NewsKabar VTuber

Idol Corp Berikan Bocoran Bagi Hasil Talent Mereka ke Publik

Idol Corp menjadi agensi yang pertama berikan transparansi publik persentase bagi hasil pendapatan VTuber agensi mereka.

Selama beberapa tahun terakhir, perjalanan yang telah dilalui komunitas VTuber cukup fenomenal. Tidak hanya dalam hal popularitas, keberadaan Virtual Youtuber juga telah membuat transformasi di dunia hiburan, membentuk narasi yang tak terduga dan mengukir tanda penting dalam budaya digital. Tidak hanya debut melalui agensi, telah banyak VTuber yang juga berhasil meniti karir di dunia hiburan digital secara independen dan menggaet popularitas yang sebanding dengan VTuber yang debut dari agensi-agensi besar. 

Semakin bertambahnya talenta VTuber yang mewarnai komunitas ini, dan juga tidak sedikit diantaranya memilih VTuber sebagai pekerjaan utamanya dan menjadi full time streamer, mungkin akan menimbulkan rasa heran dan pertanyaan dari sebagian penggemar, terkait seberapa besar penghasilan sebagai VTuber. Meskipun pembahasan penghasilan seseorang memang tidak umum untuk dibicarakan, namun belum lama ini, salah satu agensi VTuber asal Israel, Idol Corp, berikan transparansi dengan membuka suara terkait persentase pembagian penghasilan VTuber naungan mereka, dengan perusahaan. 

Apa Saja yang Memengaruhi Penghasilan VTuber?

Transparansi Bagi Hasil Idol Corp
Sumber gambar: https://twitter.com/idol_corp/status/1670945839131287552/photo/1 

Sebelum kita lanjut, ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu. VTuber adalah sebuah profesi, oleh karena itu sudah sepantasnya hasil kerja keras mereka menghasilkan upah yang sepadan. Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi besarnya pendapatan seorang VTuber, seperti:

  1. Popularitas dan Jangkauan Konten

Jumlah pengikut dan jumlah penonton aktif dapat secara signifikan mempengaruhi penghasilan VTuber. Semakin banyak orang yang menonton dan berinteraksi dengan konten VTuber, semakin besar potensi pendapatan melalui iklan, donasi, atau langganan membership.

  1. Kemitraan dan Sponsorship

Kerjasama dengan merek atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan juga berkontribusi pada penghasilan tambahan VTuber.

  1. Platform dan Monetisasi
Baca juga  Final Fantasy 16 Sudah Diumumkan! Apa Saja Rahasia Trailernya?

Platform tempat VTuber beroperasi memiliki fitur monetisasi yang berbeda-beda. Pendapatan dapat berasal dari iklan, donasi dari penonton, langganan berbayar, atau penjualan merchandise.

  1. Kualitas Konten dan Daya Tarik

Konten kreatif, unik, dan menarik dapat memikat penonton lebih banyak penonton. Kemampuan VTuber dalam mempertahankan perhatian penonton pun turut memengaruhi jumlah donasi dan langganan.

  1. Keterlibatan dengan Komunitas

VTuber yang aktif berinteraksi dengan penggemar dan membangun komunitas yang kuat cenderung memiliki pendukung yang lebih setia, yang mungkin lebih cenderung memberikan donasi atau melakukan pembelian.

  1. Kerja Sama dengan Agensi

VTuber yang bekerja dengan agensi mungkin memiliki kontrak yang mempengaruhi pembagian pendapatan. Agensi juga dapat membantu dalam mengelola sponsor, negosiasi, dan peluang lainnya.

Faktor-faktor ini saling berinteraksi dan mempengaruhi dalam membentuk total penghasilan seorang VTuber.

Pembagian Penghasilan Talent dan Perusahaan Idol Corp

Transparansi Bagi Hasil Idol Corp
Sumber gambar: https://twitter.com/idol_corp/status/1693356309163160029/photo/1 

Berdasarkan unggahan Tweet dari akun resmi Idol Corp @idol_corp, agensi VTuber ini memiliki komitmen untuk membuat kontrak antara talenta dengan perusahaan menjadi lebih transparan di akhir tahun, namun pada tanggal 21 Agustus 2023 lalu, Idol Corp memutuskan untuk memberikan informasi kepada penggemar, mengenai persentase potongan penghasilan talenta VTuber yang berada di Idol Corp dengan harapan bahwa transparansi ini dapat memberikan semangat dan menambah informasi dalam pembuatan keputusan bagi para VTuber lainnya.

Di agensi Idol Corp, pembagian hasil antara VTuber dengan perusahaan sebesar 60% untuk talenta, dan 25% untuk perusahaan. Sementara 15% lainnya digunakan untuk biaya pokok. Biaya pokok mencakup biaya video editor, produksi musik, video game, peralatan untuk streaming, dan lain sebagianya. Secara tidak langsung, 15% penghasilan ini juga dapat dikatakan sebagai indirect revenue bagi VTuber dari Idol Corp. 

Dari 25% penghasilan yang di dapat oleh perusahaan, Idol Corp menyebutkan bahwa persentase ini telah cukup untuk membuat perusahaan profitable, dan menginvestasikan kembali keuntungan dalam pertumbuhan perusahaan, gaji tim, ekspansi, dan rencana dalam mendebut lebih banyak VTuber kedepannya. Perlu dicatat bahwa persentase ini tidak termasuk penghasilan yang masuk dari sponsorship maupun penjualan merchandise

Baca juga  Jadi Clipper VTuber Sambil Cuan! Idol Corp Luncurkan ‘idol Clippers Program’, Yuk Simak Informasinya!

Idol Corp juga menambahkan pernyataan bahwa mereka berhasil menjaga profitabilitas tinggi dan pertumbuhan yang cepat bagi perusahaan, sambil memberikan talenta mereka pembagian hasil yang adil, secara aktif memberikan investasi kepada talenta, dan juga membantu talenta dalam menjadikan streaming sebagai full-time job seawal mungkin.

Perbandingan dengan Agensi Lain, Berdasarkan Data Idol Corp

Transparansi Bagi Hasil Idol Corp
Sumber gambar: https://twitter.com/idol_corp/status/1693680623825691021/photo/1 

Melanjuti cuitan sebelumnya, Idol Corp kembali memberikan data terkait perbandingan pembagian hasil pendapatan antara talenta Idol Corp, dengan agensi lain. Idol Corp memberikan persentase revenue untuk talenta sebesar 60% untuk YouTube/Tips, 30% untuk merchandise fisik 30%, 60% untuk merchandise digital, 55% untuk sponsorship. Dari data yang disajikan Idol Corp, terlihat bahwa agensi ini memiliki persentase 10-20% lebih besar untuk talenta dibanding rata-rata persentase yang diberikan perusahaan lain. Idol Corp juga memberikan tambahan benefit berupa pengeluaran streaming yang 100% ditanggung perusahaan, serta paket debut dengan nilai estimasi sebesar lebih dari $6000 atau 91 juta rupiah.

Tak lupa juga, Idol Corp pun mengundang rekan-rekan industri VTuber, untuk lebih transparan mengenai penawaran yang dimiliki perusahaan, dengan tujuan agar para talenta nantinya terinformasi sebelum memilih jalannya di masa yang akan datang.

Gerakan Transparansi, Bangun Kepercayaan di Komunitas

Transparansi perusahaan di komunitas VTuber memang belum terlalu dipraktekan oleh banyak pihak, baik itu dalam hal persentase pembagian penghasilan, ataupun informasi-informasi seputar talenta mereka lainnya yang mungkin dapat memperjelas situasi tertentu. Gerakan transparansi yang dilakukan oleh Idol Corp pun menuai respon positif dari komunitas VTuber.

Respon positif ini terlihat langsung dari para netizen yang menjawab cuitan Idol Corp mengenai pembagian penghasilan. Banyak penggemar yang mengungkapkan apresiasi mereka pada Idol Corp tidak hanya mengenai transparansi, tetapi juga pembagian yang adil untuk talenta VTuber mereka, serta upaya dalam menciptakan industri yang lebih sehat dan suportif. Dengan pembagian penghasilan yang jelas ini, penggemar dapat mengetahui kemana dan bagaimana dukungan finansial yang telah mereka berikan, hal ini pun disebutkan sebagai suatu hal yang berdampak bagi penggemar. 

Tanggapan Lain dari Transparansi Idol Corp

Meskipun tindakan transparansi Idol Corp ini secara umum mendapat banyak respon positif, bukan berarti tidak ada tanggapan dari sisi lain mengenai kejujuran Idol Corp mengenai pembagian penghasilan ini. Mengingat bahwa Idol Corp tengah membuka audisi untuk VTuber baru, beberapa penggemar pun berpendapat bahwa hal ini hanyalah sebuah strategi marketing perusahaan untuk meningkatkan minat calon talenta melakukan audisi di Idol Corp.

Baca juga  Lycoris Recoil Mendapatkan Adaptasi Anime Movie

Salah satu netizen juga memberikan opini bahwa taktik yang serupa sudah pernah dilakukan oleh agensi lainnya, dan timing agensi Idol Corp dalam memberikan informasi mengenai pendapatan talentanya dapat dibilang ‘menarik’, karena belum lama ini terdapat salah satu agensi VTuber yang tengah banyak mendapat pemberitaan kurang baik.

Selain itu, persenan data yang disajikan pun tidak memiliki sumber pasti, sehingga kredibilitas dari data yang disajikan pun menjadi kurang meyakinkan.

Kesimpulan

Sebagai salah satu agensi VTuber yang sedang dalam masa berkembang, Idol Corp telah berkontribusi dalam memberikan sebuah pandangan baru bagi para penggemar dari gerakan transparansi pembagian hasil antara VTuber dan perusahaan yang baru-baru ini mereka umumkan. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa seluruh data yang disajikan pihak perusahaan, merupakan data dari pihak mereka saja, dan belum terdapat tolak ukur pasti mengenai kredibilitas data yang disajikan. Meskipun begitu, transparansi ini sangat pantas untuk diapresiasi, karena memberikan pandangan baru bagi anggota komunitas yang masih awam, dan juga menjadi sebuah catatan tersendiri bahwa transparansi informasi antara komunitas dan perusahaan direspon dengan baik oleh komunitas, yang mungkin memiliki efek jangka panjang yang baik terhadap nama perusahaan.

Sumber:

Penulis : Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

(Visited 71 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.