Dengan Kepala Dingin, Mari Dukung dan Tunggu Akai Haato dan Kiryu Coco Kembali

Drama penyebutan nama wilayah yang disajikan YouTube Analytic berakhir dengan suspensi dua talenta VTuber dari Hololive. Banyak pihak yang kesal dan marah akan ini. Tapi sebagai penggemar VTuber Akai Haato dan Kiryu Coco yang baik, marilah kita berpikir kepala dingin daripada ikut terbawa arus kebencian karena insiden ini.

Sangkalan: Artikel ini tidak mencerminkan pandangan Otaku.Mobileague.id secara umum. Tulisan ini murni tanggung jawab dari penulis.

Setelah sebelumnya dua talenta VTuber Hololive mendapat sanksi skorsing karena insiden penyebutan nama wilayah (Detil dapat dibaca pada artikel dari Risa Media) Forum diskusi resmi Hololive di Reddit langsung kacau balau sesaat pernyataan resmi dari Hololive keluar dan memberikan sanksi kepada dua talent mereka sendiri.

Tidak cuma itu, jumlah subscriber para talent Vtuber Hololive mengalami penurunan. Jumlah subscriber tertinggi yang hilang dipegang oleh channel Kiryu Coco

Statistik subs yang ada Akai haato dan Kiryu Coco
Statistik dinamika Subscriber Talent Hololive (27/09)

Forum diskusi resmi Hololive kacau, namun segera pulih dan mulai berpikir dengan kepala dingin keesokannya

Dapat dimengerti kekecewaan mereka tertumpah ruah dan mengacau karena ketidakpuasan mereka pada pihak manajemen Cover yang dianggap tidak adil karena menghukum talenta mereka, Akai haato dan Kiryu Coco.

Akibatnya Forum reddit resmi Hololive dipenuhi dengan ujaran kebencian yang diarahkan kepada antis Tiongkok, kekecewaan mendalam kepada Cover, Yagoo tak lagi menjadi best girl serta sentimen dukungan kepada Taiwan yang berlebih yang secara tidak langsung membuat forum reddit tersebut sarat dengan argumentasi politik yang toksik.

Baca juga  Jalan-Jalan ke Jepang Saat Covid-19 Menyerang? Ini dia caranya agar tetap aman!

Moderasi oleh admin telah dilakukan, namun karena amarah yang terlalu membara memberikan sedikit efek kontrol dan hanya membuat suasana forum semakin panas. Syukurnya, kekacauan tersebut tidak berlarut lama.

Dalam semalam, para anggota komunitas resmi Hololive mulai berbenah dan mulai berdiskusi dengan kepala dingin

Sehari berlalu, lingkungan forum diskusi kemudian berangsur lebih dingin dan mulai lebih vokal mengedukasi apa yang harus dilakukan demi kepentingan komunitas bersama. Mereka yang telah dingin kepala mulai menjabarkan bahwa sebagai perusahaan dan agensi VTuber.

Fanart dan meme mulai mengalir seakan menenggelamkan bekas amarah yang pernah terjadi semalaman, diskusi dingin mulai mendominasi, serta pembicaraan politik mulai diminimalisir meski tidak bisa hilang sepenuhnya.

Diskusi dengan kepala dingin usai kepanasan malamnya
Setelah kacau semalaman, perlahan para member forum resmi hololive mulai berusaha dengan kepala dingin

Fans Jepang dan fans luar negeri bersatu untuk melawan rencana antis yang ingin mengadu domba

Bersama dengan hasil diskusi bersama fans penggemar hololive baik yang dari Jepang maupun luar negeri, termasuk fans dari Tiongkok dan wilayah Taiwan sadar siapa musuh sebenarnya yang harus dilawan.

r/Hololive - Stop supporting our girl? now you've mentioned it, you're acting kinda sus... jk

Mendapat kabar bahwa antis berencana untuk memecah belah hubungan pertemanan antara negara, para antis diketahui telah memformulasikan rencana penghasutan sehingga hubungan antar penggemar makin renggang.

Gambar mungkin berisi: teks yang menyatakan 'Kga_Q Kga_Qu LUS 4分鐘前 斗争策略 Struggle strategy 1. Create Hololive internal dissension, provoke Hololive others 1.制造holo内部矛盾, 挑拨holo其他人 其他人 2. Send comments to different hololive members to destroy coCo popularity popularity 2.去别的holo成员下刷, 败坏桐生可可路人缘 3. Polluting the coCo live causing repeated statements 污染桐生可可直播间内部环境 让直播间陷入 and quarrels in the live broadcast reducing the viewing rate Coco 复读和吵架的泥潭, 一般路人看了应该会很头疼 say foul language here (BiliBili), someone will reportit 4.各位在这里发言尽量不要说脏话, 有人盯着举 报呢 收起'
Strategi perlawanan (oleh Antis)
  1. Membuat perpecahan secara internal ditubuh Hololive, memprovokasi anggota Hololive lainnya.
  2. Mengirimkan pesan keberbagai anggota talent Hololive, menghancurkan popularitas (Kiryu) Coco
  3. Mengotori siaran langsung Coco (nampaknya termasuk channel VA asli Kiryu Coco) dan membuat keributan disiaran miliknya, mengurangi jumlah penontonnya.
  4. Jangan bicara kotor di bilibili, orang lain akan melaporkannya.

Rencana melakukan perpecahan oleh antis sudah mulai terlihat, salah satunya di siaran main game fall guys milik Pekora yang mendapat spam yang berpotensi membuat ruang chat kacau.

Dengan Kepala Dingin, Mari Dukung dan Tunggu Akai Haato dan Kiryu Coco Kembali - Otaku Mobileague
Pesan spam yang menuntut Kiryu Coco minta maaf kepada 1.4 penduduk Tiongkok dan harus dikeluarkan dari Hololive

Namun berkat kerja cepat dan kesadaran para penghuni chat, komentar spam tersebut tidak mendapatkan perhatian berarti dan segera hilang setelah mendapat laporan massal mengenai ujaran kebencian.

Baca juga  Konten Lore Haachama Harus Berhenti Setelah Peraturan Baru dari Cover Diterapkan

Apa yang kita bisa lakukan sebagai fans Akai haato dan Kiryu Coco?

Secara signifikan, tidak ada yang bisa kita lakukan selain menjadi moral support bagi talent VTuber yang kita cintai. Berusaha menjaga lingkungan tempat dimana mereka kembali senyaman mungkin dan tidak termakan hasutan serta pesan kebencian yang hanya memberi perhatian dan makanan kepada para antis. Mari berikan tempat kembali yang nyaman agar Akai haato dan Kiryu Coco dapat kenali menghibur kita semua.

Terakhir, tidak apa-apa membenci COVER yang nampak tidak berdaya meski sebelumnya secara terbuka menyatakan akan melindungi talent mereka melalui tindakan legal dan ruang pelaporan kepada para perundung. Yang terpenting adalah memberikan dukungan kalian kepada talent kesayangan kalian.

Mari tunggu  Akai haato dan Kiryu Coco kembali, demi mereka
Demi Akai haato dan Kiryu Coco

Untuk menikmati artikel-artikel paling update tentang Vtuber baik di Indonesia maupun di mancanegara, Mobidachi sekalian bisa mengikuti Vtuber Corner kami di otaku.mobileague.id

gambar keluku oleh @tiannya_
Sumber referensi : Pengamatan penulis

(Visited 347 times, 1 visits today)

Kikitondo

Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, jika ingin menghubungi untuk kerjasama publikasi artikel bisa menghubungi via email saya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
x