VTuber CornerKabar VTuberNews

Mantan Project Manager Agensi VTuber Insignia Reality Mengumumkan Alasan Penutupan Agensi

Narasumber : Almond Pie

Setelah memberikan kelulusan yang layak untuk seluruh Talentnya, Ex-Project Manager Insignia Reality menjabarkan alasan pembubaran agensi tersebut.

Berdasarkan dari cuitan Twitter Insignia Reality, Agensi ini mengumumkan berhenti beroperasi pada tanggal 1 Desember 2022, namun hebohnya cuitan tersebut tidak sekedar pengumuman agensi berhenti beroperasi.

Disampaikan oleh Mantan Project Manajer Almond Pie, Dirinya merasa kecewa dengan sikap CEO Insignia Reality yang terkesan tidak acuh dan tidak peduli bahkan tidak bisa dihubungi maupun berembuk komunikasi akan kebutuhan dari agensi maupun para talentnya. Puncaknya para staff tersisa dan talent yang bertahan memutuskan untuk keluar dan menutup Agensi VTuber atas perintah Ex-Founder sekaligus Investor Utama Insignia Reality, melewati kuasa dari CEO yang menjabat.

Dalam artikel ini, Otaku.Mobilegue akan mendeskripsikan Masalah-masalah yang berakhir dengan penutupan agensi VTuber Insignia Reality.

Staff Manajemen Insignia Reality yang Menghilang

Berdasarkan dari tanya jawab kami dengan Almond Pie, dirinya dulu menjabat sebagai Project Manajer beserta dengan tim manajemen staff lainnya.

Tim itu tersebut terdiri dari talent lama dan baru (Lutie F. Chantelle dan Elise Charlotte), Talent Manajer, Artis, Musisi, dan Manajer Media Sosial. Namun, perlahan-lahan anggota tim mulai menghilang karena berbagai alasan.

Dengan tidak adanya staff manajemen dan beberapa talent yang tiba-tiba tidak aktif, membuat beban kerja Almond Pie bertambah.

Terbebani Berbagai Jabatan Tambahan

Dengan hilangnya staff dan beberapa talent lainnya, alhasil beban peran kerja diambil alih oleh Almond Pie yang mengakibatkan Overwork. Berikut peran tambahan Almond Pie:

  1. Manajer Talent (Lutie dan Elise)
  2. Manajer Keuangan
  3. Manajer Proyek
  4. Terapis Lokal
  5. HRD
  6. Ilustrator darurat
  7. Desain Grafis
  8. Manajer Media Sosial
  9. Analis Riset
  10. Manajer Pemasaran
  11. Pengelola Komunitas
Baca juga  Sayang Dibuang Percuma, Lingkar Pembuat Avatar VTuber Darlingzz Bagi Gratis Avatar Hasil Kena Scam

Peran Almond Pie diatas masih belum termasuk tugas administrasi lainnya, networking dan sejenisnya.

Almond Pie nyampaikan alasan dirinya bertahan meski overwork dengan banyak peran manajemen dalam agensi adalah karena dirinya dibayar, dan alasan terbesar yang membuat dirinya bertahan lebih keras karena ingin mendukung para talent dibawah naungannya, yakni Lutie F. Chantelle dan Elise Charlotte. Apresiasi dan inisiatif mereka berdua untuk memperbaiki diri terlepas dari kondisi agensi memberi Almond Pie harapan.

CEO Insignia Reality yang Tidak Bisa Dijangkau Kala Situasi Genting dan Tidak Peduli

Dengan keadaan agensi VTuber sedang kacau, Almond Pie mengungkapkan bahwa peran CEO selaku pimpinan dari Agensi tersebut memiliki peran dan andil yang amat sangat minim. Almond Pie dalam tanya jawab dengan kami menyatakan bahwa sang CEO sama sekali tidak bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya sejak awal Oktober 2022 .

Almond Pie melalui cuitan lewat akun resmi Insignia Reality mengatakan:

Mungkin bertanya-tanya: Kenapa Almond melakukan semua pekerjaan, di mana CEO-nya? Untuk saat ini, saya tidak tahu.
Ini masalah yang sudah berulang kali di I:Re, miskomunikasi atau tidak ada komunikasi sama sekali dari CEO.

Sepengetahuan saya (CMIW), Seorang CEO pada dasarnya adalah wajah perusahaan dan bertanggung jawab untuk mengelolanya. Di perusahaan kecil, merekapun yang harus memajukan.
Ketika segala sesuatunya berisiko, merekalah orang-orang yang harus maju dan memperbaiki masalah.

Jadi kenapa CEO kita saat ini memiliki kemampuan untuk terus-menerus menghilang dan tidak bisa dihubungkan ole talent dan stafnya di saat-saat sulit? Lalu mengambil pujian untuk hal-hal yang dilakukan saat dia mengtelantarkan kami begitu saja?

Jika seseorang berada dalam masa sulit atau perlu pergi dengan alasan lainnya, aku TIDAK mempermasalahkannya. Saya tidak menuntut orang untuk tetap online 24/7. Asal mereka komunikasikan ke saya.
 Tidak perlu detail, cukup dengan "Saya akan MIA untuk beberapa waktu karena ada masalah. Untuk keadaan darurat, silakan hubungi: xxxx."

Itu sudah cukup bagi saya.

Tapi masalahnya, CEO kami tidak ada pemberitahuan sedikitpun. TERUTAMA, ketika dia adalah orang terpenting di agensi ini.
Kemudian ketika ia kembali, mereka bertindak seolah-olah tidak ada apapun yang terjadi dan mengatakan yang sepertinya menyalahkan saya.

"Ah talent kita tidak punya manajer? Pantasan aja mereka begitu."

Aku.... speechless. Sepertinya, saya tidak dilihat sebagai manajer proyek, hanya seorang sekretaris mungkin.

Dan itu sakit loh.

Sumber: Twitter Insignia Reality

Selain merepotkan manajemen yang minim andil dan tidak bisa dijangkau, sang CEO ternyata juga tidak acuh dengan masalah yang ada didalam agensi dan terkesan tidak peduli dengan masalah yang ada, baik itu dari manajemen maupun dari talent VTubernya sendiri.

Baca juga  VTuber Bao The Whale Berhenti Gunakan Twitter

Hingga pada akhirnya ketika sebagian besar staf yang bekerja dari agensi telah pergi, sang CEO cuma memberi janji belaka untuk berembuk namun tidak pernah terjadi.

Tinggal janji, dan akhirnya Almond Pie juga memutuskan untuk Mengundurkan diri pada tanggal 31

VTuber Lutie dan Elise dibantu Graduate dari I:Re dengan Layak

Pada akhirnya Almond Pie memutuskan akan berhenti dari Insignia Reality untuk mengurus kesibukan lainnya.

Almond Pie telah memberi tahu dua talent yang tersisa pada November 2022 silam. Elise dan Lutie mengungkapkan kesedihannya juga keinginannya untuk keluar dari agensi Insignia Reality, sehingga Almond Pie membantu para talent Graduate secara layak terlebih dahulu sebelum resmi berhenti. Pad akhirnya Lutie F. Chantelle mengakhiri karir VTubernya setelah graduate, sementara Elise Charlotte akan transisi menjadi VTuber Indie.

Siaran pengumuman dan langsung graduate Elise Charlotte
Siaran Graduate Lutie F. Chantelle

Kelulusan dari para talent VTuber serta Almond Pie selaku manajemen banyak peran berjalan mulus karena dikonfirmasi bahwa mereka sama sekali tidak ada menandatangi kontrak yang mengikat kontrak kerja mereka, Alias mereka bekerja tanpa adanya kontrak yang mengikat. Alhasil tidak adanya kekuatan hukum yang bisa mengikat mereka jika mereka hendak pergi, bahkan untuk menutup agensi VTuber yang dikelolanya tanpa ijin dan sepengetahuan dari CEO menjabat.

Baca juga  9 Hololive ID yang Bisa Kamu Tonton Sesuai Preferensimu!

Penutupan Agensi Oleh Almond Pie yang sudah direstui Ex Founder Insignia Reality

Uniknya penutupan agensi VTuber yang sama sekali tidak diketahui maupun mendapat ijin dari CEO menjabat, melainkan dari restu dan perintah investor utama serta mantan pendiri dari Insignia Reality yang sudah tidak lagi terlibat dengan manajemen Insignia Reality, Pak Kelapa Suku. Mendapat restu dan perintah tersebut Almond Pie, juga dengan restu dari tim manajemen (relawan) tersisa dan talent VTuber Lutie dan Elise memutuskan untuk menutup agensi VTuber tersebut.

Pesan Penutup dari Almond Pie

Akhir kata, Almond Pie berpesan kepada para calon VTuber kedepannya mengenai insiden ini:

Biar jadi peringatan untuk yang berencana masuk agensi, grup, dan komunitas, mohon diteliti secara keseluruhan. Tanya-tanya terlebih dahulu dan pastikan semua aspek (pembayaran, administrasi, HR) terjamin. Jangan lupa untuk membaca fine printnya juga.

Jangan percaya janji kosong dan minta bukti jaminan dari mereka. Untuk surporter, tetaplah semangatkan talent kesayangan kalian! kalian adalah orang-orang yang membuat mereka terus maju.

Saya juga ingin berterima kasih kepada intern kami yang mengelola media sosial terakhir kami, serta tim di Lutie & Elise yang secara sukarela membantu. Saya juga ingin berterima kasih kepada talent dan staf kami sebelumnya yang membuat I:Re terus berkembang hingga saat ini.

Kalian bisa membaca utasan panjang kronologi penutupan agensi ini melalui link ini. Kalian juga mengikuti Almond Pie yang kini juga menjadi VTuber Indie melalui link ini
Baca juga artikel Vtuber yang main Splatoon versi JAV yang berujung banned semua VTuber yang Terlibat

(Visited 383 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.