EventCosplayer

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGO) hadir kembali di Tahun 2023! Simak Informasinya

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo

“Indonesia Cosplay Grand Prix kembali diadakan di tahun 2023, berkesempatan mewakili Indonesia di World Cosplay Summit Jepang”

Cosplay, atau custome play adalah kegiatan mengenakan pakaian, riasan wajah, dan asesoris layaknya karakter dalam tokoh cerita maupun game. Kepopuleran cosplay di Indonesia sudah berlangsung bertahun-tahun, apalagi cosplay dengan tema anime dan manga Jepang. Sebagian mungkin hanya melakukan cosplay sebagai hobi yang menyenangkan, namun tidak sedikit juga yang menjadikan kegiatan cosplay sebagai profesi dan menjadi cosplayer profesional. Oleh karena itu, tidak jarang acara bahkan perlombaan untuk cosplay sering diadakan setiap tahunnya di Indonesia. 

Setelah sukses menggelar kompetisi di tahun-tahun sebelumnya, kini Indonesia Cosplay Grand Prix kembali di tahun 2023 dan diadakan secara offline di 8 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali dan Makassar pada bulan Mei mendatang dengan babak grand final di Jakarta (TBA). Lomba ini adalah kolaborasi dari ICGP, WCS, dan Impact Fantasy. Tunjukan bakat dan kemampuan mu yang suka mengekspresikan diri dengan cosplay bersama teman-temanmu lewat lomba ini dan menangkan kesempatan untuk mengikuti cosplay championship berskala internasional yang akan diadakan di Jepang! Simak lebih lanjut informasi pendaftaran dan aturan umumnya di bawah:

Beberapa Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Mengikuti Indonesia Cosplay Grand Prix

Indonesia Cosplay Grand Prix

Lomba cosplay ini mewajibkan pendaftarnya membentuk tim yang terdiri dari 2 orang cosplayer. Lalu, karakter cosplay juga harus berasal atau didevelop oleh Jepang seperti karakter anime, game, manga, vocaloid, dan tokusatsu. Perlu dicatat bahwa karakter dari doujin, gijinka, dan live action animanga tidak diperbolehkan untuk di cosplay. 

Baca juga  Genshin Concert 2023 Resmi Diadakan pada Bulan Oktober

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan kostum cosplay yang dibuat sendiri dan dokumentasi pembuatannya. Setelah itu, kamu dapat membuat video performance dengan BGV (Background Video) tentang jalan cerita cosplay yang sesuai dengan cerita aslinya. Maksimal durasi video adalah 2 menit 30 detik. Kamu juga perlu membuat draft video performance berdurasi 30 detik untuk kelengkapan pendaftaran. Hal-hal ini menjadi bahan pertimbangan penilaian untuk lolos ke babak selanjutnya.

Jika kostum, dokumentasi hingga video performance telah siap, kamu dapat mengunduh dan mengisi dokumen ini sebagai syarat pendaftaran. 

Baca lebih lengkap ketentuan umum pendaftarannya di sini.

Lakukan Pendaftaran Melalui Form Online

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGO) hadir kembali di Tahun 2023! Simak Informasinya - Otaku Mobileague

Setelah dokumen dan video mu lengkap, pastikan kamu mendaftar sebelum batas waktu yang ditentukan oleh masing-masing seleksi regional. Catat tanggalnya:

  • Medan: hingga 30 April 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.
  • Pekanbaru: hingga 30 April 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.
  • Balikpapan: hingga 30 April 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.
  • Bandung: hingga 30 April 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.
  • Yogyakarta: hingga 3 Maret 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.
  • Malang, hingga 24 Februari 2023, pukul 23:59 WIB. daftar di sini.
  • Bali: TBA, daftar di sini.
  • Makassar: hingga 30 April 2023, pukul 23:59 WIB, daftar di sini.

Akan Tampil Di Stage

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGO) hadir kembali di Tahun 2023! Simak Informasinya - Otaku Mobileague

Bahan pertimbangan untuk lolos ke babak semifinalis adalah video draft performance, dokumentasi pembuatan kostum, serta kesiapan video dan dokumen. Peserta yang lolos video audisi dan menjadi semifinalis akan diumumkan di website dan sosial media CLAS:H.

Peserta yang lolos menjadi semifinalis akan berkompetisi di atas panggung, dengan semifinalis lainnya dalam babak eliminasi daerah yang diikuti. 

Baca juga  Rayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Agustusan di BStation!

Grand Final Indonesia Cosplay Grand Prix di Jakarta

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGO) hadir kembali di Tahun 2023! Simak Informasinya - Otaku Mobileague

Sementara itu, peserta yang lolos babak eliminasi daerah akan menjadi finalis dan mengikuti babak terakhir lomba ini yang akan diselenggarakan di Jakarta sebagai “Grand Final Indonesia Cosplay Grand Prix”.  Tempat dan waktu acara akan diumumkan di waktu mendatang.

Wujudkan Impian ke Jepang

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGO) hadir kembali di Tahun 2023! Simak Informasinya - Otaku Mobileague

Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP) adalah seleksi nasional menuju World Cosplay Summit “Cosplay Champioship”. Tim Cosplay yang berhasil merebut gelar Juara Nasional akan diberangkatkan ke lomba WCS 2023 yang diselenggarakan di Nagoya, Jepang. 

Itulah rangkuman informasi mengenai lomba cosplay ICGP 2023, jika kamu memiliki pertanyaan lain, dapat langsung mengunjungi website resmi ICGP ataupun media sosial resmi mereka di sini. Segera daftarkan tim-mu dan dan raih kesempatan menjadi perwakilan Indonesia di World Cosplay Summit Championship Jepang dan bersaing dengan tim peserta cosplay dari berbagai negara lainnya!
Baca juga artikel kami, Donasi Super Chat VTuber Pakai Mata Uang Argentina, Motif Kirim Pesan Kebencian?

(Visited 268 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.