Komunitas Uma Musume Korea Marah dan Menuntut Kakao Games

Kontributor: Bayu Salsabila
Penyunting : Kikitondo

Manajemen yang inkompeten, Banyak fitur yang dihilangkan, ketidaktahuan akan mekanisme gim yang mereka rilis, Komunitas Uma Musume Korea mengguggat Kakao Games

Dikabarkan melalui media Korea Joong Daily, Para pengguna gim Uma Musume Pretty Derby, memarkirkan sebuah truk protes didepan kantor Kakao Games di Pangyo, Gyeonggi, dua haris setelah protes yang dilaksakan Senin silam yang saat itu menggunakan kereta kuda, mengkritisi gim mobile yang didistribusi Kakao Games, Uma Musume Pretty Derby.

Para pengguna gim tersebut berniat untuk melayangkan gugatan perwakilan kelompok (Class Action Lawsuit) kepada Kakao Games, meminta refund kepada 4000 orang yang telah mengeluarkan uang senilai 5 juta Won (sekitar $3.7 Juta) pada kamis sore. 

Tidak Senang Dengan Kebijakan Manajemen Kakao Games

Ada banyak masalah tentang cara Kakao menjalankan gamenya, beberapa deretan masalahnya yang terbilang minor seperti. Penerjemahan kualitas rendah dan Bug-bug yang lama baru diperbaiki. Namun dari 3 deretan masalah yang minor tersebut, 4 deretan yang membuat pemain Uma Musume Korea naik pitam adalah:

  1. Banner – banner Gacha yang tiba-tiba hilang tanpa pemberitahuan.
    Hal ini membuat para pengejar Banner Gacha tersebut tidak siap dan kehilangan kesempatan.
  2. Dihilangkan metode reroll.
  3. Mengurangi hadiah gem secara signifikan dibandingkan dengan server JP,
  4. Hanya mengirimkan pengumuman untuk acara PVP seminggu sebelum tanggal mulai acara
    (dibandingkan dengan yang di dapatkan JP, dan ini penting karna memang butuh waktu untuk persiapan).

Jawaban Tidak Memuaskan, Gugatan Perwakilan Kelompok Dilayangkan

Mendapat basis pengguna gim distribusi mereka yang marah-marah kepada mereka, Kakao Games, mengadakan temu pers yang berisi diskusi selama 8 jam mengenai solusi dan jalan tengah untuk para basis pengguna gim distribusi mereka. Namun pada akhirnya, forum diskusi yang dilaksanakan di pada Kanal YouTube sama sekali tidak memberikan kepuasan. Para pengguna yang masuk dalam komunitas Gim Uma Musume Korea melayangkan gugatan $1 Juta kepada Kakao Games untuk mendapatkan refund karena ketidakpuasan mereka akan sistem manajemen Kakao Games di gim tersebut.

Baca juga  Realist Hero Akan Muncul di Layar Kaca
Siaran Press Kakao Games Mengenai Uma Musume rilisan Korea

Ketidakpuasan para peserta komunitas Uma Musume Korea membludak karena dari pihak Kakao Games, selain beralih bahwa implementasi kebijakan selalu menunggu persetujuan Cygames sebagai pemegang hak cipta, juga nampak tidak tahu mekanisme game yang mereka distribusikan bahkan pada tingkatan tentang apa game dan mekanisme kerja game Uma Musume kecuali cuma 1 orang dari 80 pegawai aktif mereka. Hal ini membuat perwakilan pemberi gugatan perwaklan kelompok akhirnya mengultimatum

“Kami akan melayangkan gugatan pada hari senin dan memberikan waktu seminggu untuk mendiskusikan hal ini dengan manajemen internal kalian.”

Komunitas Uma Musume Korea Marah dan Menuntut Kakao Games - Otaku Mobileague
Kereta Kuda Protes yang diantar pada hari senin didepan kantor Kakao Games

Alhasil, dengan diluncurkannya ultimatum tersebut, para pemain region Korea yang juga tidak puas ikut mengisi petisi menggugat Refund yang terus berkembang sampai saat artikel ini rilis. Dikabarkan, uang gugatan yang diultimatum sudah berkembang sekitar ~ $4 Juta lebih.

Sumber

Korea Joong Daily
Reddit

(Visited 22 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.