ReviewAnime

Review Anime Chainsaw Man Episode 12: Pertarungan Katana vs Chainsaw

Kontributor: Surya IL
Penyunting: Kikitondo

“Akhir dari penangkapan Katana Man membuat review Chainsaw Man episode 12 cukup sempurna.”

Setelah kita bergelut dengan berbagai drama kesedihan di episode 10 dan kebangkitan di episode 11, akhirnya anime Chainsaw memasuki final episode pada season pertamanya. Setelah memasuki episode ke 12 maka anime Chainsaw Man akan mengakhiri season perdananya. 

Seperti yang diketahui, Chainsaw Man episode sebelumnya memperlihatkan Divisi 4 Devil Hunter mulai melakukan pergerakan. Di bawah komando Kishibe, Denji, Power, Aki dan beberapa anggota gabungan dari Divisi 2 dan 3 yang saat ini bergabung dengan Divisi 4. Mereka adalah Angel, Princi, Beam dan Galgali, masing-masing memiliki kekuatan iblis yang unik. Mereka semua menghadapi zombie yang telah dipersiapkan oleh Sawatari dan juga Katana Man. 

Di sisi lain, Aki juga telah mendapatkan kekuatan barunya setelah melakukan kontrak dengan Iblis Masa Depan. Aki diharuskan menghadapi Sawatari, seorang pengguna kontrak iblis yang sebelumnya telah menewaskan Himeno. Meski telah mendapatkan kontrak baru dengan Iblis Masa Depan, tetapi tampaknya lawan yang akan dihadapi Aki tidaklah mudah. Sawatari dengan Iblis Ularnya mengerahkan seluruh kekuatannya kepada Aki sehingga membuatnya terpojok.

Pada episode 12 ini akan dibahas bagaimana pertarungan Aki. Aki bertarung mati-matian demi membalaskan kematian Himeno. Hingga pada akhirnya dia dapat mengalahkan lawannya.

Perlawanan Sengit Denji VS Katana Man

Chainsaw Man

Disisi lain, Denji harus bertarung sengit dengan Katana Man. Katana Man menyerang Denji terlebih dahulu di atap gedung terdekat. Katana Man memiliki dendam tersendiri karena Denji telah membunuh kakeknya. Denji berkata itu benar, tetapi dia memiliki alasan karena kakek tersebut telah berubah menjadi zombie sehingga tidak ada pilihan lain. 

Baca juga  Narasi MF Ghost tentang Balapan di Masa Depan yang Menantang

Selama serial ini berlangsung, Chainsaw Man telah menunjukkan bahwa dia merupakan anime terbaik dengan berbagai jenis genre di dalamnya antara horor, aksi, komedi, dan drama sebagai pusatnya.

Episode Penyempurnaan Usaha dari Tim MAPPA Studio

Sesi pertarungan “Katana vs. Chainsaw” tidak hanya menunjukkan betapa apiknya manga karya Tatsuki Fujimoto tersebut tetapi juga memberikan penggambaran yang sangat baik dari karya aslinya dalam bentuk animasi. Bahkan, dari episode awal sampai akhir ini penulis merasa gaya animasinya benar-benar sangat lembut di luar beberapa hal yang masih terasa kaku seperti penggambaran emosi.

Chainsaw Man

Setiap adegan aksinya mampu memberikan ketegangan yang menggigit, dengan gambaran hangat atau bayangan suram sesuai dengan kebutuhannya. Nuansa warna yang pas ini kemungkinan adalah karya Desainer Warna Naomi Nakano, sebagai salah satu anggota tim Studio MAPPA di bawah bimbingan sutradara Ryu Nakayama.

Elemen visual dari adegan-adegan ini semakin ditingkatkan oleh gaya musik yang rumit dari Kensuke Ushio, yang bertanggung jawab atas skoring anime. Episode 12, khususnya, memiliki banyak contoh di mana komposisi Ushio yang diatur dengan hati-hati mengatur suasana di samping animasi, tentang kehangatan hingga kesedihan dari ingatan para tokohnya atau perjuangan antara musuh. 

Semuanya dapat berpadu dengan audio yang dirancang oleh Direktur Suara Kisuke Koizumi, dan itu berulang kali mendukung akting suara yang penuh semangat dari anggota pemeran lainnya seperti Mariya Ise sebagai Himeno atau Kikunosuke Toya sebagai Denji yang sangat energik dan pemberontak.

Menurut penulis, episode terakhir ini meski pendek menjadi penyatuan semua elemen tersebut dengan urutan aksi yang cukup intens sepanjang episode. Pertarungan antara Denji dan Katanan Man, yang pasti akan dilihat sebagai salah satu adegan paling ikonik dari seri ini, memberi gambaran seperti film hero Hollywood tetapi memiliki ciri khasnya sendiri. 

Baca juga  Review Anime Jujutsu Kaisen 2: Asal Mula Hubungan Gojo Satoru dan Geto Suguru

Adegan pertempuran yang telah dirancang oleh Sutradara Aksi Tatsuya Yoshihara, membuktikan bahwa anime yang dihasilkan dari CGI tersebut dapat bertahan dengan tingkat kualitas dan individualitas yang sama dengan anime yang digambar tangan atau 2D tradisional.

Akhir Episode Chainsaw Man dengan Clue Baru

Di akhir episode diceritakan bahwa denji tertidur pulas setelah makan dan mengalami mimpi berada di depan pintu yang sama. Pintu yang di dalamnya ada pochita dan pochita selalu mengatakan “Denji, jangan pernah buka pintu itu”. Lalu seorang perempuan bertanya “Denji, kau lebih suka mana, tikus kampung atau tikus kota?”. 

Sedikit spoiler dari para penggemar manga Chainsaw Man, kemungkinan di season kedua mendatang akan ada adegan kencan antara Denji dengan Makima.
Kira-kira menurut kalian gimana?
Kalian juga bisa membaca Chainsaw Man 11 disini

(Visited 123 times, 1 visits today)

Kikitondo

Editor Mobileague dan Penulis spesialisasi artikel VTuber Corner, Penyunting Artikel Umum. Lulusan Penonton Anime, Holofans, tapi suka VTuber secara umum.