VTuber CornerKomunitas

5 Fakta Lutfiah K Dalam Drama Pura-Pura Sakit di Komunitas VTuber Indonesia

Kontributor: Salsabila Astri
Penyunting : Kikitondo
Reviewer: Mythia Badford

Kami berharap agar kejadian seperti Lutfiah K ini tidak berulang lagi di Komunitas VTuber Indoensia

Pada awal bulan Desember 2022 lalu, seorang translator dan MOD YouTube yang cukup populer di komunitas VTuber, Luthfiah K, sempat menggemparkan jagat Twitter. Hal ini terkait permintaan donasi yang sempat ia lakukan dan fakta yang terungkap di balik permintaan donasi Luthfiah yang pernah dibuka di awal bulan Desember tahun lalu. 

Dilansir dari postingan thread di akun twitter Luthfia K, ia memaparkan pernyataan-pernyataan untuk meluruskan fakta terkait kasus tuduhan penipuan atas donasi yang ia minta. Tidak hanya pernyataan, ia pun turut melontarkan permintaan maaf terkait kasus yang melibatkan dirinya tersebut.

Pada akhirnya drama ini berakhir dengan pengakuan dan pertobatan sang pelaku. Berikut adalah fakta-fakta runut akan drama yang dibuat oleh Lutfiah K:

Lutfiah K Sama Sekali Tidak Memiliki Masalah Kesehatan

Lutfiah K

Mulanya, pada awal Desember 2022 lalu, Luthfiah membuat pengumuman mengenai kelanjutan aktivitasnya sebagai MOD YouTube, translator, dan lain-lainnya, bahwa ia akan istirahat atau hiatus sampai waktu yang belum ditentukan karena kondisi penyakit dan harus melakukan operasi. Namun, pada thread terbarunya, Luthfiah menjelaskan bahwa ternyata ia tidak pernah terkena diagnosis spondylolisthesis yang ia akuinya kemarin.

Baca juga  Hololive CouncilRys Bubar, Ganti Nama Official jadi Hololive Promise!

Lutfiah K Sempat Melakukan Paksaan Menggunakan Akun Samaran

Lutfiah K

Saat meminta donasi, Luthfiah mengaku juga sempat melakukan teror pada beberapa VTuber lewat akun samaran. Teror tersebut diakuinya dilakukan untuk mengarahkan donasi pada dirinya. Teror tersebut tidak hanya dilakukan saat VTuber sedang streaming, tetapi juga melalui email, dm, bahkan server discord. Diceritakan oleh Luthfiah, bahwa akun samaran yang digunakan untuk teror awalnya mengaku sebagai teman dari Luthfiah, namun akhirnya Luthfiah berterus terang bahwa akun samaran tersebut adalah dirinya sendiri yang seolah-olah menjadi orang lain. 

Lutfiah K Meminta Maaf Atas Tindakannya

Lutfiah K

Setelah meluruskan tuduhan kebohongan yang ia perbuat, Luthfiah juga menuturkan permintaan maaf kepada para orang yang terdampak, yang merupakan rekan-rekan di komunitas VTuber, ia juga meminta maaf karena telah membuat kecewa dan meruntuhkan kepercayaan temant-temannya. 

.

Adapun alasan Luthfiah sampai membuka donasi dan menggemparkan publik adalah rasa buntu yang ia rasakan dalam menghadapi masalah. Tidak dipaparkan secara jelas masalah apa yang ia hadapi, namun Luthfiah tetap sadar bahwa apa yang telah ia lakukan adalah tindakan yang salah, ia pun mengatakan bahwa ia akan terus merenung dan melakukan introspeksi diri. Ia berharap kedepannya ia juga dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Lutfiah K Melakukan Refund Kepada Para Donatur

Lutfiah K

Sebagaimana ia mengetahui tindakan penipuan adalah hal yang salah, Luthfi pun bertanggung jawab dengan melakukan refund uang pada orang-orang yang telah melakukan donasi padanya. Namun memang, ia menyebutkan ia memerlukan waktu lebih untuk dapat menebus uang yang telah didonasikan padanya tersebut. Untuk yang merasa pernah melakukan donasi pada Luthfiah dan menginginkan refund, bisa langsung memberikan screenshot bukti donasi melalui pesan (DM) ke akun Twitter Luthfiah, @Luthfiah_K04. Hal ini diperlukan juga karena beberapa orang mengirim donasi dengan identitas anonim, sehingga Luthfiah tidak dapat menghubungi orang yang bersangkutan secara langsung. Dan hingga akhir tahun kemarin pun, Luthfiah sudah terlihat mulai melakukan refund sedikit demi sedikit pada para donatur.

Baca juga  Satu Bulan Lagi Akan Graduate, Yuk Intip Momen-momen dari Taka Radjiman dan Fans-nya!

Lutfiah K Hiatus dari Pekerjaan Translator dan MOD

Seperti pada rencana awalnya yang akan hiatus dari pekerjaan MOD YouTube dan translator, dari akun Twitter Luthfiah sendiri pun terlihat bahwa ia memang belum kembali melakukan aktivitasnya yang dahulu ia lakukan di komunitas VTuber ini. Hingga cuitannya pada akhir tahun kemarin, Luthfi pun mengatakan bahwa ia akan fokus untuk berkomunikasi dan dan menyelesaikan refund kepada para donatur yang menuntut uangnya dikembalikan.

Itulah tadi rangkuman fakta beserta klarifikasi atas drama tuduhan penipuan donasi yang sempat ramai di komunitas VTuber Indonesia pada akhir tahun 2022 lalu. Semoga kedepannya, hal seperti ini tidak terulang lagi ya!
Dapatkan informasi yang berfokus pada VTuber Indonesia maupun mancanegara dengan mengklik link ini

(Visited 197 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.