NewsKabar Artis

Eiichiro Oda Operasi Mata, One Piece Akan Hiatus Sebulan

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

One Piece akan hiatus sebulan karena Eiichiro Oda menjalani operasi mata.

Bagi penggemar manga dan anime pasti tidak asing dengan One Piece. One Piece merupakan manga karya yang ditulis serta diilustrasikan oleh mangaka bernama Eiichiro Oda. 

Ada kabar terbaru dari manga One Piece. One piece akan resmi hiatus satu bulan dikarenakan sang mangaka, Eiichiro Oda menjalani operasi mata. Eiichiro Oda pun diharuskan istirahat selama empat pekan, terhitung sejak 19 Juni hingga 10 Juli.

Eiichiro Oda Menjalani Operasi Mata

Eiichiro Oda

Eiichiro Oda diketahui menjalani operasi mata lantaran dia menderita Astigmatisme yang menyebabkan pandangannya menjadi kabur. Akibat penyakitnya ini banyak berdampak pada pekerjaannya sebagai mangaka. 

Ia bahkan sempat bercanda dan mengatakan banyak sekali orang kembar yang dilihatnya saat mengumumkan akan menjalani operasi.

Setelah bab 1087 yang terbit di majalah manga Weekly Shonen Jump edisi ke-29 2023, manga One Piece akan kembali di edisi ke-33 yang akan terbit 18 Juli nanti.

Sejak 2022, Oda memang telah mendiskusikan kondisi kesehatannya dengan editornya. Ia pun terus menerima dukungan dan dorongan dari para stafnya.

Oda menegaskan ia berencana kembali dengan pandangan mata yang lebih kuat setelah operasi.

Ia bahkan menggambarkan karakter Franky, salah satu tokoh di One Piece, yang sedang menembakkan laser dari matanya sebagai tambahan humor dalam pengumumannya.

Para fans One Piece pun merespons kabar tersebut dengan membanjiri dukungan di media sosial.

Mereka membanjiri Twitter dan Reddit yang mendoakan Oda agar segera pulih dan kembali meneruskan manga yang serialisasinya sudah berjalan dua dekade.

Baca juga  VTuber dari VOMS Project, Amano Pikamee Akan Graduate di Akhir Bulan Maret 2023

Sekilas Mengenai Astigmatisme Yang Diderita Eiichiro Oda

Astigmatism

Astigmatisme adalah gangguan penglihatan yang disebabkan oleh cacat pada lengkungan lensa atau kornea. Kondisi ini dapat mengakibatkan pandangan menjadi terdistorsi atau kabur. Astigmatisme umumnya muncul saat lahir, tetapi bisa juga disebabkan oleh cedera yang dialami oleh mata di kemudian hari atau sebagai komplikasi dari operasi mata.

Astigmatisme disebabkan oleh lensa atau kornea yang tidak mulus, sehingga mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata jadi tidak fokus saat diteruskan ke retina. Oleh sebab itu, pandangan yang dihasilkan mata menjadi buram.

Berdasarkan penyebabnya, astigmatisme dibedakan menjadi dua jenis:

  • Astigmatisme yang disebabkan oleh cacat pada kornea mata disebut astigmatisme korneal.
  • Astigmatisme yang disebabkan oleh cacat pada lensa mata disebut astigmatisme lentikular

Astigmatisme dapat mengganggu aktivitas sehari-hari pengidapnya. Beberapa gejalanya astigmatisme, yaitu:

  • Pandangan yang samar atau tidak fokus.
  • Pusing.
  • Mata lelah.
  • Sensitif terhadap sorotan cahaya (fotofobia).
  • Kesulitan membedakan warna-warna yang letaknya bersebelahan.
  • Kesulitan melihat gambar secara utuh, misalnya garis lurus yang tampak miring.
  • Pada astigmatisme parah, pengidap dapat mengalami penglihatan ganda.

Sekilas Profil Eiichiro Oda

Eiichiro Oda Mangaka dari Manga One Piece

Eiichiro Oda merupakan pencipta One Piece yang lahir di Kumamoto, Jepang, pada 1 Januari 1975. Melansir IMDb, Oda terinspirasi viking dan bercita-cita jadi seorang seniman manga semasa kecil

Ia kemudian mengirimkan karakter bernama Pandaman untuk manga gulat klasik Yudetamago Kinnikuman. Ini kemudian tidak hanya digunakan dalam satu bab manga, tapi muncul kembali sebagai karakter kameo berulang dalam karya Oda sendiri.

Saat berusia 17 tahun, ia menyerahkan karyanya, Wanted! pada 1992, dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk juara ke-2 dalam penghargaan manga Tezuka. Pada usia 19 tahun, Oda bekerja sebagai asisten Nobuhiro Watsuki di manga Rurouni Kenshin, sebelum memenangkan Hop Step Award untuk kategori seniman manga baru.

Baca juga  Panduan Menonton Anime One Piece Super Asik Ala Otaku mobileague.

Ia telah menggambar cerita one-shot bertema bajak laut berjudul Romance Dawn. Pada 1997, One Piece muncul untuk pertama kali di majalah Weekly Shonen Jump edisi #34 dan langsung jadi salah satu manga terpopuler di Jepang, setelah serial Dragon Ball.

Pengaruh terbesar bagi Eiichiro Oda dalam berkarya adalah Akira Toriyama, yang juga dikenal sebagai pencipta Dragon Ball dan Dr. Slump. Ia dan Toriyama telah membuat manga one-shot berjudul Cross Epoch, sebuah persilangan yang berisi karakter dari Dragon Ball dan One Piece.

Alhasil, One piece Hiatus Sebulan

Eiichiro Oda memutuskan untuk melakukan operasi mata setelah dia mengalami kesulitan dalam pekerjaannya karena penyakit Astigmatisma yang dideritanya. Maka dari itu manga One Piece akan hiatus dari majalah Shounen Jump mulai dari 19 Juni-10 Juli.
Baca juga tampilan baru versi 2.0 Noctyx dari Nijisanji

Link

(Visited 70 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.