AnimePop CultureOpini

Episode 6 Oshi no Ko: Dampak dari Cyberbullying Dari Para Anonim di Internet

Kontributor : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

Episode 6, Oshi no Ko Memperlihatkan dampak dari cyberbullying dari aksi ego surfing dialami Akane Kurokawa yang mirip dengan kasus mendiang bunuh diri Hana Kimura

Trigger Warning: Artikel ini berisi penyebutan self-harm/suicide (bunuh diri) yang mungkin dapat menimbulkan rasa terganggu atau tidak nyaman untuk beberapa orang.

Oshi no Ko, anime dari Studio Doga Kobo yang baru rilis pada bulan April 2023 lalu ini kini tengah jadi perbincangan hangat di kalangan penggemar. Anime bergenre drama dan supernatural ini mengangkat tema sisi gelap dari kehidupan artis dan idol, yang mungkin masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Salah satu sisi gelap kehidupan artis dan idol yang diangkat Oshi no Ko, khususnya di episode 6 adalah tentang cyberbullying, egosurfing, dan juga tekanan mental yang dihadapi sang artis. 
Kalian dapat menonton Episode Oshi no Ko di Bilibili

Menceritakan Kisah Akane yang Tengah Membintangi Reality Show, dan Juga Praktek Egosurfing.

Oshi no Ko

Akane Kurokawa menjadi karakter yang dikisahkan lebih dalam pada episode 6 Oshi no Ko ini. Ia tengah membintangi acara reality show kencan bersama para artis lainnya. Episode ini memperlihatkan obrolan-obrolan dan perilaku para artis di balik layar, dan juga praktek egosurfing.

Egosurfing adalah  kegiatan mencari nama sendiri ataupun nama samaran di situs mesin pencari dan meninjau hasil yang diperlihatkan. Cara ini tidak jarang dilakukan oleh artis untuk melihat respon penggemar, artikel, kritik saran, ataupun tingkat kepopulerannya. Egosurfing bsa berdampak positif karena hasil yang ditampilkan dapat menjadi acuan untuk artis mengasah skill dan tampil lebih baik lagi sesuai dengan keinginan penggemar, namun, kegiatan ini juga bisa menjadi negatif karena bukan tidak mungkin akan ada komentar yang kurang pantas muncul dan mengganggu kesehatan mental dan emosional. 

Baca juga  5 Spot Hello Kitty Terbaik di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi!

Kehidupan Artis, Tekanan Agensi, dan Usaha Kerja Keras Sang Artis

Oshi no Ko

Di episode ini, diperlihatkan cuplikan kehidupan Akane, yang bekerja keras untuk menjadi lebih baik lagi. Namun sayangnya, screen time yang ia dapatkan di acara reality show  tidaklah banyak dan membuat pihak agensinya merasa kurang senang. Tidak sengaja melihat sang manager yang dimarahi atasannya, Akane pun merasa bersalah dan terus bekerja keras menjadi lebih baik lagi. Hingga pada saat syuting reality show kembali, Akane mengingat bahwa dirinya perlu bekerja keras agar lebih dikenal, dan hendak mencoba untuk bertindak lebih saat syuting berlangsung. Namun sayangnya, tindakannya secara tidak langsung melukai rekannya, Yuki Sumi.

Akane yang Harus Menghadapi Komentar Kebencian Online

Oshi no Ko

Meskipun sang rekan, Yuki Sumi tidak mempermasalahkan apa yang Akane lakukan padanya, namun apa yang disaksikan oleh penonton reality show memicu persepsi yang berbeda. Karena insiden tersebut, Akane mendapatkan banyak komentar kebencian yang ia temukan online. Panik karena respon negatif publik tentang dirinya, Akane pun melontarkan permintaan maaf di akun media sosialnya, yang ironisnya justru memperparah situasi dan citra dirinya. Karena dengan dia meminta maaf, maka para haters pun semakin melontarkan kebencian karena ia mengakui dirinya telah memang berbuat salah. 

Semakin tenggelam dalam komentar kebencian dan cyberbullying yang menimpa dirinya, Akane pun jadi merasa semakin sulit menjalani kehidupan sehari-hari. Hingga di satu waktu, ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jembatan, yang untungnya berhasil diselamatkan oleh Aqua. 

Dianggap Mirip dengan Kisah Nyata yang Terjadi

Oshi no Ko

Plot episode 6 ini yang terasa begitu real disebut-sebut dan diduga oleh penggemar adalah adaptasi dari cerita nyata yang pernah terjadi, yaitu apa yang terjadi pada mendiang Hana Kimura. Kimura dahulunya juga pernah membintangi sebuah reality show, dan terjadi perselisihan antara Kimura dengan rekan kerjanya yang berujung pada dirinya menjadi korban cyberbullying yang parah hingga ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Baca juga  Review Anime Suzume no Tojimari: Romantis-Komedi dengan Animasi yang Megah

Mendapat Kritik dari Ibunda Mendiang Hana Kimura

Oshi no Ko

Dari kemiripan yang ditemukan penggemar dengan episode 6 anime Oshi no Ko, tentu tidak semua penonton dapat menerima tayangan episode ini dengan baik, salah satunya adalah Ibunda dari mendiang Hana Kimura, karena terlalu mirip dengan cerita yang dialami anaknya.

Menyedihkannya, ibarat berbanding terbalik dengan pesan yang ingin disampaikan dari episode Oshi no Ko tentang dampak cyberbullying, kritikan Ibu Kimura justru juga mendapat respon negatif dari netizen, karena dianggap terlalu berlebihan. Namun, ada juga netizen yang mendukung kritik yang disampaikan Ibu Kimura ini.

Cyberbullying merupakan fenomena yang merugikan dan mengancam kesehatan mental seseorang. Dalam era digital yang semakin maju, kebebasan berekspresi seringkali disalahgunakan menjadi senjata untuk menyakiti orang lain karena kemudahan untuk memberikan komentar yang kasar, menghina, atau melecehkan di platform online.

Penutup

Kita perlu menyadari bahwa di balik layar gadget kita, ada manusia yang merasakan emosi dan memiliki perasaan yang sama seperti kita. Sebelum menuliskan komentar, kita harus mempertimbangkan efeknya terhadap orang lain. Sebuah komentar yang tidak sopan atau menyakitkan bisa meninggalkan luka mendalam dan sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, sebagai pengguna internet yang bertanggung jawab, mari kita berupaya untuk membangun budaya online yang positif dan mendukung, untuk mewujudkan lingkungan digital yang lebih aman, bermartabat, dan inklusif. 

Perlu juga untuk dimengerti agar memaklumi protes dari Ibunda mendiang Hana Kimura, Meski dalam episode tersebut Akane Kurokawa terselamatkan, namun tidak untuk anaknya, sehingga bagaikan merobek luka lama selepas kepergian anaknya karena komentar yang tak beranggung jawab serta kelalaian managemen dan produser yang dibintangi Hana Kimura. Semoga Hana Kimura mendapat ketenangan dialam sana dan sang ibu diberi ketabahan.
Baca juga 14 Anime Genre Romantis rekomendasi Otaku.Mobileague

(Visited 129 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.