja karya seni terlihat setajam biasanya. Dan meskipun kalah dari Kroasia, jelas Nomura tidak bisa ungkapkan rasa lebih bangga lagi daripada meratapi kekalahan kemarin.

Blue Lock Semakin Viral Berkat Performa Jepang di Piala Dunia 2022 - Otaku Mobileague
@nomnii “Terima kasih. Representasi dari Jepang.#サッカー日本代表(#TimSepakbola_Jepang)”

Itulah artikel kami tentang viralnya Blue Lock karena performa tim Jepang pada ajang piala dunia Qatar 2022, baca juga artikel kami Review Giant Killing

(Visited 16 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.